Minggu, 03 Oktober 2010

tugas mata kuliah pendidikan kewarganegaraan 1

  1. Jelaskan tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yang saudara ketahui?
  2. Jelaskan bahwa Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI,berikan contoh kronkrit yang paling dekat dekat kehidupan Saudara sebagai mahasiswa!
  3. Jelaskan analis Saudara berkaitan dengan kasus kewarganegaraan Manohara,kaitkan dengan teori kewarganegaraan!
  4. Berikan pendapat dan solusi Saudara berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia(kerusuhan di depan kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,dll)!
  5. Jelaskan hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945!

88 komentar:

  1. Nama : Mei Kusuma Setya Wardhani
    Kelas : PBI/ III.F
    NPM : 09321.172

    Jawaban Tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 1
    1. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan :adalah menjadikan manusia atau warga negara menjadi lebih baik yang mampu mendukung bangsa dan negara dalam hal bela negara. pendidikan ini adalah sebagai sarana memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada warga negara (mahasiswa) mengenai hubungan antara warga negara dengan negara.sebagai mahasiswa pendidikan Kewarganegaraan ini bertujuan agar mahasiswa memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab.selain itu agar mahasiswa memiliki sikap perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, cinta tanah air, dan rela berkorban bagi bangsa dan negaranya.

    2.a. Pancasila sebagai dasar NKRI harus diamalkan oleh WNI karena pancasila merupakan landasan kehidupan bernegara, yang berguna untuk mengatur penyelenggaraan bernegara. oleh sebab itu semua WNI haruslah mengamalkannya agar tidak terjadi kekacauan di Indonesia.
    b.contoh.
    *.sebagai mahasiswa teman sekelas ada yang memiliki keyakikan berbeda. walaupun demikian kita harus saling menghormati satu sama lainn (pengamalan sila pertama)
    *.tidak membeda-bedakan teman walaupun berbeda suku (sila kedua)
    3.Status kewarganegaraan Manohara tidak harus mengikuti kewarganegaraan suaminya. Undang-undang di Indonesia tidak mengharuskan Manohara untuk mengikuti status warga negara suaminya, walaupun suaminyaadalah pangeran dari Malaisia. Jadi Manohara boleh memilih : mengikuti kewarganegaraan Suaminya atau memilih sebagai WNI. Sehubungan dengan status yang terjadi, sehingga Manohara melarikan diri ke Indonesia, maka secara de facto Manohara telah memilih Indonesia sebagai kewarganegaraannya.
    4. Pendapat:Kerusuhan tersebut terjadi karena lemahnya penegakan keadilan di Indonesia,dimana tiga institusi penegakan keadilan yaitu ; kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman, terlibat mafia hukum, mafia peradilan, dan makelar kasus, sehingga masalah-masalah yang harus ditegakan sesuai hukum terabaikan. Itu semua terjadi karena krisis kepemimpinan.
    > Solusi: Berantas Korupsi, mafia hukum, Mafia Peradilan, Keadilan harus ditegakan sesuai dengan hukum yang berlaku.
    5. >>Hak WNI sesuai UUD 1945
    1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
    >> Kewajiban WNI sesuai UUD 1945
    1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
    5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Destia Rahayu P
    Kelas : PBI / 3F
    NPM : 09 321 059

    Jawaban yugas kewarganegaraan :

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.

    2.Pancasila sebagai dasar NKRI dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenegaraan dan harus berlandaskan pancasila karena pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati setiap warga negara indonesia supaya tercipta kedamaian dan tidak terjadi permasalahan. pancasila juga sebagai ikatan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap silanya. hal ini juga tercantum dalam UUU 1945 dialenia 4.
    contohnya :
    sila 1_ saling menghormati dan memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang beda agama.
    sila 2_ berteman dengan siapapun tanpa memandang status.
    sila 3_ saling membantu apabila teman dalam kesulitan.
    sila 4_ membiasakan bermusyawarah apabila mendapat tugas kelompok.
    sila 5_ mengembangkan sikap adil terhadap sesama dan suka bekerja keras.

    3. kasus manohara
    dalam sistem kewarganegaraan indonesia, orang yang masih berumur dibawah 17tahun belum bisa menentukan kewarganegaraan. manohara lahir diIndonesia dan memiliki kewarganegaraan indonesia.ayahnya orang perancis tapi kewarganegaraan Amerika, jadi manohara memiliki kewarganegaraan ganda. tapi sekarang manohara sudah menikah jadi manohara berhak memilih dan menentukan kewarganegaraan. entah ikut suaminya atau tetap berkewarganegaraan indonesia.

    4. Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sitem hukum dan keamanan di Indonesia. banyak terjadi korupsi,penyuapan, bahkan pelakunya adalah hakim yang sharusnya memberikan keadilan. segala bentuk kerusuhan telah menyebar luas dari sabang-merauke. lemahnya sistem keamanan sehingga tidak dapat menghentikan segala tindakan tersebut.
    @solusi : memberantas segala bentuk KKN, menhukum hakim yang menciptakan ketidak adilan, menindak lanjuti dengan serius segala kerusuhan sesuai norma yang berlaku.

    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus
  4. Nama : Ita Dwi Sahara
    Kelas/Prodi : III C/BK
    NPM : 09121126

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan : untuk memberikan pengetahuan, pengertian dan pendidikan bagi warga Negara bagaimana menjadi warga Negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan Negara serta mengetahui hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipertanggung jawabkan sebagai warga Negara yang baik.
    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan bangsa Timur yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan Timur yang mempunyai batasan-batasan dalam berperilaku sehari-hari.
    Contoh : - dalam berteman antar sesama mahasiswa tidak membeda-bedakan perbedaan dalam beragama (mencerminkan sila pertama Pancasila)
    - dalam pemilihan ketua kelas diadakannya musyawarah semua anggota kelas terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mencapai mufakat (mencerminkan sila ke empat Pancasila)
    3.Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.
    4.Kerusuhan yang terjadi di Indonesia :
    Pendapat : menurut saya kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini merupakan cermin mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam jiwa bangsa Indonesia sekarang ini, mulai terjadinya krisis keagamaan, persatuan, hormat- menghormati, tenggang rasa, keadilan yang semuanya itu sudah terabaikan. Dimana semuanya ingin mendapatkan keuntungan dan kemenangan diri sendiri.
    Solusi : perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara salah satu contohnya adalah korupsi serta menanamkan kembali nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila kepada seluruh warga Negara Indonesia.
    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -hak pekerjaan dan perlindungan yang layak
    -hak dan wajib dalam pembelaan Negara
    -hak kemerdekaan berkumpul dan mengeluarkan pendapat
    -hak dan kewajiban ikut pertahanan keamanan
    -hak untuk mendapatkan pengajaran
    -hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya
    -wajib menjunjung hukum pemerintahan
    -hak atas status kewarganegaraan.

    BalasHapus
  5. nama : indri yulia
    npm :09121119
    kelas :bk/3c
    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada masyarakat mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara
    2. Butir 1 ( Tidak berlaku asusila )
    Butir 2 ( Tidak berlaku anarkis )
    Butir 4 ( Bijak dalam memandang dan menyelesaikan suatu masalah )
    3. Berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 ("UU No.12/2006") kewarganeraan ganda akan sulit memperoleh status hukum yang kuat, karena setiap Negara memiliki peraturan perundang – undangan yang berbeda. Sehingga orang tersebut tidak memperoleh status hukum tentang kewarganegaraannya.
    4. Pendapatnya adalah : Tidak baik, karena tidak sesuai dengan dasar negara kita yaitu Pancasila, di
    Solusinya adalah : Mengumpulkan kedua belah pihak dan memberikan penjelasan – penjelasan yang berkaitan dengan kejadian tersebut dan diakaitkan dengan dasar-dasar NKRI, serta mengevaluasi benar tidaknya perilaku tersebut
    5. Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia
    A. Contoh Hak Warga Negara Indonesia
    1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
    B. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia
    1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia
    5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik

    BalasHapus
  6. NAMA : LELLY CATUR CANDRA
    KELAS : BK/3C
    NPM : 09121139
    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pengertian bagi seluruh warga negara untuk menjadi warga negara yang baik dan juga bisa mempertahankan hak dan kewajiban warga negara misalnya saja cinta tanah air,bela negara,dan sadar akan berbangsa dan bernegara.
    2. Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan warga negara indonesia di dalam sila-sila pancasila terdapat sumber hukum pada warga njegara Indonesia yang harus mentaati hukum tersebut serta bisa digunakan untuk pedoman hidup sehari-hari sehingga terciptalah negara yang aman ,damai dan sejahtera seperti yang tertera dalam sila-sila pancasila.
    Contoh kongkrit yang paling dekat dalam kehidupan adalah :
    ~sila 1 : menghormati teman yang berbeda agama dan tidak boleh membeda-bedakannya.
    ~sila 2 : mencari teman kuliah seadanya tidak berdasarkan kaya/miskin.
    ~sila 3 : apabila teman mendapat musibah kita harus saling menolong dan membantunya.
    ~ slia 4 : apabila mengambil keputusan dalam pemilihan ketua panitia kita harus musyawarh terlebih dahulu
    ~ sila 5 : bisa bersikap adil pada setiap orang tidak boleh membeda-bedakan atas dasar apapun.
    3. Analisis saya berdasarkan kasus manohara bila dikaitkan dengan teori kewarga negaraan adalah Manohara memiliki kewarganegaraan ganda, manohara menikah dengan WNA yakni orang berkebangsaan Malaysia dimana pernikahan tersebut yang mengatur adalah negara Malaysia. Menurut sistem kewarganegaraan Indonesia orang yang menikah dibawah umur 18 tahun maka orang tersebut belum bisa menetukan kewarganegaraannya. Jadi disini kasus manohara ia harus bisa menentukan untuk dirinya dimana dia tinggal dan kini manohara memillih ikut ibunya yang berkebangsaan WNI dengan cara meminta pemerintah RI untuk mengurusi kasus tersebut supaya bisa diakui sebagai WNI.
    4. Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai lemahnya hukum yang ada di Indonesia serta sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia.
    5. Hak warga negara Indonesia :
    ~Hak atas pekerjaaan dan perlindungan yang layak
    ~Hak untuk hidu dan mempertahankan kehidupan
    ~Hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah
    ~Hak untuk kelangsungan hidup
    ~Hak untuk mengembangkan diri dan melalui penmenuhan kebutuhan dasarnya
    ~Hak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya
    ~Hak pengakuan jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil
    ~Hak untuk mempunyai hak milik pribadi,hak hidup
    ~Hak untuk diakui pribadi dihadapan hukum
    Kewajiban warga negara Indonesia
    ~Wajib mentaati hukum dan pemerintahan
    ~Wajib ikut serta dalam upaya pembelaaan negara
    ~Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain
    ~Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan UU
    ~Wajib ikut dalam usaha pertahanan negara

    BalasHapus
  7. Nama : Indra Novia S
    Kelas : BK/3C/08
    NPM : 091 211 18

    JAWABAN KWN:

    1.TUJUAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, YAITU: MERUPAKAN PEMBEKALAN PENDIDIKAN YANG BERUPA NILAI-NILAI PANCASILA& UUD 1945 YANG BERDASAR PADA PEMAHAMAN YANG BERISI DI DALAMNYA TENTANG WARGA NEGARA, HAK&KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA NEGARA YANG BAIK DAN UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA.
    2.PANCASILA ADALAH DASAR NKRI, YAITU: BAHWA SEJAK TERWUJUDNYA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA, RASA PERSATUAN&KESATUAN BANGSA INDONESIA TIDAK LAGI TERGOYAHKAN, KAYA KEANEKARAGAMAN SUKU, BAHASA DAERAH&KAYA SUMBER DAYA ALAM, DAN SUDAH SEMESTINYA KITA HARUS TERUS SELALU MENGAMALKAN NILAI-NILAI PANCASILA AGAR TIDAK LUNTUR DENGAN BERKEMBANGNYA JAMAN, DENGAN MENJAGA KEUTUHAN&KELESTARIANNYA. CONTOH: TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA, SALING MENGHORMATI PERBEDAAN, KESAMAAN&KEBERSAMAAN,DAN MENAATI PERATURAN YANG BERLAKU.
    3.KETERKAITAN KEWARGANEGARAAN MANOHARA, YAITU: SEPERTI YANG KITA KETAHUI BAHWA MANOHARA MERUPAKAN WARGA NEGARA INDONESIA, KEMUDIAN DIA MENIKAH&TINGGAL DENGAN SUAMINYA DIMALAYSIA SELAMA BEBERAPA TAHUN , DAN YANG TERJADI DIA MELARIKAN DIRI&INGIN KEMBALI KE INDONESIA, MAKA STATUSNYA ADALAH DIA TETAP WARGA NEGARA INDONESIA KARENA ITU ADALAH HAK MANOHARA KARENA DIA LAHIR&BESAR DI INDONESIA.
    4.PENDAPAT SAYA: INDONESIA MEMPUNYAI KEANEKARAGAMAN SUKU&BUDAYA, TETAPI LAIN DULU LAIN SEKARANG, JUSTRU DENGAN KEANEKARAGAMAN SUKU SANGAT RAWAN KONFLIK, APALAGI ADANYA BENTROKAN ANTARA 2KUBU YANG TERSULUT EMOSI& PROVOKATIF YANG TAK BERTANGGUNG JAWAB, ATAS KEPENTINGAN PRIBADI, SEHINGGA MUDAH DIADU DOMBA, ATAU KARENA KUALITAS SDM YANG MASIH RENDAH, LALU BERKURANGNYA PENDIDIKAN PANCASILA DISEKOLAH, MAKA PENGAMALAN NILAI PANCASILA SEKARANG LUNTUR&HILANG BAK DITELAN BUMI, SANGAT DISAYANGKAN PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA TERCORENG DENGAN ADANYA TINDAKAN ANARKHISME/PREMANISME, DAN HILANGLAH RASA PERSATUAN&KESATUAN BANGSA. SOLUSI SAYA: PENDIDIKAN AKHLAK(NILAI-NILAI AGAMA)&PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS (TERUTAMA NILAI-NILAI PANCASILA), ADALAH PENTING SEBAGAI SUMBER LAHIRNYA GENERASI PENERUS BANGSA YANG MAJU& INTELEKTUAL,DENGAN PENINGKATAN PENDIDIKAN MORAL. DAN PENYELESAIANNYA BAHWA SEGALA PERMASALAHAN BISA DISELESAIKAN DENGAN AKAL SEHAT& SECARA BAIK,MUSYAWARAH,&KEKELUARGAAN,TANPA DENGAN EMOSI& MERUGIKAN PIHAK LAIN, PIHAK KEAMANAN, DAN MASYARAKAT DISEKITAR PN JAKARTA SELATAN.
    5.HAK&KEWAJIBAN WNI BERDASAR UUD 1945: YAITU SETIAP WNI AKAN MENDAPATKAN PERSAMAAN HAK&KEWAJIBAN YANG SAMA,DIANTARANYA: HAK KEBEBASAN BERAGAMA, JAMINAN, PERLINDUNGAN, KEPASTIAN HUKUM YANG ADIL,& WAJIB DALAM PEMBELAAN NEGARA,MENJUNJUNG HUKUM PEMERINTAHAN, WAJIB IKUT PENDIDIKAN, DAN ITU MERUPAKAN KUNCI AKAN TERCIPTANYA RASA YANG SELARAS&HARMONIS ANTARA WARGANEGARA& JUGA DENGAN PEMERINTAHAN.

    BalasHapus
  8. NAMA : INTAN SEPTIANA A.
    KELAS : BK/3C
    NPM : 09121121

    1.Tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah :
    a. Tujuan Umumnya : untuk memberikan wawsan dan kemampuan dasar pada para mahasiswa yang berkaitan dengan hubungan antar WN dengan Negaranya supaya menjadi penduduk/WN yang bias diandalkan oleh bangsa.
    b. Tujuan tujuan khusus nya:
    # agar mahasiswa dapat memahami&melaksanakan hak&kewajibannya secara santun,jujur&demokratis serta ikhlas sebagai WNI yang terdidik&bertanggung jawab.
    # agar mahasiswa memiliki nilai-nilai kejuangan,cinta tanah air,serta rela berkorban bagi negaranya.

    2. pancasila sebagai dasar NKRI bagi WNI sebagai landasan danpedoman bangsa Indonesia untuk mengatur pemerintahannya,contoh yang harus diamalkan adalah:
    ~ Setiap orang bebas untuk memeluk agamanya tanpa ada paksaan dari pihak lain serta bebas untuk menjalankan/menunaikan ibadahnya sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya, jika teman kita ada yang sedang beribadah sebaiknya kita tidak mengganggunya seperti membuat keramaian : sila 1
    ~ Kita harus menolong teman kita yang sedang mengalami kesulitan meskipun itu berbeda agama,suku bangsa ataupun lainnya : sila2
    ~mau berteman dengan siap saja tanpa membedakan agama,suku bangsa ataupun lainnya : sila 3


    3. Kasus kewarganegaraan manohara : Dia mempunyai kewarganegaraan ganda atau bi patride. Dimana dari orang tuanya,ibunya berasal dari Indonesia dan ayahnya berasal dari Prancis. Dia menikah dengan orang Malaysia,otomatis status kewarganegaraannya menjadi WN Malaysia.Dan dia mempunyai kasus dengan suaminya,sementara suaminya anak dari raja Malaysia itu sehingga dia sulit untuk memperoleh keadilan disana.Kemudian dia melarikan diri ke Indonesia ikut dengan ibunya.Untuk menyelesaikan kasusnya di Indonesia maka dia harus mengajukan permohonan pada pemerintah Indonesia untuk menjadi WNI.Sehingga pemerintah Indonesia bias membantu kasus yang dihadapinya itu.

    4. ~Kerusuhan yang ada di Indonesia terjadi karena lemahnya aparat penegak hokum seperti : polisi,TNi,ddl.serta banyaknya masalah penyuapan,ataupun kasus korupsi yang dilakukan oleh aparat hokum.WNI yang dulu terkenal sopan santun sekarang berubah menjadi mudah marah itu yang menyebabkan pemicu terjadinya kerusuhan.
    ~ Saran : brantas semua korupsi yang ada di golongan aparat pemerintahan maupun mafia hukum agar rakyatnya pun biasa mendapatkan keadilan.Memberikan pengarahan pada masyarakat mengenai norma-norma,terutama norma sopan santun.



    5. Hak WNI sesuai UUD 1945
    a. Setiap WN berhak mendapatkan perlindungan hukum
    b. Setiap WN berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    c. Setiap WN memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    d. Setiap WN bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    e. Setiap WN berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    f. Setiap WN berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    g. Setiap WN memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
    h. Setiap WN memperoleh hak yang berhubungan dengan HAM

    >> Kewajiban WNI sesuai UUD 1945

    a. Setiap WN memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    b. Setiap WN wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    c. Setiap WN wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    d. Setiap WN berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
    e. Setiap WN wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. NAMA: LINNA FATIYA NAWAWI
    PRODI/KELAS: BK / 3C
    NPM: 09121144


    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah merupakan suatu usaha mewarganegarakan warga negara dan menjadikan warga negara menjadi warga negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negaranya sesuai dengan yang dicita-citakan bersama.
    2. Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan warga negara indonesia karena didalamnya pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang dijadikan sebagai pedoman dan tujuan hidup suatu bangsa. Didalam pancasila terdapat lima dasar yang dijadikan sebagai dasar tingkah laku yang baik untuk warganya dalam kehidupan sehari-hari.
    Contohnya :
    – hormat menghormati dengan teman yang berbeda agamanya.
    – saling tolong menolong dengan yang membutuhkan bantuan.
    – tidak membeda-bedakan dalam berteman walaupun dalam satu kelas terdapat beberapa keberbedaan suku.
    – memusyawarahkan dalam pembentukan kepengurusan kelas.
    – tidak membeda-bedakan teman .
    .... (bersambung)

    BalasHapus
  11. (sambungan) ...

    3. Disebutkan Manohara ternyata memiliki 2 kewarganegaraan yaitu sebagai WNI dan Amerika Serikat. Jadi dapat dikatakan bahwa dalam kaedaan ini Manohara telah melanggara hukum karena negara indonesia bukanlah negara yang menganut kewarganegaraan ganda. Dalam Pasal 23 c Undang-Undang No 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan diatur bahwa apabila seseorang WNI mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku di negara lain atas namanya, maka WNI tersebut dapat kehilangan kewarganegaraannya.
    4. Pendapat mengenai kerusuhan didepan kantor pengadilan negeri Jakarta Selatan adalah saya rasa dengan adanya kasus kerusuhan tersebut tidak mencermin sebagai warga negara Indonesia yang baik dan taat hukum. Disini hukum sudah dilecehkan dan peraturan yang ada sudah dipandang sebelah mata saja. Hukum melemah dan warga bertindak semainya sendiri.
    Solusi menganai masalah ini : saya kira bagi aparat penegak hukum untuk lebih tegas dalam memberi hukuman pada warganya telah melanggara hukum. Selain itu bagi warga negara yang bertintak anarkis tersebut hendaknya menyadari bahwa negara kita adalah negara yang memiliki peraturan dan hukum bagi pelanggarnya.jadi kesadaran berorasi juga harus dibatasi dengan aturan-aturannya.

    ... (bersambung)

    BalasHapus
  12. (sambungan) ...

    5. KEWAJIBAN WNI
    - Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi : segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
    - Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
    - Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan : Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain
    - Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    HAK WNI
    – Hak warga Negara untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan. Pasal 31.
    – hak Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan Pasal 28.
    – Hak warga negara yang berhubunghan dengan HAM Pasal 28 A s/d Pas al28 J.
    – Hak untuk memeluk suatu agama pasal 29.

    (selesai)

    BalasHapus
  13. NAMA :NINA AMBARWATI
    KELAS:BK/3C
    NPM :09121160

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah pada dasarnya bagaimana menjadikan warga Negara yang baik,sehingga mampu mendukung bangsa dan negara .pendidikan kewarganegaraan dirancang dengan pemikiran akademis bahwa yang namanya pendidikan kewarganegaraan harus mengandung nilai-nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang dicita-citakan dan harus menganut pendidikan berbasis nilai,selain itu pemahaman tentang warga Negara,bangsa,Negara,hak&kewajiban warga Negara.

    2.a)Pancasila merupakan dasar NKRI yg harus diamalkan WNI,karena pancasila adalah lima dasar tingkah laku yang baik dan penting,selain itu pancasila mengandung norma-norma dan hidup dalam diri manusia Indonesia yang menjadi nilai dasar budaya bangsa dan kepribadian bangsa.
    b)contoh:
    -dalam Negara kita diberikan kebebasan memeluk agama,apabila ada tetangga atau teman saya yang berbeda agama,saya akan tetap menghormati dan menghargai mereka.(penerapan sila pertama)
    -harus tolong-menolong dan mempunyai sifat tenggang rasa,apabila ada teman yang mendapat musibah.(penerapan sila kedua)

    3.Kasus kewarganegaraan manohara bahwa fakta menyebutkan ternyata manohara memiliki dua kewarganegaraan ganda yaitu WNI dan amerika serikat,mungkin juga WN malaysia apabila manohara tinggal di malaysia bersama suaminya dan UU perkawinan mengaturnya berarti manohara telah melanggar UU kewarganegaraan Indonesia ,karena indonesia tidak menganut duwi kewarganegaraan.Telah dijelaskan dalam pasal 23 UU no.12 thn 2006 tentang kewarganegaraan diatur bahwa apabila seseorang WNI mempunyai paspor dari negara asing yang masih berlaku di Negara lain atas namanya,maka WNI tersebut dapat kehilangan kewarganegaraannya,oleh sebab itu manohara harus mengajukan permohonan kepada pemerintah RI jika dia ingin tinggal di indinesia dan menjadi WNI.

    4.*Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya dan lemahnya kesadaran hukum yang belum sepenuhnya diterapkan oleh WNI,oleh karena itu sebagian dari mereka sering melanggar hukum,misalnya adanya korupsi dari pihak tertentu yang akan bisa memacu perselisihan dan merugikanWNI sehingga terjadinya kerusuhan,bentrokan karena mereka menuntut keadilan.

    *Solusi :dari permasalaha tersebut adalah pemerintah harus menegakkan hukum dan memberikan sangsi yang tegas untuk mereka yang melanggar hukum yang mengakibatkan kerusakan dan merugikan negara kita.dengan adanya kejujuran dan kerjasama yang baik serta sistem pemerintahan yang teratur ,maka kesejahteraan bangsa Indonesia akan terwujud.

    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    *Hak WNI berdasarkan UUD 1945
    -hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -hak kemerdekaan berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan
    -hak warga negara yang berhubungan dengan HAM
    -hak untuk memeluk suatu agama
    -hak untuk memperoleh pendidikan

    *Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    -wajib menaati hukum dan pemerintahan
    -wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara
    -wajib menghormati hak asasi manusia
    -wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang
    -wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

    BalasHapus
  14. Nama:Titin Nurjanah
    Kelas:3F / PBI
    Npm :09321291
    Tugas Kewarganegaraan

    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan: menjadikan kita menjadi warga negara yang cinta negara dan lebih baik dalam memahami negara.Pendidikan kewarganegaraan jga dapat membantu kita untuk dapat berpikir lebih kritis.Dengan mempelajari kewarganegaraan kita juga dapat mengetahui tugas & kewajiban kita sebagai warga negara dan menjalankannya dengan baik.
    2.a)Pancasila adlah dasar negara yang mengandung arti 5dasar tingkah laku yang baik.Setiap UUD yang dibuat harus sesuai dengan pancasila.Pancasila dapat dikatakan sebagai pedoman negara,oleh karena itu sebgai WNI kita harus mengamalkan sila-sila pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
    b)-Menghargai setiap perbedaan kepercayaan diantara teman dengan baik(sila1)
    -Jika kita melihat ada orang yang membutuhkan bantuan,sebagai manusia yang baik kita berusaha untuk menolongnya(sila2)
    Mwnyelesaikan setiap permasalahan dengan musyawarah mufakat(sila4)
    3.kasus kewarganegaraan Manohara : Manohara adalah seorang anak dari ibu yang berkewargaegaraan indonesia dan ayah yang berkewarganegaraan amerika.Indonesia dan amerika adalah negara yang menganut asas ius sanguinis secara otomtis Manohara memiliki kewarganegaraan ganda atau bipatride.Ketika dia memutuskan untuk menikah dengan WN Malaysia,secara otomatis dia menjadi warga negara malaysia mengikuti suaminya.Jika sekarang dia kembali ke Indonesia maka dia sendiri yang menentukan menjadi warga negara mana.
    4.Kerusuhan yang terjadi di Indonesia sekarang ini terjadi karena lunturnya rasa persaudaraan antar warga negara.Mereka lebih mementingkan ego daripada persaudaraan dan kebersamaan.Lunturnya rasa toleransi diantara wargapun juga membuat masyarakat lebih mudah marah walaupun hanya karena masalah sepele.Masyrakat sekarang lebih mudah terbakar emosi sebelum mengetahui yang sebenarnya terjadi.
    Solusinya :Oknum-oknum yang bertugas harus lebih tegas dalam memberikan hukuman yang pantas kepada warga negara yang melakukan kejahatan.Penyelesaian kasuspun harus diselesaikan sampai tuntas,jangan hanya karena uang penyidikanpun dihentikan.
    5.Hak dan kewajiban warga negara
    Hak:pokok dasar yang dimiliki manusia sejak lahir yang merupakan anugrah dari tuhan YME
    Hak warga negara:
    -Persamaan hukum dan pemerintahan
    -Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -Kebebasan berkumpul,berserikat dan mengeluarkan pendapat
    -Memilih dan memeluk agama sesuai keyakinan dan kepercayaannya
    -Membela dan mempertahankan negara
    Kewajiban:tugas pokok yang harus dilakukan dan dilaksanakan manusia sebagai warga negara.
    Kewajiban warga negara:
    -Wajib menghormati hak orang lain
    -Menaati peraturan,menghargai dan menghormati hak orang lain
    -Wajib mengikuti pendidikan dasar

    BalasHapus
  15. 1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah suatu usaha mewarganegarakan warga negara dan menjadikan warga negara menjadi warga negara yang baik dan mampu mendukung bangsa dan negaranya sesuai dengan yang dicita-citakan bersama.
    2.Bahwa pancasila merupakan pedoman dan pandangan hidup bangsa agar menjadi bansa yang yang bermartabat.
    Contoh:sebagai warga negara kita wajib dan bebas memeluk agama sesuai dengan keyakinan,kita juga harus saling menghormati antar pemeluk agama.
    3..Kasus kewarganegaraan manohara bahwa fakta menyimpulkan ternyata manohara memiliki dua kewarganegaraan ganda/bipatride yaitu WNI dan Amerika Serikat,atau mungkin juga WN Malaysia apabila Manohara tinggal di Malaysia bersama suaminya dan UU perkawinan mengaturnya maka manohara telah melanggar UU kewarganegaraan Indonesia ,karena indonesia tidak menganut azaz bipatride.
    4.Berdasarkan kasus kerusuhan di Indonesia mungkin warga negara kurang sadar akan kepentingan bersama.
    Solusi:Seharusnya pemerintah melakukan kebijaksanaan agar tidak terjadi kerusuhan dimana - mana.
    5.Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD'45
    Pasal 27:a.WNI wajib menjunjung hukum dan pemerintahan dengan tidak ada kecualinya.
    b.Tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
    c.Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
    Pasal 28:Hak atau kemerdekaan berserikat dan berkumpul.
    Pasal 30:a.Tiap WN berhak dan wajib ikut srta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    Pasal 31:a.Setiap WN berhak mendapat pendidikan
    b.Setiap WN wajib mengikuti pendidikan dasar
    Pasal 34:Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

    BalasHapus
  16. Nama;MAYA ANDRIANI
    KELAS:3F
    NPM:09321170

    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah suatu usaha mewarganegarakan warga negara dan menjadikan warga negara menjadi warga negara yang baik dan mampu mendukung bangsa dan negaranya sesuai dengan yang dicita-citakan bersama.
    2.Bahwa pancasila merupakan pedoman dan pandangan hidup bangsa agar menjadi bansa yang yang bermartabat.
    Contoh:sebagai warga negara kita wajib dan bebas memeluk agama sesuai dengan keyakinan,kita juga harus saling menghormati antar pemeluk agama.
    3..Kasus kewarganegaraan manohara bahwa fakta menyimpulkan ternyata manohara memiliki dua kewarganegaraan ganda/bipatride yaitu WNI dan Amerika Serikat,atau mungkin juga WN Malaysia apabila Manohara tinggal di Malaysia bersama suaminya dan UU perkawinan mengaturnya maka manohara telah melanggar UU kewarganegaraan Indonesia ,karena indonesia tidak menganut azaz bipatride.
    4.Berdasarkan kasus kerusuhan di Indonesia mungkin warga negara kurang sadar akan kepentingan bersama.
    Solusi:Seharusnya pemerintah melakukan kebijaksanaan agar tidak terjadi kerusuhan dimana - mana.
    5.Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD'45
    Pasal 27:a.WNI wajib menjunjung hukum dan pemerintahan dengan tidak ada kecualinya.
    b.Tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
    c.Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
    Pasal 28:Hak atau kemerdekaan berserikat dan berkumpul.
    Pasal 30:a.Tiap WN berhak dan wajib ikut srta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    Pasal 31:a.Setiap WN berhak mendapat pendidikan
    b.Setiap WN wajib mengikuti pendidikan dasar
    Pasal 34:Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

    BalasHapus
  17. NAMA : ADITA PRATIWI.
    KELAS : BK/3A
    NPM : 09121O19



    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah:
    Agar seseorang melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga Negara Republik Indonesia dan mampu menguasai dan memahami kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara,serta memiliki sikap perilaku sesuai nilai-nilai perjuangan,cinta tanah air,rela berkorban bagi nusa dan bangsa.


    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI.contoh kronkrit yang paling dekat dengan kehidupan mahasiswa:
    -saling menghormati dan memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang berbeda agama.
    -berteman dengan siapapun
    -membiasakan bermusyawarah apabila mendapat tugas kelompok


    3.Status kewarganegaraan ganda Manohara Odelia Pinot yaitu Indonesia dan Amerika.Di Indonesia, status kewarganegaraan ganda belum diakui.Jadi otomatis status WNI yang dimiliki akan gugur dengan sendirinya.


    4. Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sitem hukum dan keamanan di Indonesia. banyak terjadi korupsi,penyuapan, bahkan pelakunya adalah hakim yang sharusnya memberikan keadilan.
    - solusi : memberantas segala bentuk korupsi, menghukum hakim yang tidak adil



    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    -setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    -setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    -setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    -setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    -setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  18. Nama : imraatin fithrotul azizah
    Kelas : FIP/ III.C
    NPM : 091211.15

    Jawaban Tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan 1
    1. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan :adalah menjadikan warga negara menjadi lebih baik,mendukung bangsa dan negara dalam hal bela negara. pendidikan ini sebagai sarana memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada warga negara,memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian.selain itu agar warga negara memiliki sikap perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, cinta tanah air, dan rela berkorban bagi bangsa dan negaranya.

    2.a. Pancasila sebagai dasar NKRI harus diamalkan oleh WNI karena pancasila merupakan landasan kehidupan bernegara, yang berguna untuk mengatur penyelenggaraan negara. oleh sebab itu semua WNI harus mengamalkan agar tidak terjadi kekacauan di Indonesia,dan berlandaskan pancasila karena pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati setiap warga negara indonesia supaya tercipta kedamaian dan tidak terjadi permasalahan.
    b.contoh.
    1. saling menghormati dan memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang beda agama.
    2.saling menghargai pendapat orang lain
    3.Status kewarganegaraan Manohara :mempunyai orang tua yang berbeda kewarganegaraa,kemudian manohara menikah dengan pria Malaysia,karenapria itu masih keturunan kerajaan Malaysia,manohara harus mengikuti kewarganegaraan suaminya. Dan tidak lama timbulah masalah yang mengakibatkan manohara harus meninggalkan kerajaan Malaysia,dan akhirnya terjadilah perceraian.setelah lepas dari kerajaan manohara berhak memilih kewarganegaraan.
    4.Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sistem hukum dan keamanan di Indonesia. banyak terjadi korupsi,penyuapan, bahkan pelakunya adalah hakim yang sharusnya memberikan keadilan. segala bentuk kerusuhan telah menyebar luas di Indonesia, lemahnya sistem keamanan sehingga tidak dapat menghentikan segala tindakan tersebut.
    solusi : memberantas segala bentuk KKN, menhukum hakim yang menciptakan ketidak adilan, menindak lanjuti dengan serius segala kerusuhan sesuai norma yang berlaku..

    5. Hak WNI sesuai UUD 1945
    1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
    Kewajiban WNI sesuai UUD 1945
    1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
    5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  19. NAMA : APRILIANNI KARTIKA S
    KELAS : BK/3A
    NPM : 09121O42


    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan:Agar kita bisa menjadi warga Negara baik,mempunyai pengetahuan yang berkenaan tentang bagaimana menjalin hubungan dengan Negara lain,dapat menumbuhkan kesadaran kita tentang hak dan kewajiban sebagai warga Negara dan dapat menumbuhkan kesadaran kita tentang kewajiban membela Negara.
    2. Pancasila harus diamalkan warga negara indonesia karena pancasila merupakan pandangan hidup NKRI dan pancasila telah diyakini sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.
    Contoh kongkrit:Mahasiswa yang sedang KKN ikut membantu memperbaiki tempat-tempat wisata,memperbaiki jembatan atau jalan raya.Kegiatan tersebut menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air dan berusaha mengembangkan bangsa.
    3. Status kewarganegaraan ganda Manohara Odelia Pinot yaitu Indonesia dan Amerika.Di Indonesia, status kewarganegaraan ganda belum diakui.Setelah manohara dewasa,dia memilih untuk menjadi warga Negara Indonesia .
    4. Kerusuhan tersebut terjadi karena kurangnya rasa persatuan antar warga,dan kurangnya kesadaran untuk melakukan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan.Solusinya:mencari sebab terjadinya kerusuhan terlebih dahulu kemudian menyelesaikan permaslahan yang di hadapi dan memberikan Pendidikan Kewarganegaraan.
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -hak pekerjaan dan perlindungan yang layak
    -hak dan wajib dalam pembelaan Negara
    -hak kemerdekaan berkumpul dan mengeluarkan pendapat
    -hak dan kewajiban ikut pertahanan keamanan
    -hak untuk mendapatkan pengajaran
    -hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya
    -wajib menjunjung hukum pemerintahan
    -hak atas status kewarganegaraan

    BalasHapus
  20. Nama : Mega ayu juliani
    NPM : 09121149
    Kelas : BK 3c


    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah agar semua warga negara mampu menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan tanggumg jawab yang berlandasan pada pancasila, disamping itu semua warga negara harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan santun dan jujur.



    2. Sampai kapanpun dasar pancasila itu harus dipegang teguh oleh WNI, karena sampai sekarang dasar pancasila sangat melekat sebagai pedoman hidup, pandangan hidup manusia, dan banyak sekali warga negara yang sudah menjadikan pancasila sebagai pedoman hidup yang harus diamalkan atau diterapkan dalam kehidupan.

    Contoh : Seperti yang sering kita lakukan sehari-hari yaitu apabila ada tetangga yang mempunyai acra pernikahan pasti kita lingkungan sekitar ikut untuk tolong-menolong membantunya agar acara itu berjalan dengan lancar.


    3.Kasus Manohara
    Kewarganegaraan indonesia menatapkan bahwa orang yang masih berumur dibawah 17 tahun belum bisa menentukan kewarganegaraannya, dalam kasus manohara ini ia lahir di Indonesia,Ibunya seorang WNI dan ayahnya seorang WNA ,sehingga sampai sekarang Manohara memiliki kewarganegaraan yang ganda, menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraannya adalah Bi patride.kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat dengan aturan serta pernikahan Negara Malaysia, apabila dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis dia menjadi warga Negara Malaysia.


    4. Menurut saya kerusuhan akhir-akhir ini yang terjadi di Jakarta Selatan karena kurangnya nilai yang terkandung dalam pancasila, kurang rasa tolong-menolong, tenggang rasa, beragama, hormat-menghormati, dan kebebasan untuk memilih.Dan disini perlunya kerjasama yang baik antara kedua pihak penegak hukum.


    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945
    -hak pekerjaan dan perlindungan yang layak
    -hak dan wajib dalam pembelaan Negara
    -hak kemerdekaan berkumpul dan mengeluarkan pendapat
    -hak dan kewajiban ikut pertahanan keamanan
    -hak untuk mendapatkan pengajaran
    -hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya
    -wajib menjunjung hukum pemerintahan
    -hak atas status kewarganegaraan.

    BalasHapus
  21. Nama :Yulia Astutik
    Npm :09321331
    Kelas:3f/PBI
    Tugas Kewarganegaraan

    1.Tujuan pendidikan -kewarganegaraan yakni memberikan pengetahuan kepada setiap warga negara indonesia tentang hal-hal yang berhubungan dengan bela negara dan hubungan antar warga negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.
    -Dengan pendidikan kewarganegaraan juga bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air seseorang terhadap bangsa dan negara.
    2.Dalam kehidupan bangsa indonesia diakui bahwa nilai pancasila adalah pandangan(filsafat)hidup yang berkemban dalam sosio budaya indonesia.Pancasila mencerminkan nilai-nilai yang mendasar bagi kehidupan rakyat indonesia,yang terdiri dari:Ketuhanan YME,Kemanusiaan yang adil dan beradap,persatuan indonesia,kerakyatan,dan keadilan sosial.di setiap sila-sila ini memiliki nilai-nilai yang diyakini sebagai jiwa dan kepribadian bangsa indonesia yang harus diamalkan oleh setiap warga negara indonesia.
    contoh : -saling menghormati teman yang berbeda keyakinan
    - mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yg berhubungan dengan bela negara( MENWA )
    3. Manohara sebenarnya adalah warga negara indonesia setelah menikah dengan pangeran kelantan maka manohara pindah menjadi warga negara malaysia,karena terjadi konflik antara manohara dan pangeran kelantan, manohara ditolong oleh kedubes Amerika(ayahnya berkewargaan Amerika) untuk membebaskan diri dari malaysia akhirnya manohara pindah kewarganegaraan dari WN malaysia menjadi warga ngara Amerika.tetapi karena saat ini manohara tinggal diindonesia dan menjadi warga negara indonesia akhirnya saat ini manohara 2 kewarganegaraan(bipatrid).
    4.Sekarang banyak sekali terjadi kerusuhan,baik dalam hal politik,pencurian,kekerasan dan lain sebagainya,salah satunya adalah kasus kerusuhagn didepan kantor Pengadilan Negeri diJaksel yang menyebabkan adanya korban jiwa.Hal Ini sneharusnya tidak taerjadiy karena hanya mempermasalahkan hal-hal sepele,seharusnya sebagai warga negara yang baik,yang taat terhadap hukum mereka harus bermusyawarah dahulu untuk menyelesaikan masalah,mampu mengontrol diri dan tidak bertindak anarkis saat bermusyawarah,selain itu dari pihak keamanan harus lebih tegas dalam menghadapi kerusuhan.
    5.Hak dan kewajiban warga indonesia tercantum pada UUD 1945 Mmulai pasal 27-34.
    Hak-hak warga negara antara lain:
    -tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -tiap warga nagara berhak ikut serta dalam upaya pembelaan negara
    -tiap warga negara berhak berkumpul,berserikat,dan mengeluarkan fikiran dengan lisan dan tulisan
    -tiap-tiap warga negara berhak untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan ke[ercayaannya itu.
    tiap warga negara berhak ikutvserta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
    -setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan

    Kewajiban warga negara:
    -tiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara
    -tiap warga negara wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    -tiap warga negara wajib mengkuti pendidikan dasar.

    BalasHapus
  22. Nama :Yulia Astutik
    Npm :09321331
    Kelas:3f/PBI
    Tugas Kewarganegaraan
    1.Tujuan pendidikan -kewarganegaraan yakni memberikan pengetahuan kepada setiap warga negara indonesia tentang hal-hal yang berhubungan dengan bela negara dan hubungan antar warga negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.
    -Dengan pendidikan kewarganegaraan juga bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air seseorang terhadap bangsa dan negara.
    2.Dalam kehidupan bangsa indonesia diakui bahwa nilai pancasila adalah pandangan(filsafat)hidup yang berkemban dalam sosio budaya indonesia.Pancasila mencerminkan nilai-nilai yang mendasar bagi kehidupan rakyat indonesia,yang terdiri dari:Ketuhanan YME,Kemanusiaan yang adil dan beradap,persatuan indonesia,kerakyatan,dan keadilan sosial.di setiap sila-sila ini memiliki nilai-nilai yang diyakini sebagai jiwa dan kepribadian bangsa indonesia yang harus diamalkan oleh setiap warga negara indonesia.
    contoh : -saling menghormati teman yang berbeda keyakinan
    - mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yg berhubungan dengan bela negara( MENWA )
    3. Manohara sebenarnya adalah warga negara indonesia setelah menikah dengan pangeran kelantan maka manohara pindah menjadi warga negara malaysia,karena terjadi konflik antara manohara dan pangeran kelantan, manohara ditolong oleh kedubes Amerika(ayahnya berkewargaan Amerika) untuk membebaskan diri dari malaysia akhirnya manohara pindah kewarganegaraan dari WN malaysia menjadi warga ngara Amerika.tetapi karena saat ini manohara tinggal diindonesia dan menjadi warga negara indonesia akhirnya saat ini manohara 2 kewarganegaraan(bipatrid).
    4.Sekarang banyak sekali terjadi kerusuhan,baik dalam hal politik,pencurian,kekerasan dan lain sebagainya,salah satunya adalah kasus kerusuhagn didepan kantor Pengadilan Negeri diJaksel yang menyebabkan adanya korban jiwa.Hal Ini sneharusnya tidak taerjadiy karena hanya mempermasalahkan hal-hal sepele,seharusnya sebagai warga negara yang baik,yang taat terhadap hukum mereka harus bermusyawarah dahulu untuk menyelesaikan masalah,mampu mengontrol diri dan tidak bertindak anarkis saat bermusyawarah,selain itu dari pihak keamanan harus lebih tegas dalam menghadapi kerusuhan.
    5.Hak dan kewajiban warga indonesia tercantum pada UUD 1945 Mmulai pasal 27-34.
    Hak-hak warga negara antara lain:
    -tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -tiap warga nagara berhak ikut serta dalam upaya pembelaan negara
    -tiap warga negara berhak berkumpul,berserikat,dan mengeluarkan fikiran dengan lisan dan tulisan
    -tiap-tiap warga negara berhak untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan ke[ercayaannya itu.
    tiap warga negara berhak ikutvserta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
    -setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan

    Kewajiban warga negara:
    -tiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara
    -tiap warga negara wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    -tiap warga negara wajib mengkuti pendidikan dasar.

    BalasHapus
  23. Nama : Riana Puspita Mutiara
    Kelas : 3F /PBI
    NPM : 0932123arena7
    Tugas Kewarganegaraan
    1. Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar yang berhubungan dengan warga Negara,dengan Negara serta upaya bela Negara agar menjadi warga Negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan NKRI.
    2. Pancasila adalah pandangan filsafat hidup bangsa Indonesia.Nilai pancasila merupakan nilai dasar dan sari budaya bangsa, karena inilah nilai-nilai pancasila harus diamalkan oleh WNI.
    Contoh : apabila ada pemilihan pengurus kelas,maka kita sebagai anggota kelas harus ikut bermusyawarah untuk mufakat.
    3. Berkaitan dengan kasus Manohara saya mendengar bahwa dia memiliki kewarganegaraan ganda / Bipatride.Hal ini dikarenakan dia lahir dari ibu yang merupakan WNI dan ayah WN prancis tapi berkebangsaan Amerika.Sehingga dia merupakan warga Negara Amerika dan Indonesia.
    4. Belakangan ini banyak terjadi kerusuhan di berbagai kota, kerusuhan tersebut terjadi karena warga merasa kecewa dan tidak puas atas kebijakan pemerintah di daerah mereka maupun pemerintahan Indonesia,sehingga mereka mengekspresikan kekesalannya dengan bertindak anarkis.Solusi : Sebaiknya pemerintah daerah atau pusat harus lebih dapat mengambil kebijakan yang bersifat seadil-adilnya atau merata agar dapat diterima oleh para warga.
    5. Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD
    a. Pasal 27 : -WNI wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tidak ada kecualinya
    -Tiap WN berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan
    -Tiap WN berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara
    b. Pasal 28 : -Hak berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pendapat dengan lisan dan tulisan
    c. Pasal 30 : Tiap WN berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara
    d. Pasal 31 : -Setiap WN berhak mendapat pendidikan
    -Setiap WN wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayai

    BalasHapus
  24. Nama : Riri Ariesma
    Kelas : 3F / PBI
    NPM : 09321247
    Tugas Kewarganegaraan
    1. Membekali peserta didik agar mempunyai jiwa social yang tinggi dengan memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar yang berhubungan dengan warga Negara agar apa yang dicita-citakan bangsa Indonesia menjadi kesatuan utuh bisa diwujudkan dan menjadi warga Negara yang dapat diandalkan bangsa dan Negara RI.
    2. Pancasila sebagia pandangan/filsafat hidup bangsa Indonesia.Setiap butir dianggap mempunyai nilai sosial yang benar sehingga sudah sepatutnya kita mengamalkan / meneladani ajaran pancasila sebagai warga Negara RI
    Contoh : Setiap ada kegiatan social seperti donor darah sebaiknya sebagai mahasiswa kita sebaiknya kita ikut berpartisipasi ,hal ini mencerminkan rasa kemanusiaan.
    3. Awalnya Manohara lahir di Indonesia kemudian Manohara menikah di Malaysia dengan pangeran Kelantan otomatis Manohara menjadi warga Negara Malaysia.Karena ada konflik perceraian Manohara kembali ke Indonesia dan ditolong kedubes Amerika yang ada di Indonesia dan hingga saat ini Manohara mempunyai 2 kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika.
    4. Akhir-akhir ini banyak sekali aksi anarkis hal ini disebabkan karena masyarakat kurang bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah.Seharusnya kita sebagai masyarakat yang taat dan patuh terhadap norma-norma yang ada kita harus selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah dan hendaknya aparat penegak hukum juga harus bijaksana dan tegas dalam menyelesaikan masalah.
    5. Hah dan kewajiban WN berdasarkan UUD 1945:
    Hak-hak warga negara antara lain:
    -tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -tiap warga nagara berhak ikut serta dalam upaya pembelaan negara
    -tiap warga negara berhak berkumpul,berserikat,dan mengeluarkan fikiran dengan lisan dan tulisan
    -tiap-tiap warga negara berhak untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan ke[ercayaannya itu.
    tiap warga negara berhak ikutvserta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara
    -setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan

    Kewajiban warga negara:
    -tiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara
    -tiap warga negara wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    -tiap warga negara wajib mengkuti pendidikan dasar.

    BalasHapus
  25. NAMA :AFIFATUL FITRIA BAHIROH
    KELAS : BK/3A
    NPM : 09121O21


    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan:Membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga Negara dan Negara agar mampu mejadi warga Negara yang mengetahui dan melaksanakan hak dan kewajiban,peranannya serta tanggung jawab.
    2. Di dalam Pancasila terdapat lima sila yang dibuat sesuai dengan latar belakang,adat istiadat dan nilai religius bangsa Indonesia.Dalam pancasila sudah terdapat aturan-aturan yang jelas yang harus dioptimalkan agar NKRI tetap utuh dan tidak terjadi perpecahan.Contoh:Sebagai mahasiswa identik dengan penyampaian pendapat baik secara langsung maupun melalui perwakilan.Dalam menyampaikan pendapat serta mencari penyelesaiannya harus melalui musyawarah mufakat.
    3. Status kewarganegaraan ganda Manohara Odelia Pinot yaitu Indonesia dan Amerika.Di Indonesia, status kewarganegaraan ganda belum diakui.jadi manohara harus menetukan berkewarganegaraan Amerika atau Indonesia.Jika tidak segera menentukan maka ststus WNI akan hilang dengan sendirinya.
    4. Kerusuhan tersebut sebetulnya tidak perlu terjadi.Segala permasalahan yang terjadi seharusnya diselesaikan dengan baik melalui perundingan/musyawarah.Meskipun pada kenyataannya sebagai WNI kita merasa kecewa dan marah.tapi kita harus bisa menahan emosi dan amarah.
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    -setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    -setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    -setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    -setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    -setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  26. NAMA :KRISNA MARDIANA
    KELAS:BK/3C
    NPM :09121134

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah bagaimana menjadikan Warga Negara Indonesia yang baik,sehingga mampu menjaga, mengisi,dan membangun kemerdekaan bangsa dan Negara agar lebih maju. Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan kewarganegaraan yang harus mengandung nilai-nilai dasar sebagai prasarat kehidupan warga Negara Indonesia. Bersama yang dicita-citakan bangsa Indonesiadan para pahlawan yang telah gugur membela tanah air Indonesia. Selain itu pemahaman tentang warga Negara,bangsa,Negara,hak&kewajiban warga Negarajuga perlu diterapkan agar seseorang menjadi warga Negara yang baik.

    2.a)Pancasila merupakan dasar NKRI yg harus diamalkan WNI,karena pancasila adalah lima dasar tingkah laku yang baik dan penting,selain itu pancasila mengandung norma-norma dan hidup dalam diri manusia Indonesia yang menjadi nilai dasar budaya bangsa dan kepribadian bangsa.
    b)contoh:
    -dalam Negara kita diberikan kebebasan memeluk agama,apabila ada tetangga atau teman saya yang berbeda agama,saya akan tetap menghormati dan menghargai mereka.(penerapan sila pertama)
    -harus tolong-menolong dan mempunyai sifat tenggang rasa,apabila ada teman yang mendapat musibah.(penerapan sila kedua)

    3.Kasus kewarganegaraan manohara bahwa fakta menyebutkan ternyata manohara memiliki dua kewarganegaraan ganda yaitu WNI dan amerika serikat,mungkin juga WN malaysia apabila manohara tinggal di malaysia bersama suaminya dan UU perkawinan mengaturnya berarti manohara telah melanggar UU kewarganegaraan Indonesia ,karena indonesia tidak menganut duwi kewarganegaraan.Telah dijelaskan dalam pasal 23 UU no.12 thn 2006 tentang kewarganegaraan diatur bahwa apabila seseorang WNI mempunyai paspor dari negara asing yang masih berlaku di Negara lain atas namanya,maka WNI tersebut dapat kehilangan kewarganegaraannya,oleh sebab itu manohara harus mengajukan permohonan kepada pemerintah RI jika dia ingin tinggal di indinesia dan menjadi WNI.

    4.*Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya kesadaran warga dan lemahnya hukum di Indonesia,yang mana kejadian tersebut dibiarkan berlarut-larut sehingga memakan korban yang banyak.

    *Solusi :dari permasalaha tersebut adalah pemerintah harus menegakkan hukum dan memberikan sangsi yang tegas untuk mereka yang melanggar hukum yang mengakibatkan kerusakan dan merugikan negara kita.dengan adanya kejujuran dan kerjasama yang baik serta sistem pemerintahan yang teratur ,maka kesejahteraan bangsa Indonesia akan terwujud.

    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    *Hak WNI berdasarkan UUD 1945
    -hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -hak kemerdekaan berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan
    -hak warga negara yang berhubungan dengan HAM
    -hak untuk memeluk suatu agama
    -hak untuk memperoleh pendidikan

    *Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    -wajib menaati hukum dan pemerintahan
    -wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara
    -wajib menghormati hak asasi manusia
    -wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang
    -wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

    BalasHapus
  27. NAMA :CHERLY CHELVIANA
    KELAS : BK/3A
    NPM : 09121053


    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan:agar menjadi warga Negara yang baik serta mengetahui aturan” Negara agar mampu mendukung bangsa dan Negara.
    2sebagai warga Negara Indonesia yang berpacu pada pancasila kita harus bersatu padu dan tolong menolong.Contoh:Sebagai mahasiswa kita harus bersatu di kelas.tidak membeda-bedakan teman.
    3. Status kewarganegaraan ganda Manohara Odelia Pinot yaitu Indonesia dan Amerika.Di Indonesia, status kewarganegaraan ganda belum diakui.jadi manohara harus menetukan berkewarganegaraan Amerika atau Indonesia.Jika tidak segera menentukan maka ststus WNI akan hilang dengan sendirinya.
    4. Kerusuhan yang terjadi akhir” ini dikarenakan kurangnya persatuan.persaudaraan dan kegotong royongan antara warga,dalam menghadapi masalah mereka saling menyalahkan.menuduh,hingga akhirnya terjadi adu domba.
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -hak kebebasa beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya,
    -Bebas berserikat berkumpul
    -Hak atas pengakuan
    -Jaminan
    -Perlindungan
    -Kepastin hukum yang adil
    -Hak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakukan yang adil dan layak dalam hubungan kerja
    -Hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan
    -Hak atas status kewarganegaraa
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  28. NAMA :ANIK LESTARI
    KELAS : BK/3A
    NPM : 09121036


    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan:mengajarkan untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik dan mengetahui hak serta kewajibannya menjadi seorang warganegara sesuai dengan UUD 1945.
    2sebagai warga Negara Indonesia yang berpacu pada pancasila kita harus bersatu padu dan tolong menolong.Contoh:Sebagai mahasiswa kita harus bersatu di kelas.tidak membeda-bedakan teman.
    3. Status kewarganegaraan ganda Manohara Odelia Pinot yaitu Indonesia dan Amerika.Di Indonesia, status kewarganegaraan ganda belum diakui.jadi manohara harus menetukan berkewarganegaraan Amerika atau Indonesia.Jika tidak segera menentukan maka ststus WNI akan hilang dengan sendirinya.
    4. Timbulnya suatu kerusuhan bisa dikarenakan atau dipicu karena kurangnya rasa kebersamaan,tidak ada rasa persaudaraan.kurangnya pemikiran yang luas,emosi yang menjadi landasan utama tanpa pemikiran yang matang,tanpa mencoba menyelesaikan masalah secara kekeluargaan,langsung saja mereka saling baku hantam.Solusi:Harusnya memberikan pengetahuan lebih intensif mengenai pendidikan kewarganegaraan sehingga mereka mengetahui mana yang salah dan mana yang harusnya dilakukan,
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    -setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    -setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    -setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    -setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    -setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  29. NAMA : LINDA RATNAWATI
    KELAS : BK/IIIC
    NPM : 09121143

    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah bagaimana menjadikan warga Negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan Negara. Selain itu, dengan mempelajari pendidikan kewarganegaraan diharapkan dapat mencrtak generasi-generasi penerus bangsa yang sadar nilai dan sadar moral serta taat pada peraturan perundang-undangan sebagai warga Negara Indonesia yang baik,yang patuh pada hukum yang berlaku.
    2.Sebagai mahasiswa, kita harus menjunjung tinggi nilai dan moral yang terkandung didalam Pancasila yang merupakan cirri khas bangsa Indonesia dan mencerminkan pribadi luhur bangsa. Di manapun kita berada kita harus selalu menjaga nama baik bangsa dan berusaha keras meningkatkan prestasi belajar agar bias mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kita juga harus mempererat tali persaudaraan antar sesame dan menjaga persatuan dan kesatuan antar mahasiswa khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
    3.Menurut analisa saya, kasus kewarganegaraan Manohara adalah Indonesia. Hal ini dapat saya buktikan dengan melihat dari sisi perkawinan yang mencakup asas kesatuan hukum dan asas persamaan derajat. Dalam asas persamaan derajat, yakni suatu perkawinan tidak akan menyebabkan perubahan status kewarganegaraan masing-masing pihak. Jadi,bisa disimpulkan bahwa Manohara tetap sah status kewarganegaraannya sebagai warga Negara Indonesia.
    4.Menurut pendapat saya, banyak terjadi kerusuhan di Indonesia karena tidak adanya pemahaman tentang pancasila dan nilai-nilai di dalamnya serta adanya penyalahgunaan pengertian demokrasi di masyarakat awam. Selain itu, tidak adanya komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat adanya kesan sikap tertutup para wakil-wakil rakyat yang menyebabkan aspirasi mereka tidak tersalurkan dengan sebagaimana mestinya.
    Solusi : a)memberikan pengarahan secara kontinyu tentang makna demokrasi kepada masyarakat luas b)menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dengan c)memberikan arahan kepada para wakil rakyat agar besikap terbuka kepada masyarakat agar aspirasi masyarakat tersalurkan dengan baik.
    5.Hak : 1)hak kebebasan beragama dan beribadah sesuai dengan kepercayaannya 2)hak atas pengakuan 3)bebas berserikat berkumpul (ps.28E) 4)hak mendapat jaminan hukum 5)hak mendapat perlindungan 6)hak mendapat kepastian hukum yang adil 7)hak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja 8)hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan 9)hak atas status kewarganegaraan (ps.28F)
    Kewajiban : 1)kewajiban dalam membela Negara 2)wajib ikut pendidikan dasar 3)kewajiban dalam pertahanan keamanan 4)kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan.

    BalasHapus
  30. Nama : lia rahayu ningtyas
    NPM : 09121141
    KELAS : BK/3C


    1 tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah suatu usaha warga Negara untuk menjadi warga Negara yang baik dan bisa memperttahankan kewajiban warga Negara sesuai dengan cita- cita bangsa Indonesia. Sehingga dapat membela Negara agar dapat menjadi warga Negara yang taat pada peraturan yang dibuat oleh pemerintah.
    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan nilai-nilai kebudayaan yang mempunyai batasan-batasan dalam berperilaku sehari-hari.
    contohnya :
    sila 1_ saling menghormati antar teman yang berbeda agama.
    sila 2_ berteman dengan siapapun tanpa memandang status.
    sila 4_ membiasakan bermusyawarah dalam rapat kelompok.
    3.kasus kawarganegaraan manohara bisa dikatakan masih sebagai warga Negara Indonesia. Hal ini sesuai dengan asas kesatuan hukum dan asas persamaan derajat yang menyatakan bahwa asas kesamaan derajat adalah suatu perkawinan tidak menyebabkan perubahan status kewarganegaraan masing masing pihak. Jadi meskipun manohara menikah dengan orang yang berkewarganegaraan asing manohara tetap sah sebagai warga Negara Indonesia.
    4.menurut pendapat saya kasus kerusuhan yang akhir akhir ini terjadi karena tidak terjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat yang menyebabkan aspirasi masyarakat tidak dapat tersalurkan sehingga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah berkurang dan masyarakat memilih menyalurkan aspirasi mereka dengan hal –hal yang menurut mereka benar,salah satunya adalah dengan berunjuk rasa dan melakukan kerusuhan dengan tujuan mencari perhatian pemerintah yang selama ini tidak mereka dapatkan.
    Solusi : membangun kembali kepercayaan masyarakat pada pemerintah dengan cara pemerintah langsung terjun ke lapangan meninjau masyarakat dari dekat. Selain itu pemerintah juga harus menampung setiap aspirasi dari masyarakat dan berusaha memenuhinya selama aspirasi tersebut tidak merugikan berbagai pihak.
    5. 5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -hak pekerjaan dan perlindungan yang layak
    -hak dan wajib dalam pembelaan Negara
    -hak kemerdekaan berkumpul dan mengeluarkan pendapat
    -hak dan kewajiban ikut pertahanan keamanan
    -hak untuk mendapatkan pengajaran
    -hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya
    -wajib menjunjung hukum pemerintahan
    -hak atas status kewarganegaraan.

    BalasHapus
  31. Nama : LELY DWI ASTUTI
    NPM : 09121140
    Kelas : III C

    1. Tujuan Umum. Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.
    Tujuan Khusus. Agar mahasiswa memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab. Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasi dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. Agar mahasiswa memiliki sikap perilaku sesuai nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa.
    2. Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang ada di indonesiaq,dimana WNI harus mengamalkan nilai2 yag terkandung dalam pancasila,Contoh pada Sila Pertama KETUHANAN YANG MAHA ESA : bahwa setiap manusia Indonesia harus Percaya akan adanya TUHAN, dengan adanya kepercayaan itu ia harus mengamalkan apa yang menjadi kepercayaannya itu.Contoh:Saya beragama Islam, saya YAKIN bahwa Allah itu ada, dan Allah memberikan kewajiban-kewajiban bagi saya untuk melaksanakan, hal ini tertuang dalam RUKUN ISLAM, yaitu Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji, Lha semua rukun Islam tersebut HARUS saya amalkan karena sudah menjadi KEYAKINAN saya
    3. Manohara sebagai warga Negara mempunyai Hak untuk mempunyai hak milik pribadi Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani,hak beragama, hak untuk tidak diperbudak,hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun (pasal 28I ayat 1),namun dalam kenyataan dia mendapatkan siksaan dari suaminya,dan itu merupakan saatnya dia memperjuangkan haknya seperti apa yang telah ada dalam undang-undang.
    4. Kerusuhan2 yg terjadi ahir2 ni memang semakin menjadi marak,seperti sudah menjadi kebyasaan untuk masyarakat.Itu semua terjadi menurut saya kurang ada penegasan hukum tersendiri bagi mereka2 yang melakukan kerusuhan.sehingga masyarakat seolah semakin menhilaukan hukum,karena semakin hari kerusuhan2 semakin parah dan mungkin terjadi bahkan hanya disebabkan hal yang sepele.
    5. 1. Pasal 26, ayat (1), yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. Dan pada ayat (2), syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang-undang.2. Pasal 27, ayat (1), segala warga negara bersamaan dengan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahannya, wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu. Pada ayat (2), taip-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.3. Pasal 28, kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan, dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.4. Pasal 30, ayat (1), hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pembelaan negara. Dan ayat (2) menyatakan pengaturan lebih lanjut diatur dengan undang-undang.
    Dapat ditarik garis besar bahwa hak waga Negara adalah sebagai berikut:
    1. Hak kebebasan beragama dan beribadah sesuai dengan kepercayaannya
    2. Bebas berserikat berkumpul(ps.28E)
    3. Hak atas pengakuan
    4. Jaminan.
    5. Perlindungan
    6. Kepastin hukum yang adil
    7. Hak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakukan yang adil dan layak dalam hubungan kerja
    8. Hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan
    9. Hak atas status kewarganegaraan (Ps. 28F)

    BalasHapus
  32. Nama : Adisti nawang istikafuri
    NPM : 09121018
    Kelas: BK / 3A

    1. Tujuan PKM adalah menjadikan warga negara yang baik, yang mampu mendukung bangsa dan negara dan memiliki nilai-nilai dasar sebagai prasyarat kehidupan bersama yang di cita-citkan.

    2. Karena pancasila merupakan landasan persatuan negara Indonesia yang mana setiap silanya harus diamalkan warga negara Indonesia.
    Contohnya :
    pancasila Sila ke 1 : rasa toleransi terhadap teman satu kelas yang berbeda agama
    pancasila sila ke 2 : tidak semena-mena dengan teman satu kelas
    pancasila sila ke 3 : tetap berteman baik dengan teman yang berbeda suku
    pancasila sila ke 4 : musyawarah dalam pemilihan ketua kelas
    pancasila sila ke 5 : setiap mahasiswa berhak mendapatkan pelajaran

    3. Menurut saya Manohara memiliki warga negara ganda karena terlahir dari ayah WNA dan ibu WNI, tapi di Indonesia telah dibuat peraturan bahwa sebagai warga negara keturunan / WNA apabila telah berumur 18 tahun/sudah pernah menikah maka orang tersebut dapat memilih kewarga negaraan mana yang akan ia pilih. Dan disini Manohara telah berumur lebih dari 18 tahun dan sudah pernah menikah maka dia berhak memilih kewarga negaraan mana yang akan dia pilih.

    4. Menurut pendapat saya nilai-nilai moral yang ada di negara Indonesia sudah mulai luntur sehingga terjadi kerusuhan dimana-mana dan rasa kepedulian terhadap sesama sudah mulai pudar. Mengakibatkan terciptanya keegoisan antar golongan tertentu dan banyak warga negara warga Indonesia salah mengartikan arti dari solidaritas.
    Solusinya adalah para aparat negara dan pemerintah beserta jajarannya harus bisa lebih tegas terhadap para profokatornya.

    5. hak warga negara Indonesia
    - Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    - Hak untuk berkumpul dan berfikir dalam bermusyawarah
    - Mendapatkan pengajaran
    - hak kebebasan dalam memeluk agama atau kepercayaan

    kewajiban warga negara sindonesia
    - Mempertahankan negara
    - Pembelaan terhadap negara
    - Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan

    BalasHapus
  33. Nama : Jayanti Putri Prastiwi
    NPM : 09121128
    Kelas : BK/3C

    Jawaban!
    1. tujuan pendidikan kewarganegaraaan adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada masayarakat mengenai hubungan antara warga negara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, selain itu agar mahasisiwa menguasai danmemahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasi dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila.

    2. Pncasila sebagai dasar negara, pancasila menjadi dasar untuk mengatur pemerintahan dan penyelenggara negara. pancasila menjadi sarana yang dapatmempersatukan bangsa Indonesia karena Pancasila adalah falsafah, jiwa, dan kepribadian yang mengandung nilai-nilai, norma-norma yang luhur. sebagai dasar negara, pancasila mendasari setiap usaha dan kegiatan bangsa indonesia dalam kehidupan bernegara.contoh:kita sebagai makhluk Tuhan YME,memeluk agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan yang di ajarkan oleh masing2 agama.

    3.fakata mengatakan bahwa Manohara ternyata menganut 2 kewarganegaraan,yaitu WN Indonesia dan WN AS. itu berarti Manohara sudah jelas melanggar Undang-undang Kewarganegaraan Indonesia, karena Indonesai tidak menganut Kewarganegaraan ganda.

    4. menurut saya, ada baiknya masyarakat Indonesia tidak terlalu mudah untuk di Provokasi.
    kenali masalah yang sedang di hadapi bangsa Indonesia saat ini.
    dan yang paling penting, jangan main hakim sendiri, karena qita punya Hukum yang berlaku.

    5. hak WN menurut UUD 1945
    - hak atas pekerjaan dan penghidupab yabf layak
    - hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan
    - hak atas pengakuan, jaminan, dan kepastian hukum yang adil.

    kewajiban WN
    - kewajiban menaatihukum dan pemerintahan
    - wajib dalam ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
    - wajib menghormati hak asasi orang lain

    BalasHapus
  34. NAMA :ITA KRISTIANINGRUM
    KELAS :FIP/BK 3C
    NPM :09121127


    Jawaban tugas kewarganegaraan :

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan
    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan bangsa Timur yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan Timur yang mempunyai batasan-batasan dalam berperilaku sehari-hari.
    Contoh : - dalam berteman antar sesama mahasiswa tidak membeda-bedakan perbedaan dalam beragama (mencerminkan sila pertama Pancasila)
    - dalam pemilihan ketua kelas diadakannya musyawarah semua anggota kelas terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mencapai mufakat (mencerminkan sila ke empat Pancasila)
    3.Status kewarganegaraan Manohara tidak harus mengikuti kewarganegaraan suaminya. Undang-undang di Indonesia tidak mengharuskan Manohara untuk mengikuti status warga negara suaminya, walaupun suaminyaadalah pangeran dari Malaisia. Jadi Manohara boleh memilih : mengikuti kewarganegaraan Suaminya atau memilih sebagai WNI. Sehubungan dengan status yang terjadi, sehingga Manohara melarikan diri ke Indonesia, maka secara de facto Manohara telah memilih Indonesia sebagai kewarganegaraannya.
    4.Kerusuhan yang terjadi di Indonesia :
    Pendapat : menurut saya kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini merupakan cermin mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam jiwa bangsa Indonesia sekarang ini, mulai terjadinya krisis keagamaan, persatuan, hormat- menghormati, tenggang rasa, keadilan yang semuanya itu sudah terabaikan. Dimana semuanya ingin mendapatkan keuntungan dan kemenangan diri sendiri.
    Solusi : perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara salah satu contohnya adalah korupsi serta menanamkan kembali nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila kepada seluruh warga Negara Indonesia.
    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus
  35. Nama : ERNIA RUSITA RURY
    Kelas : 3A
    NPM : 09121091
    JAWABAN
    1. Tujuan umum dari kewarganegaraan pada dasarnya bagaimana menjadikan warga Negara yang baik dan mampu mendukung bangsa dan Negara,selain itu memberikan kita pelajaran bagaimana cara menghormati antar sesama manusia,bersopan santun dalam bertutur kata,menghargai pendapat orang lain dsb
    2. Pancasila adalah dasar NKRI karena Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa;
    Sila 1: Ketuhanan yang maha esa
    Contoh:saling menghormati antar mahasiswa yang berbeda agama
    Sila 2: Kemanusiaan yang adil dan beradap
    `Contoh: Ketua kelas tidak boleh semena-mena dalam menggunakan jabatannya,sebaliknya teman-teman tidak boleh menyuruh nyuruh ketua kelas pada dasarnya ketua kelas bukan raja dan juga bukan pembantu jadi harus saling menghargai
    Sila 3. Persatuan indonesia
    Contoh : Antar mahasiswa tentunya memiliki perbedaan dari segi SARA. Tapi dari perbedaan itu adanya saling menghormati,saling bekerjasama sehingga tidak memandang perbedaan tersebut sebagai perpecahan tapi menggangap itu bagian dari keanekargaman Indonesia yang perlu di satukan.
    Sila 4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
    Contoh : Dalam menentukan suatu keputusan yang berkaitan dengan kelas di adakan suatu musyawarah untuk mencari hasil mufakat dari kelas tersebut.
    Sila 5. Keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.
    Contoh: Adanya hak dan kewajiban yang sama bagi seluruh mahasiswa dalam menerima pelajaran dari dosen,memakai fasilitas yang disediakan oleh kampus.
    3. Kasus kewarganegaraan manohara: Manohara memiliki kewarganegaraan ganda selain dia sebagai warga negara indonesia dia juga kewarganegaraan AS dari ayah biologisnya..
    4. Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia khususnya kerusuhan didepan Kantor pengadilan Negeri Jakarta Selatan adalah mulai melemahnya hukum di Indonesia seperti yang kita lihat saat ini banyak oknum-oknum polisi,Kejaksaan,pengadilan terlibat khasus suap menyuap,mereka sudah melalaikan tugas utama mereka yaitu menegakkan keadilan,jadi tidak salah apabila rakyat sekarang mulai berontak terhadap penegak hukum di Negara kita
    5. Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945. Setiap WNI mendapat hak dan kewajiban yang sama yaitu: bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali,tiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak,tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam pembelaan negara,tiap warga negara bebas memeluk agamanya masing-masing sesuai dengan kehendaknya.

    BalasHapus
  36. nama: daesy stiyaningrum
    prodi/kelas: PBI/3F
    NPM: 09321051

    1 tujuan dari pendidikan kewarganegaraan menurut saya adalah, supaya warga negara mengetahui bagaimana cara memperoleh hak sebagi warga negara. selain itu,warga negara mengetahui kondisi politik terkini ( peraturan UU saat pendidikan kewarganegaraan dijalankan )

    2 pancasila adalah dasar NKRI karena pancasila adalah alat pemersatu bangsa. dimana dari setiap sila-sila pancasila mencerminkan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
    contoh: kita sebagai mahasiswa harus saling menghormati antar teman walaupun berbeda suku budaya dan agama.

    3 analisis saya yang berkaitan dengan kasus Manohara yang mempunya kewarganegaraan ganda yaitu Jerman dan Indonesia. menurut saya, semua keputusan ada ditangan Manohara untuk memilih mengikuti kewarganegaraan sang ayah atau ibunya. hal tersebut dikarenakan Manohara sudah dianggap dewasa untuk memilih sesuatu yang terbaik untuknya.

    4 pendapat saya yang berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhanyang terjadi akhir-akhir ini di indonesia disebabkan karena kurangnya rasa saling menghargai antar sesama umat dan tingginya rasa ingin menang sendiri dan bertindak main hakim sendiri.
    solusinya menurut saya adalah diadakan mediasi antar kedua belah pihak yang berseteru dan meningkatkan kinerja para petugas penegak hukum.

    5 hak warga negra berdasrkan UUD 45:
    . hak memperoleh persamaan tanpa dibedakan
    . hak mendapatkan pekerjaan dan pendidikan
    . hak kebebasan memeluk agama menurut keyakinan masing-masing
    . hak mendapatkan perlindungan dan kesejahteraan

    kewajiban warga negara berdasarkan UUD 45:
    . wajib ikut bela negara
    . wajib ikut serta dalam hal pembangunan negara

    BalasHapus
  37. NAMA:ARI DWI PRAMIANTORO
    KELAS:BK/ 3A
    NPM:09121044


    1.untuk mewarganegarakan warganya agar sadar hak dan kewajibannya sebagai warga negara
    2. Sila 1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    Contoh konkritnya : adanya rasa saling menghormati antar mahasiswa yang berbeda agama dan tidak memaksakan kehendak mahasiswa lain yang berbeda agama untuk mengikuti ajaran agama yang kita yakini. Setiap orang memiliki hak untuk memilih agamanya yang dia yakini.
    Sila 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    Contoh konkritnya : Seorang ketua kelas tidak semena-mena dalam menggunakan kekuasaanya tapi dia harus bisa menyelaraskan antara jabatanya sebagai ketua kelas dan sebagai mahasiswa.
    Sila 3. Persatuan indonesia
    Contoh konkritnya : Antar mahasiswa tentu pastilah memiliki perbedaan dari segi SARA. Tapi dari perbedaan itu adanya saling menghormati,saling bekerjasama sehingga tidak memandang perbedaan tersebut sebagai perpecahan tapi menggangap itu bagian dari keanekargaman Indonesia yang perlu di satukan.
    Sila 4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat bagi permusyawaratan perwakilan
    Contoh konkrit : Dalam menentukan suatu keputusan yang berkaitan dengan kelas di adakan suatu musyawarah untuk mencari hasil mufakat dari kelas tersebut.
    Sila 5. Keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.
    Contoh konkrit : Adanya hak dan kewajiban yang sama bagi seluruh mahasiwa dalam memakai berbagai failitas yang disediakan oleh kampus dalam menunjang perkulihan
    3. kasus kewarganegaraan manohara: Manohara memiliki kewarganegaraan ganda selain dia sebagai warga negara indonesia dia juga kewarganegaraan AS dari ayah biologisnya. Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan AS karena indonesia & AS menganut asas yang sama yaitu asas ius sanguinis. meskipun manohara menikah di luar negeri tetapi dia telah mengikuti prosdur yang berlaku di indonesia dan manohara juga sudah memilih menjadi WNI.

    4.Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai melemahnya hukum yang ada di Indonesia dan pengalaman sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia dan tegakkan hukum yang telah berlaku di indonesia tanpa memandang bulu.

    5. Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    setiap WNI mendapat hak dan kewajiban yang sama yaitu: bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa kecuali,tiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak,tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam pembelaan negara,tiap warga negara bebas memeluk agamanya masing-masing sesuai dengan kehendaknya,tiap warga ngara bebas mngeluarkan pendapatnya,tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan,setiap warga ngara berhak mendapatkan pendidikan dan negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara juga pemerintah mmajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa,negara memajukan kebudayaan nasional indonesia ditengah peradaban dunia dan negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional,perekonomian sosial dan kesejahteraan sosial,pelayanan kesehatan yang layak dan jaminan sosial bagi seluruh rakyat.

    BalasHapus
  38. NAMA: CRISTIN FITRI ASTUTI
    KLS : BK 3A
    NPM : 09121056

    JAWABAN
    1. tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah Pendidikan Kewarganegaraan pada dasarnya mengajarkan kita dan memberi masukan yang positif dari segi ilmu pengetahuan. Di mana kita dapat mempelajari berbagai hal mulai dari suatu individu hingga negara itu sendiri dan status-status lainnya. pendidikan Kewarganegaraan dapat memberikan kita gambaran tentang cita-cita, harapan, dan lainnya yang kesemuanya tidak hanya kita lihat dari satu sudut, tetapi dari segi yang berbeda dan pandangan serta pendapat yang berbeda pula. Oleh karena itu perlu adanya pendidikan kewarganegaraaan mulai usia dini, sehingga kita dapat benar-benar tahu tentang arti dan pentingnya apa yang ada di sekitar kita saat ini, esok, dan masa depan.

    2.pancasila adalah dasar NKRI karena Pancasila merupakan alat pemersatu,untuk mempersatukan bangsa Indonesia ini dari berbagai latar belakang suku,etnik ras,budaya dan antar golongan. Pancasila juga merupakan satu-satunya, pandangan hidup yang harus di anut oleh seluruh warga negara indonesia.
    Contoh konkrit: kita sebagai mahasiswa tidak boleh semena-mena menyuruh ketua kelas karena ktua kelas bukan pembantu begitu sebaliknya ketua kelas juga tidak boleh semena-mena kepada kita.

    3.kasus kewarganegaraan manohara: Manohara memiliki kewarganegaraan ganda selain dia sebagai warga negara indonesia dia juga kewarganegaraan AS dari ayah biologisnya. Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan AS karena indonesia & AS menganut asas yang sama yaitu asas ius sanguinis. meskipun manohara menikah di luar negeri tetapi dia telah mengikuti prosdur yang berlaku di indonesia dan manohara juga sudah memilih menjadi WNI.

    BalasHapus
  39. NAMA: CRISTIN FITRI ASTUTI
    KLS : BK 3A
    NPM : 09121056


    4.Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai melemahnya hukum yang ada di Indonesia dan pengalaman sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia dan tegakkan hukum yang telah berlaku di indonesia tanpa memandang bulu.

    5. Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    setiap WNI mendapat hak dan kewajiban yang sama yaitu: bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa kecuali,tiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak,tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam pembelaan negara,tiap warga negara bebas memeluk agamanya masing-masing sesuai dengan kehendaknya,tiap warga ngara bebas mngeluarkan pendapatnya,tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan,setiap warga ngara berhak mendapatkan pendidikan dan negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara juga pemerintah mmajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa,negara memajukan kebudayaan nasional indonesia ditengah peradaban dunia dan negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional,perekonomian sosial dan kesejahteraan sosial,pelayanan kesehatan yang layak dan jaminan sosial bagi seluruh rakyat.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. NAMA : Anis Febriani
    NPM : 09121038
    KELAS : BK/3A


    JAWABAN :
    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yang saya ketahui adalah untuk memberi pengetahuan dari segi ilmu, dengan hal pengetahuan tersebut semua dapat mengetahui hal-hal tentang negara.
    2. Pancasila sebagai dasar NKRI adalah pancasila merupakan alat untuk mempersatukan bangsa dari berbagai suku, ras, budaya dan antar golongan. Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut oles seluruh warga negara Indonesia. Contoh kita sebagai mahasiswa kita tidak boleh seenaknya terhadap teman kita.
    3. Kasus Manohara kaitannya dengan teori kewarganegaraan adalah Manohara memiliki kewarganegaraan ganda, karena dia sebagai warga negara Indonesia dari Ibu dan Kewarganegaraan Amerika Serikat dari Ayahnya. Manohara bisa di katakan mempunyai kewarganegaraan ganda sebab Indonesia dan AS menganut asas ius sanguinis. Setelah menikah dia bisa memilih menjadi negara yang mana, dan sekarang sudah memilih menjadi warga negara Indonesia.
    4. Pendapat saya tentang terjadinya berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini adalah kurangnya pengertian tentang kode etik negara maupun sila-sila pancasila yang sudah mulai tidak di perdulikan oleh warga negara Indonesia. Solusi/pencegahan: WNI harus mulai mengerti tentang kode etik pancasila, menghindari suap-menyuap, maupun korupsi yang merusak hukum di Indonesia.
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 adalah
    - Mengatur tentang warga negara, penghidupan & pembelaan terhadap negara
    - Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia
    - Mengatur tentang kebebasan untuk memeluk agama/kepercayaan
    - Mengatur tentang kewajiban membela negara, usaha pertahanan dan keamanan rakyat, keanggotaan TNI dan tugasnya, kepolisian dan tugasnya
    - Mengatur tentang hak untuk mendapat pendidikan yang layak
    - Mengatur tentang pengertian perekonomian, pemanfaatan SDA & prinsip perekonomian nasional
    - Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara

    BalasHapus
  42. NAMA :andik purnomo
    KELAS : BK 3A
    NPM :09121030


    Jawaban tugas kewarganegaraan :

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan

    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan bangsa Timur yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan Timur yang mempunyai batasan-batasan dalam berperilaku sehari-hari.
    Contoh : - dalam berteman antar sesama mahasiswa tidak membeda-bedakan perbedaan dalam beragama (mencerminkan sila pertama Pancasila)
    - dalam pemilihan ketua kelas diadakannya musyawarah semua anggota kelas terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mencapai mufakat (mencerminkan sila ke empat Pancasila)

    3.Status kewarganegaraan Manohara tidak harus mengikuti kewarganegaraan suaminya. Undang-undang di Indonesia tidak mengharuskan Manohara untuk mengikuti status warga negara suaminya, walaupun suaminyaadalah pangeran dari Malaisia. Jadi Manohara boleh memilih : mengikuti kewarganegaraan Suaminya atau memilih sebagai WNI. Sehubungan dengan status yang terjadi, sehingga Manohara melarikan diri ke Indonesia, maka secara de facto Manohara telah memilih Indonesia sebagai kewarganegaraannya.

    4.Kerusuhan yang terjadi di Indonesia :
    Pendapat : menurut saya kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini merupakan cermin mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam jiwa bangsa Indonesia sekarang ini, mulai terjadinya krisis keagamaan, persatuan, hormat- menghormati, tenggang rasa, keadilan yang semuanya itu sudah terabaikan. Dimana semuanya ingin mendapatkan keuntungan dan kemenangan diri sendiri.
    Solusi : perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara salah satu contohnya adalah korupsi serta menanamkan kembali nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila kepada seluruh warga Negara Indonesia.
    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat

    BalasHapus
  43. Nama : Devi Mirna Listiana
    Kelas : III A / Bk
    NPM : 09121061



    Jawaban:

    1.Tujuan Pendidikan kewarganegaraan menurut saya adalah untuk mengajarkan kita dari segi ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pendidikan kewarganegaraan kita dapat mempelajari berbagai hal tentang Negara,

    2. Pancasila adalah dasar NKRI

    Pancasila merupakan lima dasar atau patokan bagi Negara Indonesia, pancasila juga merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latar belakang suku, ras, golongan, budaya dan agama, Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus diamalkan oleh semua warga Indonesia.
    Contoh konkrit : dalam suatu organisasi di kampus misalnya dalam HMPS bimbingan dan konseling, seorang ketua tidak boleh semena-mena terhadap anggota lain, dan begitu juga sebaliknya.

    3. Kasus kewarganegaraan MANOHARA
    Manohara memiliki kewarganegaraan ganda karena dia selain berkewarganegaraan Indonesia ( dari ibu ) dia juga berkewarganegaraan AS ( dari ayahnya ). Manohara bias dikatakan berkewarganegaraan As dan juga kewarganegaraan Indonesia karena ke dua negara ini sama-sama menganut asas ius sanguinis ( menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan bukan berdasarkan Negara tempat tinggal. Namun karena dia sekarang sudah menikah, untuk memperoleh kewarganegaraan dia harus memilih salah satu kewarganegaraan yang dia inginkan, dan sekarang dia memilih sebagai warga Indonesia.

    4. Pendapat saya tentang berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia ( kerusuhan di kantor pengadilan negeri Jakarta Selatan.
    Kerusuhan yang terjadi saat ini disebabkan karena melemahnya hokum yang ada di Indonesia, serta kurangnya pengamalan pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga indonesia
    Sebagai upaya mengurangi terjadinya kerusuhan maka sebagai warga Indonesia mulai mengurangi penyuapan, korupsi dan tindakan-tindakan yang bias merusak moral, serta tegakkan hokum di Indonesia.

    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 adalah:
    Warga Indonesia berkedudukan sebagai penghidupan dan pembelaan Negara, menghormati hak asasi manusia, bebas memeluk agama atau kepercayaan, berkewajiban membela Negara, berhak mendapat pendidikan yang layak, Sebagai warga Negara berhak memanfaatkan SDA dan sebagai warga Negara juga wajib melindungi fakir miskin dan anak terlantar.

    BalasHapus
  44. Nama:avindri juan harimbi
    Npm:09121047
    Kelas:3A



    1.TUJUAN DARI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN
    Supaya kita paham dengan baik apa saja yang aturan-aturan,hak-hak,dan kewajiban kita sebagai warga Negara.Memberi hal positif bagi kita dalam hal ilmu pengetahuan tentang berbagai hal di dalam kewarganegaraan.

    2.PANCASILA ADALAH DASAR NKRI
    Pancasila merupakan symbol Negara kita yang mengandung berbagai hal berkaitan tentang bangsa kita.tentang suku,ras,budaya,golongan,dll.yang harus menjadi pandangan hidup bagi seluruh rakyat Indonesia.contohnya kita tidak boleh mengatur semua dengan keiginan kita,kita harus musyawarah dengan yang lain.

    3.KASUS KEWARGANEGARAAN MANOHARA
    Manohara memiliki kewarganegaran ganda karena ayahnya orang AS yang berasas ius sanguinis.dan manohara lahir di Indonesia.tapi sekarang manohara sudah menikah jadi manohara berhak memilih kewarganegaraan yang manohara inginkan.dan manohara memilih Indonesia ,sekaramg manohara menjadi warga Negara Indonesia(WNI)

    4.PENDAPAT SAYA TENTANG KERUSUHAN AKHIR-AKHIR INI YANG MARAK TERJADI
    Semua terjadi karena kurang tegasnya pemerintah dalam mengatasi masalah,tapi tidak menyalahkan 100% terhadap pemerintah masyarakat juga ikut ambil bagian seharusnya kita semua dapat berpikir secara baik bila mau melakukan suatu hal,di pikirkan apa yang akan trrjadi selanjutnya.kita harus menghargai hukum yang ada di Indonesia mengamalkan dengan baik sila-sila dalam pancasila.
    Solusi/pencegahan:jangan ada korupsi&suap dan sebagainya,karena semua itu bisa memperburuk hukum yang ada di Indonesia.

    5.HAK DAN KEWAJIBAN WNI BERDASARKAN UUD 1945
    -mengatur tentang kedudukan warganegara,penghidupan,pembelaan terhadap bangsa.
    -mengatur tentang semua hak asasi manusia
    -mengatur tentang kewajiban membela Negara.usaha pertahanan dan keamanan rakyat keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian indonesiadan tugasnya.susunan dan kedudukan TNI dan kapolri
    -mengatur tentang hak untuk mendapat pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,system pendidikan nasional danperan pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.
    -mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional
    -mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab Negara.

    BalasHapus
  45. Nama : achmad fauzi
    Kelas : BK / 3A
    NPM : 09121017

    Jawaban yugas kewarganegaraan :

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.

    2.Pancasila sebagai dasar NKRI dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenegaraan dan harus berlandaskan pancasila karena pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati setiap warga negara indonesia supaya tercipta kedamaian dan tidak terjadi permasalahan. pancasila juga sebagai ikatan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap silanya. hal ini juga tercantum dalam UUU 1945 dialenia 4.
    contohnya :
    sila 1_ saling menghormati dan memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang beda agama.
    sila 2_ berteman dengan siapapun tanpa memandang status.
    sila 3_ saling membantu apabila teman dalam kesulitan.
    sila 4_ membiasakan bermusyawarah apabila mendapat tugas kelompok.
    sila 5_ mengembangkan sikap adil terhadap sesama dan suka bekerja keras.

    3. kasus manohara
    dalam sistem kewarganegaraan indonesia, orang yang masih berumur dibawah 17tahun belum bisa menentukan kewarganegaraan. manohara lahir diIndonesia dan memiliki kewarganegaraan indonesia.ayahnya orang perancis tapi kewarganegaraan Amerika, jadi manohara memiliki kewarganegaraan ganda. tapi sekarang manohara sudah menikah jadi manohara berhak memilih dan menentukan kewarganegaraan. entah ikut suaminya atau tetap berkewarganegaraan indonesia.

    4. Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sitem hukum dan keamanan di Indonesia. banyak terjadi korupsi,penyuapan, bahkan pelakunya adalah hakim yang sharusnya memberikan keadilan. segala bentuk kerusuhan telah menyebar luas dari sabang-merauke. lemahnya sistem keamanan sehingga tidak dapat menghentikan segala tindakan tersebut.
    @solusi : memberantas segala bentuk KKN, menhukum hakim yang menciptakan ketidak adilan, menindak lanjuti dengan serius segala kerusuhan sesuai norma yang berlaku.

    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus
  46. Nama : Deni Mardiana
    kelas : BK / 3A
    NPM : 0912059


    1. Tujuan dari pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menjadikan warga negara yang baik, berbudi pekerti dan mampu mendukung bangsa dan negara serta memiliki nilai - nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang dicita - citakan.

    2. Karena Pancasila merupankan landasan, batang tubuh dari segala hukum persatuan negara Indonesia yang mana setiap sila nya wajib diamalkan bagi seluruh warga Indonesia. Contoh * apabila ada yang berlainan agama di dalam kelas kita harus bertoleransi, menghormati, memberi kesempatan untuk menjalankan ibadah. * dalam adanya rapat kelas antara ketua dan yang lain saling menghargai pendapat, dan tidak semena - mena atas jabatan yang dimiliki.

    3. Kasus Manohara
    Menurut pendapat saya Manohara yang memiliki kewarganegaraan ganda yaitu Amerika dari ayahnya dan Indonesia dari Ibundanya. bila seorang yang memiliki kewarganegaran ganda ia berhak memilih satu menjadi warga negara yang mana bila ia sudah berusia 18 tahun dan menikah, karena adanya perselisihan dengan suaminya Malaysia ia melarikan diri dan meminta perlindungan hukum dari Indonesia, akan tetapi ia harus mengurus pendaftaran sebagai kewarganegaraan indonesia bila meminta perlindungan.

    4. Kerusuhan di Indonesia.
    Indonesia merupakan negara demokrasi dan negara hukum, negara yang berasaskan dari rakyat untuk rakyat, aspirasi rakyat ditanggung jawabkan oleh dewan perwakilan rakyat, bila aspirasi serta hak - hak rakyat merasa tidak terpenuhi tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusuhan, meskipun Indonesia merupakan negara hukum tetapi tidak jarang hukum ditegakkan dengan adil, KKN, menjadi budaya di Indonesia yang sangat merugkan bangsa, Dasar Negara Pancasila sudah Tidak lagi ada dalam kehidupan Warga Indonesia

    5 Hak dan Kewajiban WNI sesuai UUD 1945
    Hak :
    - bebas memilih agama dan Menjalankan Ibadah sesuai dengan keyakinan nya
    - mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak
    - bebas berserikat dan mengeluarkan pendapat
    - Memperoleh pengajaran
    - Mendapatkan perlindungan Hukum
    - Mendapatkan status Warga Negara
    - Memperoleh kesempatan yang sama
    Kewajiban :
    - mempertahankan keamanan
    - Menjujung tinggi hukum pemerintah
    - Membela Negara
    Nama : Anik Setyowati
    Kelas : BK / 3A
    NPM : 09121037

    Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah menjadikan warga Negara yang baik yang mapu mendukung bangsa dan Negara dan memiliki nilai – nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang di cita – citakan.

    Karena pancasila merupkan dasar persatuan Negara Indonesia yang dimana setiap silanya harus diamalkan seluruh warga Indonesia

    Menurut saya kasus kewarganegaraan manohara lahir dan dibesarkan di Indonesia maka kemungkinan besar dia memiliki kewarganegaraan Indonesia , akan tetapi ayah manohara berkewarganegaraan Amerika serikat, sehingga manohara memiliki 2 kewarganegaraan berbeda.

    Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai melemahnya hukum yang ada di Indonesia dan pengalaman sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia dan tegakkan hukum yang telah berlaku di indonesia tanpa memandang bulu

    Hak :
    a. Hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    b. Hak pembelaan Negara
    c. Hak kemerekaan berkumpul dan berfikir
    d. Hak ikut perhanan Negara
    e. Hak mendapatkan pekerjaan
    f. Hak mendapatkan pengajaran
    g. Hak kekayaan alam
    Kewajiban :
    mempertahankan Negara
    Kewajiban dalam pembelaan Negara
    Wajib menjunjung tinggi hokum pemerintah

    BalasHapus
  47. NAMA : DANANG BUDI SETIAJI
    PRODI : BK 3A
    NPM : 09121057

    1.) Untuk mewarganegarakan warganegarannya agar para warganegaranya bertindak, berperilaku, dan berbuat sesuai dengan prosedur / aturan suatu negara tersebut
    2.) Sila 1, Ketuhanan Yang Maha Esa
    Contoh : Saling menghormati antar mahasiswa yang berbeda agama / keyakinan, misalkan saja ketika ada mahasiswa yang hendak melakukan ibadah sholat mahasiswa yang lain yang berbeda agama memberikan waktu untuk beribadah serta menjaga ketenangan / tidak mengganggu ibadah sholatnya.
    Sila 2, Kemanusiaan yang adil dan beradab
    Contoh : Seorang ketua kelas tidak boleh semena – mena terhadap mahasiswa lain. Selain itu seorang dosen juga memandang dan memperlakukan sama terhadap para mahasiswanya tanpa membedakan dia seorang ketua kelas atau bukan.
    Sila 3, Persatuan indonesia
    Contoh : Di dalam kampus memang terdapat banyak siswa yang berbeda baik itu dari segi Suku, Agama, dan Ras / keturunan. Akan tetapi tetap terjalin kerukunan dan kerja sama yang baik antar mahasiswa tersebut tanpa mengejek, bermusuhan, dan mempermasalahkan perbedaan tersebut.
    Sila 4, Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
    Contoh : Di dalam menentukan penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan kelas, atau bahkan dari hal terkecil misalkan saja pembagian kelompok. Ketua kelas tidak lasung mengambil satu keputusan secara sepihak melainkan dengan musyawarah dengan semua mahasiswa di kelas tersebut.
    Sila 5, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
    Contoh : Mahasiswa tiap-tiap jurusan berhak memperoleh pelajaran kewarganegaraan yang sama.
    3.) Manohara memiliki kewarganegaraan ganda selain dia sebagai warga negara indonesia dia juga kewarganegaraan AS berdasarkan dari ayah biologisnya. Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan AS karena indonesia & AS menganut asas yang sama yaitu asas ius sanguinis. meskipun manohara menikah di luar negeri tetapi dia telah mengikuti prosedur yang berlaku di indonesia dan manohara juga sudah memilih menjadi WNI.

    4.)Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia ada 2 faktor : 1.) dari segi kewarganegaraan : Lemahnya hukum yang ada di Indonesia dan pengamalan sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. 2.) dari segi agama : Lemahnya keimanan pada diri orang itu sendiri serta hilangnya rasa kasih sayang antar sesama manusia.
    Solusi dari peristiwa ini menurut saya adalah kita hindari segala bentuk penyuapan, menegakkan hukum yang telah berlaku di indonesia secara tegas tanpa kecuali, mengamalkan isi-isi pancasila, serta tentu saja kembali kepada diri masing – masing untuk memperkuat keimanan dan menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama.

    5.) Hak dan Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    setiap WNI mendapat hak dan kewajiban yang sama yaitu: bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa kecuali,tiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak,tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam pembelaan negara,tiap warga negara bebas memeluk agamanya masing-masing sesuai dengan kehendaknya,tiap warga ngara bebas mngeluarkan pendapatnya,tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan,setiap warga ngara berhak mendapatkan pendidikan dan negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara juga pemerintah mmajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa,negara memajukan kebudayaan nasional indonesia ditengah peradaban dunia dan negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional,perekonomian sosial dan kesejahteraan sosial,pelayanan kesehatan yang layak dan jaminan sosial bagi seluruh rakyat.

    BalasHapus
  48. Nama :Anik Febriana
    Kelas :BK IIIA
    NPM :09121035

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah mewujudkan warga negara sadar membela negara berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.serta. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan dengan barlandaskan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

    2.Pancasila sebagai dasar NKRI dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenegaraan dan kehidupan sehari-hari harus berlandaskan pancasila karena pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati setiap warga negara indonesia supaya tercipta ketentraman dan tidak terjadi kerusuhan . pancasila juga sebagai ikatan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap silanya. hal ini juga tercantum dalam UUU 1945 dialenia 4.
    contohnya :
    sila 1 : memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang beda agama.
    sila 2 : saling tolong menolong dengan teman jika mengalami kesulitan.
    sila 3 : dalam berteman tidak membedakan suku,ras atau agama
    sila 4 : membiasakan bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah untuk mufakat
    sila 5 : di Negara Indonesia harus menjunjung tinggi nilai hukum,siapa yang salah harus mendapatkan hukuman sesuai dengan hokum yang berlaku tidak membedakan kaya,miskin atau pejabat sekaligus.

    3.Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.

    4. Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sistem pemerintahan di Indonesia,.serta lemahnya iman dari bangsa Indonesia dan mudah diprovokatori oleh orang lain. Maraknya korupsi dikalangan pejabat Negara.
    SOLUSI: memberantas segala bentuk KKN, menghukum hakim yang menciptakan ketidak adilan, menindak lanjuti dengan serius segala kerusuhan sesuai norma yang berlaku sesuai undang-undang dan pancasila.tegasnya polisi terhadap orang yangmelanggar hukum

    5. Hak warga negara :
    1. setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    2. setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    3. setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    4. setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    5. setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    6. setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    1. wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    2. wajib membayar pajak.
    3. wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    4. wajib taat dan tuntuk hukum.
    5. wajib turut dalam pembangunan.
    6. mendukung jalannya pemerintahan Indonesia.

    BalasHapus
  49. Nama : Deni Mardiana
    kelas : BK / 3A
    NPM : 0912059


    1. Tujuan dari pendidikan Kewarganegaraan adalah untuk menjadikan warga negara yang baik, berbudi pekerti dan mampu mendukung bangsa dan negara serta memiliki nilai - nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang dicita - citakan.

    2. Karena Pancasila merupankan landasan, batang tubuh dari segala hukum persatuan negara Indonesia yang mana setiap sila nya wajib diamalkan bagi seluruh warga Indonesia. Contoh * apabila ada yang berlainan agama di dalam kelas kita harus bertoleransi, menghormati, memberi kesempatan untuk menjalankan ibadah. * dalam adanya rapat kelas antara ketua dan yang lain saling menghargai pendapat, dan tidak semena - mena atas jabatan yang dimiliki.

    3. Kasus Manohara
    Menurut pendapat saya Manohara yang memiliki kewarganegaraan ganda yaitu Amerika dari ayahnya dan Indonesia dari Ibundanya. bila seorang yang memiliki kewarganegaran ganda ia berhak memilih satu menjadi warga negara yang mana bila ia sudah berusia 18 tahun dan menikah, karena adanya perselisihan dengan suaminya Malaysia ia melarikan diri dan meminta perlindungan hukum dari Indonesia, akan tetapi ia harus mengurus pendaftaran sebagai kewarganegaraan indonesia bila meminta perlindungan.

    4. Kerusuhan di Indonesia.
    Indonesia merupakan negara demokrasi dan negara hukum, negara yang berasaskan dari rakyat untuk rakyat, aspirasi rakyat ditanggung jawabkan oleh dewan perwakilan rakyat, bila aspirasi serta hak - hak rakyat merasa tidak terpenuhi tidak menutup kemungkinan terjadinya kerusuhan, meskipun Indonesia merupakan negara hukum tetapi tidak jarang hukum ditegakkan dengan adil, KKN, menjadi budaya di Indonesia yang sangat merugkan bangsa, Dasar Negara Pancasila sudah Tidak lagi ada dalam kehidupan Warga Indonesia

    5 Hak dan Kewajiban WNI sesuai UUD 1945
    Hak :
    - bebas memilih agama dan Menjalankan Ibadah sesuai dengan keyakinan nya
    - mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak
    - bebas berserikat dan mengeluarkan pendapat
    - Memperoleh pengajaran
    - Mendapatkan perlindungan Hukum
    - Mendapatkan status Warga Negara
    - Memperoleh kesempatan yang sama
    Kewajiban :
    - mempertahankan keamanan
    - Menjujung tinggi hukum pemerintah
    - Membela Negara
    Nama : Anik Setyowati
    Kelas : BK / 3A
    NPM : 09121037

    Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah menjadikan warga Negara yang baik yang mapu mendukung bangsa dan Negara dan memiliki nilai – nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang di cita – citakan.

    Karena pancasila merupkan dasar persatuan Negara Indonesia yang dimana setiap silanya harus diamalkan seluruh warga Indonesia

    Menurut saya kasus kewarganegaraan manohara lahir dan dibesarkan di Indonesia maka kemungkinan besar dia memiliki kewarganegaraan Indonesia , akan tetapi ayah manohara berkewarganegaraan Amerika serikat, sehingga manohara memiliki 2 kewarganegaraan berbeda.

    Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai melemahnya hukum yang ada di Indonesia dan pengalaman sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia dan tegakkan hukum yang telah berlaku di indonesia tanpa memandang bulu

    Hak :
    a. Hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    b. Hak pembelaan Negara
    c. Hak kemerekaan berkumpul dan berfikir
    d. Hak ikut perhanan Negara
    e. Hak mendapatkan pekerjaan
    f. Hak mendapatkan pengajaran
    g. Hak kekayaan alam
    Kewajiban :
    mempertahankan Negara
    Kewajiban dalam pembelaan Negara
    Wajib menjunjung tinggi hokum pemerintah

    BalasHapus
  50. NAMA:CHRISTYEVI DWI BUANA KARTIKA S
    KELAS: III A / BK
    NPM: 09121054


    1.Tujuan Pendidikan Pancasila menurut saya adalah mengajarkan dan memberi masukan yang positif dari segi ilmu pengetahuan pada kita. Sehingga kita dapat mempelajari berbagai hal mulai dari suatu individu hingga negara itu sendiri dan status lainnya. pendidikan Kewarganegaraan dapat memberikan kita gambaran tentang cita-cita, harapan, dan lainnya yang kesemuanya tidak hanya kita lihat dari satu sudut, tetapi dari segi yang berbeda dan pandangan serta pendapat yang berbeda pula. Oleh karena itu perlu adanya pendidikan kewarganegaraaan mulai usia dini, sehingga kita dapat benar-benar tahu tentang arti dan pentingnya apa yang ada di sekitar kita saat ini, esok, dan masa depan.

    2.Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan WNI karena pancasila merupakan salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia yang memang dikenal sebagai Negara yang majemuk. Memiliki macam-macam suku, ras, agama, etnik, dan budaya.
    Contoh : antara pengurus kelas hendaknya saling menghargai dan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pengurus kelas dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan tidak saling menjatuhkan.
    3.Kasusu kewarga negaraan Manohara menurut saya Manohara memiliki kewarganegaraan ganda selain dia sebagai warga negara indonesia dia juga kewarganegaraan AS dari ayah biologisnya. Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan AS karena indonesia & AS menganut asas yang sama yaitu asas ius sanguinis. meskipun manohara menikah di luar negeri tetapi dia telah mengikuti prosdur yang berlaku di indonesia dan manohara juga sudah memilih menjadi WNI.
    4.Menurut pendapat saya masalah kerusuhan yang terjadi di depan Pengadilan Negeri Jakarta selatan terjadi karena melemahnya hukum di Indonesia. Selain itu kebebasan pers di Indonesia terkesan bebas sebebas bebasnya atau dengan kata lain disebut tanpa batas. Masyarakat bebas mengutarakan pendapatnya dan melakukan tindakan yang mereka mau sesuai dengan tanpa batas. Seharusnya antara pemerintah dan masyarakat saling terbuka dan membuat suatu wadah kegiatan yang dapat menampung pendapat dan dapat menyelesaikan masalah – masalah yang ada. Agar dapat mengurangi kesalah pahaman antara negara dengan pemerintah.
    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 adalah setiap WNI mendapat hak dan kewajiban yang sama yaitu: bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan tanpa kecuali,tiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak,tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam pembelaan negara,tiap warga negara bebas memeluk agamanya masing-masing sesuai dengan kehendaknya,tiap warga ngara bebas mngeluarkan pendapatnya,tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan,setiap warga ngara berhak mendapatkan pendidikan dan negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja negara juga pemerintah mmajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa,negara memajukan kebudayaan nasional indonesia ditengah peradaban dunia dan negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional,perekonomian sosial dan kesejahteraan sosial,pelayanan kesehatan yang layak dan jaminan sosial bagi seluruh rakyat.

    BalasHapus
  51. Nama : citra novalentin
    Kelas/Prodi : III A /BK
    NPM : 09121055

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan : untuk memberikan pengetahuan, pengertian dan pendidikan bagi warga Negara bagaimana menjadi warga Negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan Negara serta mengetahui hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipertanggung jawabkan sebagai warga Negara yang baik.
    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan bangsa Timur yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan Timur yang mempunyai batasan-batasan dalam berperilaku sehari-hari.
    Contoh : - dalam berteman antar sesama mahasiswa tidak membeda-bedakan perbedaan dalam beragama (mencerminkan sila pertama Pancasila)
    - dalam pemilihan ketua kelas diadakannya musyawarah semua anggota kelas terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mencapai mufakat (mencerminkan sila ke empat Pancasila)
    3. Kasus kewarganegaraan MANOHARA
    Manohara memiliki kewarganegaraan ganda karena dia selain berkewarganegaraan Indonesia ( dari ibu ) dia juga berkewarganegaraan AS ( dari ayahnya ). Manohara bias dikatakan berkewarganegaraan As dan juga kewarganegaraan Indonesia karena ke dua negara ini sama-sama menganut asas ius sanguinis ( menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan bukan berdasarkan Negara tempat tinggal. Namun karena dia sekarang sudah menikah, untuk memperoleh kewarganegaraan dia harus memilih salah satu kewarganegaraan yang dia inginkan.
    4.*Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya kesadaran warga dan lemahnya hukum di Indonesia,yang mana kejadian tersebut dibiarkan berlarut-larut sehingga memakan korban yang banyak.

    *Solusi :dari permasalaha tersebut adalah pemerintah harus menegakkan hukum dan memberikan sangsi yang tegas untuk mereka yang melanggar hukum yang mengakibatkan kerusakan dan merugikan negara kita.dengan adanya kejujuran dan kerjasama yang baik serta sistem pemerintahan yang teratur ,maka kesejahteraan bangsa Indonesia akan terwujud.

    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    *Hak WNI berdasarkan UUD 1945
    -hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -hak kemerdekaan berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan
    -hak warga negara yang berhubungan dengan HAM
    -hak untuk memeluk suatu agama
    -hak untuk memperoleh pendidikan

    *Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    -wajib menaati hukum dan pemerintahan
    -wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara
    -wajib menghormati hak asasi manusia
    -wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang
    -wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

    BalasHapus
  52. Nama :Bety Kurniasari Sanjaya
    Kelas/Prodi : III A /BK
    NPM : 09121051



    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan menurut saya adalah menjadikan WNI sebagai warga Negara yang berpengaruh oleh kondisi politik Negara/Indonesia.
    2.Pncasila adalah dasar NKRI.Dan kita sebagai WNI harus mengoptimalkan Pancasila.Dengan pancasila WNI bias membatasi perilaku dalam kehidupan sehingga tercipta NKRI.
    CONTOH:Beberapa haro yang lalu Resimen mahasiswa IKIP PGRI MADIUN mengadakan kegiatan donor darah.Kegiatan tersebut bertujuan membantu saudara kita yang sedang sakit kekurangan darah.Sedangkan saat ini kondisi PMI kota Madiun kehabisan stock darah,maka kita sebagai WNI yang baik harus bersukarela mendonorkan darah.
    3.Menurut saya status kewarganegaraan artis Manohara terbilang ganda yaitu berkewarganegaraan Indonesia dan Belanda.Tetapi terkait dengan teori kewarganegaraan Manohara berupaya berkewarganegaraan Indonesia karena dalam kasusnya beberapa bulan lalu di Kesultanan Kelantan,dia berusaha untuk meminta tolong kepada Laskar Merah Putih dan kembali ke Indonesia.
    4.Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sitem hukum dan keamanan di Indonesia. banyak terjadi korupsi,penyuapan, bahkan pelakunya adalah hakim yang sharusnya memberikan keadilan.
    - solusi : memberantas segala bentuk korupsi, menghukum hakim yang tidak adil
    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    -setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    -setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    -setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    -setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    -setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  53. ama : Anik Setyowati
    Kelas : BK / 3A
    NPM : 09121037

    1Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah menjadikan warga Negara yang baik yang mapu mendukung bangsa dan Negara dan memiliki nilai – nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang di cita – citakan.

    2.Karena pancasila merupkan dasar persatuan Negara Indonesia yang dimana setiap silanya harus diamalkan seluruh warga Indonesia

    3.Menurut saya kasus kewarganegaraan manohara lahir dan dibesarkan di Indonesia maka kemungkinan besar dia memiliki kewarganegaraan Indonesia , akan tetapi ayah manohara berkewarganegaraan Amerika serikat, sehingga manohara memiliki 2 kewarganegaraan berbeda.

    4.Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai melemahnya hukum yang ada di Indonesia dan pengalaman sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia dan tegakkan hukum yang telah berlaku di indonesia tanpa memandang bulu

    5.Hak :
    a. Hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
    b. Hak pembelaan Negara
    c. Hak kemerekaan berkumpul dan berfikir
    d. Hak ikut perhanan Negara
    e. Hak mendapatkan pekerjaan
    f. Hak mendapatkan pengajaran
    g. Hak kekayaan alam
    Kewajiban :
    mempertahankan Negara
    Kewajiban dalam pembelaan Negara
    Wajib menjunjung tinggi hokum pemerintah

    BalasHapus
  54. NAMA : DEWI FITRI ANI
    KELAS : IIIA
    NPM : 09121062

    1.Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah bagaimana menjadikan warga Negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan Negara. Selain itu, dengan mempelajari pendidikan kewarganegaraan diharapkan dapat mencrtak generasi-generasi penerus bangsa yang sadar nilai dan sadar moral serta taat pada peraturan perundang-undangan sebagai warga Negara Indonesia yang baik,yang patuh pada hukum yang berlaku.
    2.Sebagai mahasiswa, kita harus menjunjung tinggi nilai dan moral yang terkandung didalam Pancasila yang merupakan cirri khas bangsa Indonesia dan mencerminkan pribadi luhur bangsa. Di manapun kita berada kita harus selalu menjaga nama baik bangsa dan berusaha keras meningkatkan prestasi belajar agar bias mengharumkan nama bangsa Indonesia. Kita juga harus mempererat tali persaudaraan antar sesame dan menjaga persatuan dan kesatuan antar mahasiswa khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
    3.Menurut saya, kasus kewarganegaraan Manohara adalah Indonesia. Hal ini dapat saya buktikan dengan melihat dari sisi perkawinan yang mencakup asas kesatuan hukum dan asas persamaan derajat. Dalam asas persamaan derajat, yakni suatu perkawinan tidak akan menyebabkan perubahan status kewarganegaraan masing-masing pihak. Jadi,bisa disimpulkan bahwa Manohara tetap sah status kewarganegaraannya sebagai warga Negara Indonesia meskipun manohara menikah dengan orang berkewarganegaraan asing sekalipun.
    4.Menurut pendapat saya, banyak terjadi kerusuhan di Indonesia karena adanya penyalahgunaan pengertian demokrasi di masyarakat awam serta nilai-nilai pancasila tidak dimengerti secara baik sehingga mereka tidak dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, tidak terjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat karena adanya kesan sikap tertutup para wakil-wakil rakyat yang menyebabkan aspirasi mereka tidak tersalurkan dengan sebagaimana mestinya.
    Solusi : a)memberikan pengarahan makna demokrasi kepada masyarakat luas b)menjalin komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat c)memberikan arahan kepada para wakil rakyat agar bersikap terbuka kepada masyarakat agar aspirasi masyarakat tersalurkan dengan baik.
    5.Hak : 1)hak kebebasan beragama dan beribadah sesuai dengan kepercayaannya 2)hak atas pengakuan 3)bebas berserikat berkumpul (ps.28E) 4)hak mendapat jaminan hukum 5)hak mendapat perlindungan 6)hak mendapat kepastian hukum yang adil 7)hak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja 8)hak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan 9)hak atas status kewarganegaraan (ps.28F)

    BalasHapus
  55. Nama :devi kumala sari
    NPM :0912060
    Kelas :3 A

    1 .tujuan kewarganegaraan adalah untuk memberikan pengetahuan,pengertian,pendidikan kewarga negaraan dan kemampuan dasar sebagaimana menjadi warga negara yang baik dan benar.dan mampu memberikan hak dan kewajiban serta tanggung jawab sebagai warga negara.contoh:membela tanah air dan mencintai tanah air.
    2. Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari serta norma-norma yang terkandung dan hidup dalam diri manusia Indonesia,
    Contoh pada Sila Pertama (ketuhanan yang Maha esa)
    bahwa setiap manusia Indonesia harus Percaya akan adanya TUHAN, dengan adanya kepercayaan itu ia harus mengamalkan apa yang menjadi kepercayaannya itu.
    -di dalam teman tidak boleh membeda-bedakan antara agama satu dengan lainnya.
    3: menurut saya berdasarkan kasus manohara bila dikaitkan dengan teori kewarga negaraan ini adalah Manohara memiliki kewarganegaraan ganda, manohara menikah dengan WNA yakni orang berkebangsaan Malaysia .dimana manohara sedang berusia di bawah usia17 tahun.mereka belum bisa di katakan Manohara telah resmi menjadi warga negara Malaysia sejak ia menikah dengan Pangeran Kelantan, Tengku Fakhry..Mano memang memiliki dua kewarganegaraan. Satu Indonesia, yang satu lagi warga negara Amerika. Bukan Malaysia.jadi menurut saya mano dapat dikatakan bahwa dalam kaedaan ini Manohara telah melanggara hukum karena negara indonesia bukanlah negara yang menganut kewarganegaraan ganda.
    4: tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya kesadaran warga dan lemahnya hukum di Indonesia sekarang ini.dan indonesia terjadi kerusuhan di akibatkan kurang persaudaraan dan gotong royong,rasa kebersamaan,rasa peduli, sesama manusia.dan akhirnya terjadi salah fahaman dan terjadi kerusuhan di mana-mana.Solusinya: perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara salah satu contohnya adalah korupsi
    5: hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945!
    1.Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    2.Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    3.Setiap warga negara memilik kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    4.Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    5.Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    6.Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    7.Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku

    BalasHapus
  56. nama:devikumala sari
    kelas 3A (09121060)
    1:tujuan kewarga negaraan adalah untuk memberikan pengertian,pengarahan,pendidikan kewarganegaraan menjadi warga ngara yang baik dan benar dan mampu memberikan tanggung jawab serta hak dan kewajiban.conth:membela tanah air
    2:pancasila adalah negara WNI yang harus di amalkan WNI.karena di dalam pancasila mengandung nilai-nilai luhur dan dapat enjadi pedoman kehidupan sehar-hari.con:bhawa manusia harus percaya adanya tuhan YME,di dalam teman tidak boleh membeda-bedakan agama
    3:menurut saya bila di kaitkan dengan kasus manohara dengan teori kewarga negaraan manohara memiliki warga negara ganda.mano menikah dengan orang warga malaysia.mano usia dibawah 17 thn.mano blum di katakn resmi menjadi warga negara malaysia.mano memiliki 2 negar indonesia dan amerika.mano telah melanggr hukum karena negara indonesia bukan menganut negara ganda.
    4:kerusuhan di indonesia karena kurangnya kesadaran warga serta rasa gotong royong dan kebersamaan dan rasa peduli.solusi aparat harus segera kerja sama paada penegak hukum.
    5:hak dan kewajiban WNA UUD 1945
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan hukum
    -setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan kehidupan layak
    -setiap warga negara berhak untuk memilih dan menjalankan ibadah
    -setiap warga negara berhak memiliki hukum
    -setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan

    BalasHapus
  57. Nama : ATIN MIKE T
    Kelas : BK / 3A
    NPM : 09121046


    1.Utuk membekali peseta didik dengan pengetahuan dan kemampuan hubungan anatara warga Negara yanag dapat dihandalkan oleh Negara Indonesia, menjadi warga Negara yang memiliki daya saing, disiplin dan ikut membangun Negara Indonesia.

    2. Karena pancasila merupakan filsafat hidup (pandangan hidup) Bangsa Indonesia karena didalamnya terdapat sumber kaidah hokum yang mengatur Negara Replubik Indonesia beserta seluruh unsur-unsurnya, yaitu: rakyat, wilayah, dan pemerintah.
    Contoh : Bekerja sama dan saling membantu untuk mengerjakn tugas kelompok, supaya mendapat hasil yang baik.

    3.Status kewarganegaraan Manohara bias dibilang ganda, Indonnesia dan Amerika. Di Indonesia status itu belum diakui dan akan gugur dengan sendirinya.

    4.Disini kita bias langsong menyalahkan pemeritah atau mahasiswa / orang yang melakukan demo. Jika semua pihak bisa menyadari akan yang telah mereka lakukan dan apakah sudah baik / tidak merugikan diri sendiri atau pihak lain pastilah tidak akan terjadi hal seperti itu. Hal apapun yang dilakukan untuk menghentikan itu semua tidak akn berhasil, yang harus pertama dirubah ialah SDMnya itu sendiri, jika SDM sudah terwujud dengan baik, pasti akan terwujud sistem pembangunan yang sempurna.

    5.Hak dan Kewajiban Warga Negara.
    A.Hak
    1.Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
    2.Berhak mendapatkan pendidikan.
    3.Memeluk agama dan kepercayaan masing-masing.
    4.Berhak mengeluarkan pendapat.
    B.Kewajiban
    1.Segala warga bersama kedudukannya didalam hokum dan pemeritahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
    2.Ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.

    BalasHapus
  58. Nama : Novitasari Suharningtyas
    Kelas : BK/3A
    NPM : 09121169

    1.Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan pendidikan agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara selain itu agar mahasiswa memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang bertanggung jawab.
    2.Pancasila adalah ideologi nasional bangsa kita, dan dasar Negara Republik Indonesia. Pancasila juga masih tercantum di pembukaan UUD ’45 yang berlaku saat ini yang berarti masih menjadi dasar bangsa Indonesia dalam menjalankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Contoh:
    -Menghormati teman yang berbeda agama dan tidak membeda-bedakan teman.
    -Saya yang beragama islam, menjalankan ibadah dan syariat islam yang merupakan suatu kewajiban bagi saya.
    -Saling membantu stu sama lain .
    3.Kasus Manohara :
    Manohara bisa dikatakan memiliki kewarganegaraan ganda, itu dikarenakan org tua Manohara yang berkewarganegaraan Indonesia dan Amerika. Akan tetapi di usia Manohara yang ke 18 tahun (masa dewasa awal ) Manohara dapat menentukan kewarganegaraan yang dipilih.
    4.Kerusuhan yang ada di Indonesia ini terjadi karena kurangnya rasa saling menghargai,kebersamaan, dan persaudaraan antar warga. Mereka selalu mementingkan ego dan melampiaskan amarah mereka tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi dengan sikap mereka. Seperti halnya kerusuhan yang terjadi di Jakarta Selatan, kasus yang seharusnya dapat diselesaikan sendiri malah menjadi masalah yang sangat besar dan merugikan pihak lain.
    Solusi :
    Seharusnya pemerintah harus lebih tegas dalam menyikapi kasus-kasus yang ada di Indonesia agar tidak menjadi masalah yang besar dan merugikan pihak lain. Memberikan hukuman sesuai dengan apa yang diperbuat.
    5.a. Hak dan kewajiban dalam bidang politik
    -Pasal 27 ayat (1) : Tiap-tiap warga negara bersama kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
    -Pasal 28 : Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.
    b. Hak dan kewajiban dalam bidang sosial budaya
    - Pasal 31 ayat (1) : Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran
    - Pasal 31 ayat (2) : Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistim pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang
    c. Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam
    - Pasal 30 : Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara
    -Pasal 32 : Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia
    d. Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi
    -Pasal 33 ayat (1) : Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.
    -Pasal 33 ayat (3) : Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat
    -Pasal 34 : Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

    BalasHapus
  59. NAMA :NUR HIDAYATI
    NPM :09321205/III F

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu bagaimana menjadikan warganegara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara yang mengetahui hak serta kewajiban sebagai warganegara sehingga akan terwujut cita- cita bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam pancasila dan UUD 1945.

    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI. Ini karena pancasila merupakan dasar negara yang dimana setiap warga harusn mengamalkannya agar cita- cita bangsa indonesia tercapai, karena setiap individu dapat menjalankan dasar negara. Maka secara otomatis kepribadian bangsa akan baik karena warganya mengamalkan pancasila.
    Contoh : mahasiswa yang baik harus belajar dengan giat dan sungguh- sungguh demi mencapai cita- cita, sehingga dapat berguna bagi bangsa dan negara.

    3. Manohara lahir di Indonesia dan sebagai WNI. tetapi ayah kandungnya berasal dari Amerika Serikat. Karena Manohara telah menikah dengan suaminyayang berkebangsaan Malaysia, maka dia mengikuti suaminya tersebut dan menjadi WN Malaysia. suatu hari Manohara bercerai dari suaminya dan kembali ke Indonesia. Pemerintah indonesia akan mendeportase dia dari indonesia karena belum adanya kejelasan tentang kewarganegaraannya.

    4.Menurut saya berbagai kerusuhan yang terjadi akhir- akhir ini di Indonesia adalah, kerusuhan di depan kantor PN Jaksel yang dimana suatu tindakan anarkis yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia yang berdasarkan pancasila. Kerusuhan tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mudah diprovokasi tanpa harus mengetahuiakar permasalahannya terlebih dahulu. Bangsa ini menjadi pemarah dan hanya mementingkan emosi sesaat tanpa berfikir panjang, apakah keuntungan dari perbuatan tersebut yang ujung- ujungnya hanya merugikan diri sendiri bahkan orang lain yang tidak tahu apa- apa.
    Solusi : Masyarakat harus mementingkan rasa kebersamaan. Ketegasan hukum harus di tingkatkan tanpa memendang status orang yang diadili.

    5. Hak warganegara :
    * Kesamaan kedudukan di dalam hukum dan pemerintahan.
    * Kebebasan memeluk agama serta beribadah sesuai keyakinannya.
    * Kemerdekaan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.
    * Mendapatkan pendidikan.
    Kewajiban Warganegara :
    * Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan negara.
    * Berupaya dalam pembelaan negara.
    * Mengikuti pendidikan dasar yang dibiayai oleh pemerintah.

    BalasHapus
  60. 1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah untuk memposisikan warga negara sesuai dengan posisinya sebagai warga negara dimana mereka mempunyai hak- hak serta kewajiban yang harus diketahui dan di laksanakan dengan baik dalam kehidupannya. Selain itu pendidikan kewarganegaraan juga bertujuan untuk menciptakan warga negara yang mampu berkompetensi, berwawasan luas serta mempunyai rasa nasionalisme guna untuk membela negaranya.

    2. Pancasila sebagai dasar NKRI berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai sumber dari kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan karena di dalam pancasila terdapat nilai- nilai luhur yang dapat digunakan untuk pedoman hidup serta untuk mencapai cita- cita negara sebagaimana tertuang dalam 4 pokok pikiran UUD 1945.
    Contoh :
    # Menghormati adanya perbedaan agama di lingkungan mahasiswa dan memberi kesempatan kepada teman untuk beribadah sesuai agamanya.
    # Belajar tekun untuk menciptakan generasi muda yang pintar dan bertanggung jawab demi kemajuan negara ini.

    3. Manohara terlahir dari seorang ibu berasal dari Indonesia, dan seorang bapak berasal dari Amerika. Manohara adalah seorang WNI. Dia pernah menikah dengan seorang pangeran Klanten Tengku Muhammad Fahri dari Malaysia, sehingga dia menjadi warga negara Malaysia. Namun dia telah bercerai dengan suaminya dan kembali ke Indonesia. Pemerintah Indonesia bukan mendeportase Manohara karena belum mempunyai kewarganegaraan yang jelas. Seharusnya dia segera membuat surat permohonan untuk ketetapan status kewarganegaraannya.

    4. Akhir- akhir ini sering sekali terjadi permasalahan di Indonesia. Misalnya kerusuhan yang terjadi di depan kantor PN Jaksel. Menurut saya kerusuhan tersebut terjadi akibat rendahnya nilai tanggung jawab dari berbagai pihak, yakni rendahnya ketegaan hukum dari aparat hukum yang ada di Indonesia dan rendahnya nilai kebersamaan dari masyarakat Indonesia sendiri sehingga masyarakat mudah sekali terprofokasi tanpa mengetahi duduk permasalahannya terlebih dahulu. Dengan keadaan Indonesia yang demokratis (kebebasan), memicu masyarakat untuk bersikap anarkis. Karena masyarakat kurang memehami arti demokrasi yang sebenarnya.
    Solusi :
    * Ketegaan hukum di Indonesia harus ditingkatkan.
    * Penyuluhan tentang arti demokrasi yang sebenarnya agar tidak menjurus ke hal- hal yang bersifat anarkis.

    5. Hak warga negara :
    - Mempunyai kesamaan kedudukan di hukum dan pemerintahan.
    - Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
    - Kemerdekaan dalam memeluk dan beribadat sesuai agamanya.
    - Kemerdekaan dalam berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya.

    Kewajiban warga negara :
    - Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan.
    - Berupaya dalam pembelaan negara.
    - Mengikuti pendidikan dasar yang di biayai oleh pemerintah.

    BalasHapus
  61. NAMA : HERMIN TRI WULANDARI
    NPM : 09321122
    KELAS : PBI/III F

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah untuk memposisikan warga negara sesuai dengan posisinya sebagai warga negara dimana mereka mempunyai hak- hak serta kewajiban yang harus diketahui dan di laksanakan dengan baik dalam kehidupannya. Selain itu pendidikan kewarganegaraan juga bertujuan untuk menciptakan warga negara yang mampu berkompetensi, berwawasan luas serta mempunyai rasa nasionalisme guna untuk membela negaranya.

    2. Pancasila sebagai dasar NKRI berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai sumber dari kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan karena di dalam pancasila terdapat nilai- nilai luhur yang dapat digunakan untuk pedoman hidup serta untuk mencapai cita- cita negara sebagaimana tertuang dalam 4 pokok pikiran UUD 1945.
    Contoh :
    # Menghormati adanya perbedaan agama di lingkungan mahasiswa dan memberi kesempatan kepada teman untuk beribadah sesuai agamanya.
    # Belajar tekun untuk menciptakan generasi muda yang pintar dan bertanggung jawab demi kemajuan negara ini.

    3. Manohara terlahir dari seorang ibu berasal dari Indonesia, dan seorang bapak berasal dari Amerika. Manohara adalah seorang WNI. Dia pernah menikah dengan seorang pangeran Klanten Tengku Muhammad Fahri dari Malaysia, sehingga dia menjadi warga negara Malaysia. Namun dia telah bercerai dengan suaminya dan kembali ke Indonesia. Pemerintah Indonesia bukan mendeportase Manohara karena belum mempunyai kewarganegaraan yang jelas. Seharusnya dia segera membuat surat permohonan untuk ketetapan status kewarganegaraannya.

    4. Akhir- akhir ini sering sekali terjadi permasalahan di Indonesia. Misalnya kerusuhan yang terjadi di depan kantor PN Jaksel. Menurut saya kerusuhan tersebut terjadi akibat rendahnya nilai tanggung jawab dari berbagai pihak, yakni rendahnya ketegaan hukum dari aparat hukum yang ada di Indonesia dan rendahnya nilai kebersamaan dari masyarakat Indonesia sendiri sehingga masyarakat mudah sekali terprofokasi tanpa mengetahi duduk permasalahannya terlebih dahulu. Dengan keadaan Indonesia yang demokratis (kebebasan), memicu masyarakat untuk bersikap anarkis. Karena masyarakat kurang memehami arti demokrasi yang sebenarnya.
    Solusi :
    * Ketegaan hukum di Indonesia harus ditingkatkan.
    * Penyuluhan tentang arti demokrasi yang sebenarnya agar tidak menjurus ke hal- hal yang bersifat anarkis.

    5. Hak warga negara :
    - Mempunyai kesamaan kedudukan di hukum dan pemerintahan.
    - Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
    - Kemerdekaan dalam memeluk dan beribadat sesuai agamanya.
    - Kemerdekaan dalam berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya.

    Kewajiban warga negara :
    - Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan.
    - Berupaya dalam pembelaan negara.
    - Mengikuti pendidikan dasar yang di biayai oleh pemerintah.

    BalasHapus
  62. NAMA :alek cahyo utomo
    NPM :09121025 /III A

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu bagaimana menjadikan warganegara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara yang mengetahui hak serta kewajiban sebagai warganegara sehingga akan terwujut cita- cita bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam pancasila dan UUD 1945.
    2. Pancasila sebagai dasar NKRI berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai sumber dari kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan karena di dalam pancasila terdapat nilai- nilai luhur yang dapat digunakan untuk pedoman hidup serta untuk mencapai cita- cita negara sebagaimana tertuang dalam 4 pokok pikiran UUD 1945.
    Contoh :
    # Menghormati adanya perbedaan agama di lingkungan mahasiswa dan memberi kesempatan kepada teman untuk beribadah sesuai agamanya.
    # Belajar tekun untuk menciptakan generasi muda yang pintar dan bertanggung jawab demi kemajuan negara ini.
    3. kasus manohara
    dalam sistem kewarganegaraan indonesia, orang yang masih berumur dibawah 17tahun belum bisa menentukan kewarganegaraan. manohara lahir diIndonesia dan memiliki kewarganegaraan indonesia.ayahnya orang perancis tapi kewarganegaraan Amerika, jadi manohara memiliki kewarganegaraan ganda. tapi sekarang manohara sudah menikah jadi manohara berhak memilih dan menentukan kewarganegaraan. entah ikut suaminya atau tetap berkewarganegaraan indonesia.
    4.*Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya dan lemahnya kesadaran hukum yang belum sepenuhnya diterapkan oleh WNI,oleh karena itu sebagian dari mereka sering melanggar hukum,misalnya adanya korupsi dari pihak tertentu yang akan bisa memacu perselisihan dan merugikanWNI sehingga terjadinya kerusuhan,bentrokan karena mereka menuntut keadilan.
    5. KEWAJIBAN WNI
    - Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi : segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
    - Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
    - Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan : Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain
    - Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    HAK WNI
    – Hak warga Negara untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan. Pasal 31.
    – hak Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan Pasal 28.
    – Hak warga negara yang berhubunghan dengan HAM Pasal 28 A s/d Pas al28 J.
    – Hak untuk memeluk suatu agama pasal 29.

    BalasHapus
  63. NAMA:ARGHA FAJAR N.
    NPM :09121043
    KLAS:3A
    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.

    2.Pancasila sebagai dasar NKRI dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenegaraan dan harus berlandaskan pancasila karena pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati setiap warga negara indonesia supaya tercipta kedamaian dan tidak terjadi permasalahan. pancasila juga sebagai ikatan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap silanya. hal ini juga tercantum dalam UUU 1945 dialenia 4.
    contohnya :
    sila 1_ saling menghormati dan memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang beda agama.
    sila 2_ berteman dengan siapapun tanpa memandang status.
    sila 3_ saling membantu apabila teman dalam kesulitan.
    sila 4_ membiasakan bermusyawarah apabila mendapat tugas kelompok.
    sila 5_ mengembangkan sikap adil terhadap sesama dan suka bekerja keras.

    3. kasus manohara
    dalam sistem kewarganegaraan indonesia, orang yang masih berumur dibawah 17tahun belum bisa menentukan kewarganegaraan. manohara lahir diIndonesia dan memiliki kewarganegaraan indonesia.ayahnya orang perancis tapi kewarganegaraan Amerika, jadi manohara memiliki kewarganegaraan ganda. tapi sekarang manohara sudah menikah jadi manohara berhak memilih dan menentukan kewarganegaraan. entah ikut suaminya atau tetap berkewarganegaraan indonesia.

    4. Berbagai tindak kejahatan dan kerusuhan yang akhir-akhir ini terjadi karena lemahnya sitem hukum dan keamanan di Indonesia. banyak terjadi korupsi,penyuapan, bahkan pelakunya adalah hakim yang sharusnya memberikan keadilan. segala bentuk kerusuhan telah menyebar luas dari sabang-merauke. lemahnya sistem keamanan sehingga tidak dapat menghentikan segala tindakan tersebut.
    @solusi : memberantas segala bentuk KKN, menhukum hakim yang menciptakan ketidak adilan, menindak lanjuti dengan serius segala kerusuhan sesuai norma yang berlaku.

    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus
  64. NAMA :alek cahyo utomo
    NPM :09121025 /III A

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu bagaimana menjadikan warganegara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara yang mengetahui hak serta kewajiban sebagai warganegara sehingga akan terwujut cita- cita bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam pancasila dan UUD 1945.
    2. Pancasila sebagai dasar NKRI berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai sumber dari kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan karena di dalam pancasila terdapat nilai- nilai luhur yang dapat digunakan untuk pedoman hidup serta untuk mencapai cita- cita negara sebagaimana tertuang dalam 4 pokok pikiran UUD 1945.
    Contoh :
    # Menghormati adanya perbedaan agama di lingkungan mahasiswa dan memberi kesempatan kepada teman untuk beribadah sesuai agamanya.
    # Belajar tekun untuk menciptakan generasi muda yang pintar dan bertanggung jawab demi kemajuan negara ini.
    3. kasus manohara
    dalam sistem kewarganegaraan indonesia, orang yang masih berumur dibawah 17tahun belum bisa menentukan kewarganegaraan. manohara lahir diIndonesia dan memiliki kewarganegaraan indonesia.ayahnya orang perancis tapi kewarganegaraan Amerika, jadi manohara memiliki kewarganegaraan ganda. tapi sekarang manohara sudah menikah jadi manohara berhak memilih dan menentukan kewarganegaraan. entah ikut suaminya atau tetap berkewarganegaraan indonesia.
    4.*Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya dan lemahnya kesadaran hukum yang belum sepenuhnya diterapkan oleh WNI,oleh karena itu sebagian dari mereka sering melanggar hukum,misalnya adanya korupsi dari pihak tertentu yang akan bisa memacu perselisihan dan merugikanWNI sehingga terjadinya kerusuhan,bentrokan karena mereka menuntut keadilan.
    5. KEWAJIBAN WNI
    - Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi : segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
    - Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
    - Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan : Setiap orang wajib menghormati hak asai manusia orang lain
    - Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.
    HAK WNI
    – Hak warga Negara untuk mendapatkan pengajaran dan pendidikan. Pasal 31.
    – hak Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan Pasal 28.
    – Hak warga negara yang berhubunghan dengan HAM Pasal 28 A s/d Pas al28 J.
    – Hak untuk memeluk suatu agama pasal 29.

    BalasHapus
  65. NAMA;ARGHA FAJAR N.
    NPM ;09121043
    KLAS;3A

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah pada dasarnya bagaimana menjadikan warga Negara yang baik,sehingga mampu mendukung bangsa dan negara .pendidikan kewarganegaraan dirancang dengan pemikiran akademis bahwa yang namanya pendidikan kewarganegaraan harus mengandung nilai-nilai dasar sebagai prasarat kehidupan bersama yang dicita-citakan dan harus menganut pendidikan berbasis nilai,selain itu pemahaman tentang warga Negara,bangsa,Negara,hak&kewajiban warga Negara.

    2.a)Pancasila merupakan dasar NKRI yg harus diamalkan WNI,karena pancasila adalah lima dasar tingkah laku yang baik dan penting,selain itu pancasila mengandung norma-norma dan hidup dalam diri manusia Indonesia yang menjadi nilai dasar budaya bangsa dan kepribadian bangsa.
    b)contoh:
    -dalam Negara kita diberikan kebebasan memeluk agama,apabila ada tetangga atau teman saya yang berbeda agama,saya akan tetap menghormati dan menghargai mereka.(penerapan sila pertama)
    -harus tolong-menolong dan mempunyai sifat tenggang rasa,apabila ada teman yang mendapat musibah.(penerapan sila kedua)

    3.Kasus kewarganegaraan manohara bahwa fakta menyebutkan ternyata manohara memiliki dua kewarganegaraan ganda yaitu WNI dan amerika serikat,mungkin juga WN malaysia apabila manohara tinggal di malaysia bersama suaminya dan UU perkawinan mengaturnya berarti manohara telah melanggar UU kewarganegaraan Indonesia ,karena indonesia tidak menganut duwi kewarganegaraan.Telah dijelaskan dalam pasal 23 UU no.12 thn 2006 tentang kewarganegaraan diatur bahwa apabila seseorang WNI mempunyai paspor dari negara asing yang masih berlaku di Negara lain atas namanya,maka WNI tersebut dapat kehilangan kewarganegaraannya,oleh sebab itu manohara harus mengajukan permohonan kepada pemerintah RI jika dia ingin tinggal di indinesia dan menjadi WNI.

    4.*Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya dan lemahnya kesadaran hukum yang belum sepenuhnya diterapkan oleh WNI,oleh karena itu sebagian dari mereka sering melanggar hukum,misalnya adanya korupsi dari pihak tertentu yang akan bisa memacu perselisihan dan merugikanWNI sehingga terjadinya kerusuhan,bentrokan karena mereka menuntut keadilan.

    *Solusi :dari permasalaha tersebut adalah pemerintah harus menegakkan hukum dan memberikan sangsi yang tegas untuk mereka yang melanggar hukum yang mengakibatkan kerusakan dan merugikan negara kita.dengan adanya kejujuran dan kerjasama yang baik serta sistem pemerintahan yang teratur ,maka kesejahteraan bangsa Indonesia akan terwujud.

    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    *Hak WNI berdasarkan UUD 1945
    -hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    -hak kemerdekaan berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pikiran dengan lisan ataupun tulisan
    -hak warga negara yang berhubungan dengan HAM
    -hak untuk memeluk suatu agama
    -hak untuk memperoleh pendidikan

    *Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945
    -wajib menaati hukum dan pemerintahan
    -wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara
    -wajib menghormati hak asasi manusia
    -wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang
    -wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

    BalasHapus
  66. Nama :Beauty Diah Lestari
    Npm : 09121050
    Klass :BK 3 A

    1. Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah untuk mengembangkan kompetensi kemampuan berfikir kritis dan kreatif,sehingga mampu memahami berbagai wacana kewarganegaraan.Agar memiliki watak dan kepribadian yang baik,sesuai dengan norma norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    2. Pancasila secara formal masih tercantum di pembukaan UUD’45 yang berlaku saat ini dan juga masih berarti menjadi filosofi dasar bangsa Indonesia dalam menjalankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Pancasila diharapkan bukan saja sebagai dasar Negara tapi juga menjadi “basic belief” atau kerangka berfikir dan bertindak dari bangsa Indonesia secara keseluruhan sebagai suatu saraana untuk mencapai visi dan misi bangsa.
    EX : Seorang siswa perempuan d kota x beragama islam .dia yakin bahwa Allah itu ada dan Allah memberikan kewajibat bagi umatnya untuk menjauhi dan menjalankan larangan dan perintahnya.Hal ini tertuang dalam Rukun Islam .Dan Rukun Islam tersebut harus di amalkan karena sudah menjadi keyakinan siswa tersebut.
    3. Masalah kasus Manohara sangat memberi pengetahuan dan kemampuan dasar kepada saya mengenai hubungan antara warga Negara dengan Negara,hubungan antara warganegara dengan warganegara,dan pendidikan bela Negara..Dalam kasus Manohara sendiri membawa dampak positive dan negative bagi warga Indonesia.dampak negative nya Manohara beserta ibu nya menjelek jelekkan warga Negara lain dan alhasil warga Negara lain marah dan merasa tersinggung.Dampak positifnya hal tersebut dapat memberi pelajaran bagi remaja jaman sekarang agar tidak menjadi korban seperti manohara.Manohara dalam masalah ini termasuk kurang memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun ,jujur dan demokratius serta iklas sebagai warga Negara republic Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab.
    4. Insiden berdarah yang terjadi di jalan ampere raya atau tepatnya di depan pengadilan negeri Jakarta selatan mengakibatkan 3 orang tewas,puluhan orang dan aparat kepolisian luka luka.hal ini terkait dengan kasus persidangan bentrokan di kafe blowfish Jakarta selatan yang menewaskan dua orang..Solusinya sebenarnya kejadian tersebut bisa dia atasi apabila antara aparat dan massa dapat berbicara baik baik dan menyelesaikan masalah ini dengan baik baik.Un tung pasukan brimib dating di likasi dan berupaya menghalau kelompok massa yang jumlahnya lebih banyak agar mundur dan menjauhi lokasi bentrokan dan akhirnya kelompok massa membubarkan diri.
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 menyatakan bahwa tiap tiap warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hokum dan pemerintahan.Kewajiban menjunjung hokum dan pemerintahan.hak berserikat dan berkumpul.Hak mengeluarkan pendapatnya.Hak dan kewajiban dalam bidang social budaya.Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam.Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi.

    BalasHapus
  67. NAMA : Dewi Mariana
    NPM : 09121063
    KELAS : BK/3A

    Jawaban:

    1.Tujuan Pendidikan Kwarganegaraan :

    Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada kita mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara dan agar kita memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab.
    2.Pancasila adalah dasar NKRI :
    Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latar belakang suku,ras,budaya antar golongan .Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut oleh seluruh warga Indonesia.
    Contoh konkrit: Saling menghormati antar mahasiswa walaupun berbeda agama atau berbeda social ekonomi.
    3.Kasus kwarganegaraan Manohara :
    Manohara memiliki kwarganegaraan ganda yaitu kwarganegaraan Indonesia dan kwarganegaraan Amerika Serikat.Dari ayahnya Manohara bisa dikatakan kwarganegaraan Amerika Serikat dan dari ibunya Manohara bisa dikatakan kwarganegaraan Indonesia.karena Indonesia dan Amerika Serikat menganut ius sanguinis.Karena Manohara sudah menikah sehingga Manohara dapat memilih menjadi kwarganegaraan yang diinginkanya,dan sekarang Manohara telah memutuskan untuk menjadi kwarganegaraan Indonesia.
    4.Pendapat saya mengenai berbagai peristiwa kerusakan yang terjadi akir akir ini :
    Mulai melemahnya hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.
    Solusi/pencegahanya :Warga negara harus mulai menghindari suap menyuap,para hakim atau jaksa juga harus mengamalkan UUD 1945,korupsi yang ada harus diberantas ,dan tegakkan hukum setegak tegaknya.Para pejabat seharusnya berfikir ulang melakukan hal bodoh seperti hal tsb.
    5.Hak dan kwajiban WNI berdasarkan UUD1945:
    -Hak WNI
    a. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    b. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    c. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran

    -Kewajiban WNI sesuai
    a. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    b. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    c. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    d. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia

    BalasHapus
  68. NAMA :DEWI MARIANI
    KELAS :BK/3A
    NPM :09121064

    JAWABAN :
    1 .Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah : Untuk mengajarkan kita dan memberikan masukan yang positif dari segi ilmu pengetahuan , dan dengan ini kita dapat mempelajari berbagai hal tentang negara.
    2 .Pancasila adalah dasar NKRI : Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latarbelakang suku,ras,budaya,dan antar golongan.Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut seluruh warga Indonesia.Contoh kongkrit : sebagi ketua kelas kita tidak boleh seenaknya/memerintah temanya.
    3 .Kasus kewarganegaraan Manohara :Manohara memiliki kewarganegaraan ganda karena Manohara sebagai warga Indonesia dan juga kewarganegaraan Amerika serikat dari ayahnya.Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan Amerika serikat karena Indonesia dan Amerika serikat menganut asas ius sanguinis.Setelah menikah Manohara bisa memilih menjadi kewarganegaraan Malaysia.Sekarang sudah memilih menjadi WNI.
    4 .Pendapat saya tentang berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia :Saat ini di Indonesia mulai melemah hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan sila-sila pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.Solusi/pencegahannya :Warga negara harus mulai menghindari penyuapan,korupsi yang bisa merusak moral dan hukum harus ditegakkan.
    5 .Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  69. NAMA :DEWI MARIANI
    KELAS :BK/3A
    NPM :09121064

    JAWABAN :
    1 .Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah : Untuk mengajarkan kita dan memberikan masukan yang positif dari segi ilmu pengetahuan , dan dengan ini kita dapat mempelajari berbagai hal tentang negara.
    2 .Pancasila adalah dasar NKRI : Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latarbelakang suku,ras,budaya,dan antar golongan.Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut seluruh warga Indonesia.Contoh kongkrit : sebagi ketua kelas kita tidak boleh seenaknya/memerintah temanya.
    3 .Kasus kewarganegaraan Manohara :Manohara memiliki kewarganegaraan ganda karena Manohara sebagai warga Indonesia dan juga kewarganegaraan Amerika serikat dari ayahnya.Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan Amerika serikat karena Indonesia dan Amerika serikat menganut asas ius sanguinis.Setelah menikah Manohara bisa memilih menjadi kewarganegaraan Malaysia.Sekarang sudah memilih menjadi WNI.
    4 .Pendapat saya tentang berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia :Saat ini di Indonesia mulai melemah hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan sila-sila pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.Solusi/pencegahannya :Warga negara harus mulai menghindari penyuapan,korupsi yang bisa merusak moral dan hukum harus ditegakkan.
    5 .Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  70. Nama : Bayu Priyanto
    Kelas/Prodi : VII A/BK
    NPM : 07121.015
    1.Tujuan Pendidikan kewarganegaraan adalah usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenalan dengan hubungan antara warga negara dan negara serta Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) agar menjadi warga negara yang dapat dihandalkan oleh bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2.Pancasila adalah dasar NKRI karena pancasila inti dari segala inti kebudayaan yang harus diamalkan dan sebagai pedoman WNI karena terdapat norma-norma atau hukum yang harus ditaati agar terwujudnya suatu bangsa yang sejahtera.
    Contoh : 1. Saling menghargai pendapat orang lain meskipun tidak sependapat
    2. Saling menghormati antar umat beragama
    3. Saling tolong menolong dan tidak menyakiti satu dengan yang lainnya
    4. Tidak membedakan RAS,suku,dan kebudayaan
    3..Kasus kewarganegaraan Manohara : Orang tua manohara berbeda negara,ibunya adalah seorang WNI,sedangkan ayah nya WNA.
    Dalam teori IUS Sanguinis dengan status kwarganegaraannya bi patride dimana manohara mempunyai kewarganegaraan yang ganda yaitu WNI dan WNA. Dan kemudian dia menikah dengan orang bernegara Malaysia dan tinggal dengan suaminya di Malaysia selama beberapa tahun. Dengan kasus yang menimpanya,sehingga dia melarikan diri ke Indonesia dan menetap di Indonesia maka jika dia ingin memeperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI maka mengajukan permohonan ke pemerintah RI.
    4. Kerusuhan yang terjadi diIndonesia :
    Menurut pendapat saya,kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di negara Indonesia adalah lemahnya jiwa patriotisme dan rendahnya SDM tentang pengertian demokrasi,dengan begitu mudahnya diprofokasi untuk berbuat anarkis atau domba,hingga terpecah belah dan mengabaikan makna dari pancasila.
    Solusinya : saling memahami dan intropeksi diri bahwa sebagai WNI kita harus mematuhi norma-norma hukum di Indonesia yang berlaku sesuai dengan UUD.
    5.Hak dan Kewajiban warga negara Indonesia tercantum pada UUD 1995.
    1. Setiap warga negara berhak merdeka
    2. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan, usaha perthanan dan keamanan negara
    3. Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan
    4. Negara berdasarkan atas ketuhanan YME
    5. Setiap warga negara bebas untuk berpendapat/bersuara

    BalasHapus
  71. nama:teguh surya p
    kls : 3f
    prodi : pbi
    npm :08321289

    1.) Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

    2.) misalnya pengamalan sila pertama berbunyi “KETUHANAN YANG MAHA ESA”
    Kita sebagai umat yg beragama, jalankan lah semua ajaran agama mu dengan baik. Jadikanlah itu sebagai sumber sikap mu, tanpa memaksakannya kepada orang lain.
    Contoh;saya sebagai muslim watunya shalat ya mnjalankan sholat meski disela” jadwal kuliahpun,setidaknya meminta ijin terlebih dahulu kepada dosen yang bersangkutan!

    3.) Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.

    4.) Saya tidak melihat kerusuhan, baik di daerah ataupun Jakarta ada unsur persaingan calon Kapolri baru. Tapi peristiwa itu malah mendown grade (merendahkan) aparat kepolisian," Ketika ada konsentrasi massa kan bisa diketahui harus bisa dicegah. Tapi ini malah terjadi karena ketidaktegasan aparat.aparat keamanan harus bertindak tegas,kalau tegas pasti akan menimbulkan effect takut dan jera pada pelaku kerusuhan tsbt!
    5.) A. Hak Warga Negara Indonesia
    1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku


    B.Kewajiban Warga Negara Indonesia
    1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
    5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  72. Nama:teguh surya p
    Kls :3f
    Prodi pbi


    1.) Memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

    2.) misalnya pengamalan sila pertama berbunyi “KETUHANAN YANG MAHA ESA”
    Kita sebagai umat yg beragama, jalankan lah semua ajaran agama mu dengan baik. Jadikanlah itu sebagai sumber sikap mu, tanpa memaksakannya kepada orang lain.
    Contoh;saya sebagai muslim watunya shalat ya mnjalankan sholat meski disela” jadwal kuliahpun,setidaknya meminta ijin terlebih dahulu kepada dosen yang bersangkutan!

    3.) Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.

    4.) Saya tidak melihat kerusuhan, baik di daerah ataupun Jakarta ada unsur persaingan calon Kapolri baru. Tapi peristiwa itu malah mendown grade (merendahkan) aparat kepolisian," Ketika ada konsentrasi massa kan bisa diketahui harus bisa dicegah. Tapi ini malah terjadi karena ketidaktegasan aparat.aparat keamanan harus bertindak tegas,kalau tegas pasti akan menimbulkan effect takut dan jera pada pelaku kerusuhan tsbt!
    5.) A. Hak Warga Negara Indonesia
    1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
    2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
    3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
    4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
    5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
    6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
    7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku


    B.Kewajiban Warga Negara Indonesia
    1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
    2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
    3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
    4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
    5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

    BalasHapus
  73. NAMA :anas kurniawan wibowo
    KELAS :BK/3A
    NPM :09121028

    JAWABAN :
    1 .Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah : Untuk mengajarkan kita dan memberikan masukan yang positif dari segi ilmu pengetahuan , dan dengan ini kita dapat mempelajari berbagai hal tentang negara.
    2 .Pancasila adalah dasar NKRI : Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latarbelakang suku,ras,budaya,dan antar golongan.Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut seluruh warga Indonesia.Contoh kongkrit : sebagi ketua kelas kita tidak boleh seenaknya/memerintah temanya.
    3 .Kasus kewarganegaraan Manohara :Manohara memiliki kewarganegaraan ganda karena Manohara sebagai warga Indonesia dan juga kewarganegaraan Amerika serikat dari ayahnya.Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan Amerika serikat karena Indonesia dan Amerika serikat menganut asas ius sanguinis.Setelah menikah Manohara bisa memilih menjadi kewarganegaraan Malaysia.Sekarang sudah memilih menjadi WNI.
    4 .Pendapat saya tentang berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia :Saat ini di Indonesia mulai melemah hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan sila-sila pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.Solusi/pencegahannya :Warga negara harus mulai menghindari penyuapan,korupsi yang bisa merusak moral dan hukum harus ditegakkan.
    5 .Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  74. nama : Agrinaya Putri
    kelas: BK/3A
    npm : 09121022

    1. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

    2. Pancasila adalah dasar NKRI : Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latarbelakang suku,ras,budaya,dan antar golongan.Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut seluruh warga Indonesia.Contoh kongkrit : sebagi ketua kelas kita tidak boleh seenaknya/memerintah temanya.

    3.manohara mempunyai kewarganegaraan ganda atau bi patride. Dimana dari orang tuanya,ibunya berasal dari Indonesia dan ayahnya berasal dari Prancis. Dia menikah dengan orang Malaysia,otomatis status kewarganegaraannya menjadi WN Malaysia.Dan dia mempunyai kasus dengan suaminya,sementara suaminya anak dari raja Malaysia itu sehingga dia sulit untuk memperoleh keadilan disana.Kemudian dia melarikan diri ke Indonesia ikut dengan ibunya.Untuk menyelesaikan kasusnya di Indonesia maka dia harus mengajukan permohonan pada pemerintah Indonesia untuk menjadi WNI.Sehingga pemerintah Indonesia bias membantu kasus yang dihadapinya itu.

    4. menurut saya kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini merupakan cermin mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam jiwa bangsa Indonesia sekarang ini, mulai terjadinya krisis keagamaan, persatuan, hormat- menghormati, tenggang rasa, keadilan yang semuanya itu sudah terabaikan. Dimana semuanya ingin mendapatkan keuntungan dan kemenangan diri sendiri.indonesia mulai melemah hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan sila-sila pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.
    Solusi :Warga negara harus mulai menghindari penyuapan,korupsi yang bisa merusak moral dan hukum harus ditegakkan,perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara

    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  75. nama : Agrinaya Putri
    kelas: BK/3A
    npm : 09121022

    1. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warganegara dengan negara, hubungan antara warganegara dengan warganegara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

    2. Pancasila adalah dasar NKRI : Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa dari berbagai latarbelakang suku,ras,budaya,dan antar golongan.Pancasila merupakan pandangan hidup yang harus di anut seluruh warga Indonesia.Contoh kongkrit : sebagi ketua kelas kita tidak boleh seenaknya/memerintah temanya.

    3.manohara mempunyai kewarganegaraan ganda atau bi patride. Dimana dari orang tuanya,ibunya berasal dari Indonesia dan ayahnya berasal dari Prancis. Dia menikah dengan orang Malaysia,otomatis status kewarganegaraannya menjadi WN Malaysia.Dan dia mempunyai kasus dengan suaminya,sementara suaminya anak dari raja Malaysia itu sehingga dia sulit untuk memperoleh keadilan disana.Kemudian dia melarikan diri ke Indonesia ikut dengan ibunya.Untuk menyelesaikan kasusnya di Indonesia maka dia harus mengajukan permohonan pada pemerintah Indonesia untuk menjadi WNI.Sehingga pemerintah Indonesia bias membantu kasus yang dihadapinya itu.

    4. menurut saya kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini merupakan cermin mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam jiwa bangsa Indonesia sekarang ini, mulai terjadinya krisis keagamaan, persatuan, hormat- menghormati, tenggang rasa, keadilan yang semuanya itu sudah terabaikan. Dimana semuanya ingin mendapatkan keuntungan dan kemenangan diri sendiri.indonesia mulai melemah hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan sila-sila pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.
    Solusi :Warga negara harus mulai menghindari penyuapan,korupsi yang bisa merusak moral dan hukum harus ditegakkan,perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara

    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  76. 1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu bagaimana menjadikan warganegara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara yang mengetahui hak serta kewajiban sebagai warganegara sehingga akan terwujut cita- cita bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam pancasila dan UUD 1945.

    2.Dalam kehidupan bangsa indonesia diakui bahwa nilai pancasila adalah pandangan(filsafat)hidup yang berkembang dalam sosio budaya indonesia.Pancasila mencerminkan nilai-nilai yang mendasar bagi kehidupan rakyat indonesia,yang terdiri dari:Ketuhanan YME,Kemanusiaan yang adil dan beradap,persatuan indonesia,kerakyatan,dan keadilan sosial.di setiap sila-sila ini memiliki nilai-nilai yang diyakini sebagai jiwa dan kepribadian bangsa indonesia yang harus diamalkan oleh setiap warga negara indonesia.
    contoh : -saling menghormati teman yang berbeda keyakinan
    - mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yg berhubungan dengan bela negara( MENWA )

    3. Awalnya Manohara lahir di Indonesia kemudian Manohara menikah di Malaysia dengan pangeran Kelantan otomatis Manohara menjadi warga Negara Malaysia.Karena ada konflik perceraian Manohara kembali ke Indonesia dan ditolong kedubes Amerika yang ada di Indonesia dan hingga saat ini Manohara mempunyai 2 kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika.

    4.Menurut saya berbagai kerusuhan yang terjadi akhir- akhir ini di Indonesia adalah, kerusuhan di depan kantor PN Jaksel yang dimana suatu tindakan anarkis yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia yang berdasarkan pancasila. Kerusuhan tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mudah diprovokasi tanpa harus mengetahuiakar permasalahannya terlebih dahulu. Bangsa ini menjadi pemarah dan hanya mementingkan emosi sesaat tanpa berfikir panjang, apakah keuntungan dari perbuatan tersebut yang ujung- ujungnya hanya merugikan diri sendiri bahkan orang lain yang tidak tahu apa- apa.
    Solusi : Masyarakat harus mementingkan rasa kebersamaan. Ketegasan hukum harus di tingkatkan tanpa memendang status orang yang diadili.

    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 menyatakan bahwa tiap tiap warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hokum dan pemerintahan.Kewajiban menjunjung hokum dan pemerintahan.hak berserikat dan berkumpul.Hak mengeluarkan pendapatnya.Hak dan kewajiban dalam bidang social budaya.Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam.Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi.

    BalasHapus
  77. Nama:Bani rahmulyo
    kelas: IIIA
    NPM:09121049
    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu bagaimana menjadikan warganegara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan negara yang mengetahui hak serta kewajiban sebagai warganegara sehingga akan terwujut cita- cita bangsa dan negara sebagaimana tercantum dalam pancasila dan UUD 1945.

    2.Dalam kehidupan bangsa indonesia diakui bahwa nilai pancasila adalah pandangan(filsafat)hidup yang berkemban dalam sosio budaya indonesia.Pancasila mencerminkan nilai-nilai yang mendasar bagi kehidupan rakyat indonesia,yang terdiri dari:Ketuhanan YME,Kemanusiaan yang adil dan beradap,persatuan indonesia,kerakyatan,dan keadilan sosial.di setiap sila-sila ini memiliki nilai-nilai yang diyakini sebagai jiwa dan kepribadian bangsa indonesia yang harus diamalkan oleh setiap warga negara indonesia.
    contoh : -saling menghormati teman yang berbeda keyakinan
    - mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yg berhubungan dengan bela negara( MENWA )

    3. Awalnya Manohara lahir di Indonesia kemudian Manohara menikah di Malaysia dengan pangeran Kelantan otomatis Manohara menjadi warga Negara Malaysia.Karena ada konflik perceraian Manohara kembali ke Indonesia dan ditolong kedubes Amerika yang ada di Indonesia dan hingga saat ini Manohara mempunyai 2 kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika.

    4.Menurut saya berbagai kerusuhan yang terjadi akhir- akhir ini di Indonesia adalah, kerusuhan di depan kantor PN Jaksel yang dimana suatu tindakan anarkis yang tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia yang berdasarkan pancasila. Kerusuhan tersebut menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mudah diprovokasi tanpa harus mengetahuiakar permasalahannya terlebih dahulu. Bangsa ini menjadi pemarah dan hanya mementingkan emosi sesaat tanpa berfikir panjang, apakah keuntungan dari perbuatan tersebut yang ujung- ujungnya hanya merugikan diri sendiri bahkan orang lain yang tidak tahu apa- apa.
    Solusi : Masyarakat harus mementingkan rasa kebersamaan. Ketegasan hukum harus di tingkatkan tanpa memendang status orang yang diadili.

    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 menyatakan bahwa tiap tiap warga Negara bersamaan kedudukannya di dalam hokum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hokum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.Hak untuk diperlakukan yang sama di dalam hokum dan pemerintahan.Kewajiban menjunjung hokum dan pemerintahan.hak berserikat dan berkumpul.Hak mengeluarkan pendapatnya.Hak dan kewajiban dalam bidang social budaya.Hak dan kewajiban dalam bidang Hankam.Hak dan kewajiban dalam bidang Ekonomi.

    BalasHapus
  78. 1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan
    2. Pncasila sebagai dasar negara, pancasila menjadi dasar untuk mengatur pemerintahan dan penyelenggara negara. pancasila menjadi sarana yang dapatmempersatukan bangsa Indonesia karena Pancasila adalah falsafah, jiwa, dan kepribadian yang mengandung nilai-nilai, norma-norma yang luhur. sebagai dasar negara, pancasila mendasari setiap usaha dan kegiatan bangsa indonesia dalam kehidupan bernegara.contoh:kita sebagai makhluk Tuhan YME,memeluk agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan yang di ajarkan oleh masing2 agama.
    3.Status kewarganegaraan Manohara tidak harus mengikuti kewarganegaraan suaminya. Undang-undang di Indonesia tidak mengharuskan Manohara untuk mengikuti status warga negara suaminya, walaupun suaminyaadalah pangeran dari Malaisia. Jadi Manohara boleh memilih : mengikuti kewarganegaraan Suaminya atau memilih sebagai WNI. Sehubungan dengan status yang terjadi, sehingga Manohara melarikan diri ke Indonesia, maka secara de facto Manohara telah memilih Indonesia sebagai kewarganegaraannya.
    4. Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia khususnya kerusuhan didepan Kantor pengadilan Negeri Jakarta Selatan adalah mulai melemahnya hukum di Indonesia seperti yang kita lihat saat ini banyak oknum-oknum polisi,Kejaksaan,pengadilan terlibat khasus suap menyuap,mereka sudah melalaikan tugas utama mereka yaitu menegakkan keadilan,jadi tidak salah apabila rakyat sekarang mulai berontak terhadap penegak hukum di Negara kita
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  79. 1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan
    2. Pncasila sebagai dasar negara, pancasila menjadi dasar untuk mengatur pemerintahan dan penyelenggara negara. pancasila menjadi sarana yang dapatmempersatukan bangsa Indonesia karena Pancasila adalah falsafah, jiwa, dan kepribadian yang mengandung nilai-nilai, norma-norma yang luhur. sebagai dasar negara, pancasila mendasari setiap usaha dan kegiatan bangsa indonesia dalam kehidupan bernegara.contoh:kita sebagai makhluk Tuhan YME,memeluk agama dan beribadah sesuai dengan keyakinan yang di ajarkan oleh masing2 agama.
    3.Status kewarganegaraan Manohara tidak harus mengikuti kewarganegaraan suaminya. Undang-undang di Indonesia tidak mengharuskan Manohara untuk mengikuti status warga negara suaminya, walaupun suaminyaadalah pangeran dari Malaisia. Jadi Manohara boleh memilih : mengikuti kewarganegaraan Suaminya atau memilih sebagai WNI. Sehubungan dengan status yang terjadi, sehingga Manohara melarikan diri ke Indonesia, maka secara de facto Manohara telah memilih Indonesia sebagai kewarganegaraannya.
    4. Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia khususnya kerusuhan didepan Kantor pengadilan Negeri Jakarta Selatan adalah mulai melemahnya hukum di Indonesia seperti yang kita lihat saat ini banyak oknum-oknum polisi,Kejaksaan,pengadilan terlibat khasus suap menyuap,mereka sudah melalaikan tugas utama mereka yaitu menegakkan keadilan,jadi tidak salah apabila rakyat sekarang mulai berontak terhadap penegak hukum di Negara kita
    5. Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945 :Mengatur tentang kedudukan warga negara,penghidupan dan pembelaan terhadap negara.Mengatur tentang segala bentuk hak asasi manusia.Mengatur tentang kebebasan/hak untuk memeluk agama atau kepercayaan.Mengatur tentang kewajiban membela negara.Usaha pertahanan dan keamanan rakyat,keanggotaan TNI dan tugasnya,kepolisian Indonesia dan tugasnya susunan dan kedudukan TNI dan kapolri.Mengatur tentang hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak ,kewajiban belajar,sistem pendidikan nasional dan peran pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.Mengatur tentang pengertian perekonomian,pemanfaatan SDA dan prinsip perekonomian nasional.Mengatur tentang perlindungan terhadap fakir miskin dan anak terlantar sebagai tanggung jawab negara.

    BalasHapus
  80. Nama : Candra setyana
    Kelas/Prodi : III A/BK
    NPM : 09121052

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan : untuk memberikan pengetahuan, pengertian dan pendidikan bagi warga Negara bagaimana menjadi warga Negara yang baik yang mampu mendukung bangsa dan Negara serta mengetahui hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipertanggung jawabkan sebagai warga Negara yang baik.
    2.Pancasila adalah dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan bangsa Timur yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan Timur yang mempunyai batasan-batasan dalam berperilaku sehari-hari.
    Contoh : - dalam berteman antar sesama mahasiswa tidak membeda-bedakan perbedaan dalam beragama (mencerminkan sila pertama Pancasila)
    - dalam pemilihan ketua kelas diadakannya musyawarah semua anggota kelas terlibat dalam pengambilan keputusan untuk mencapai mufakat (mencerminkan sila ke empat Pancasila)
    3.Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.
    4.Kerusuhan yang terjadi di Indonesia :
    Pendapat : menurut saya kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini merupakan cermin mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalam jiwa bangsa Indonesia sekarang ini, mulai terjadinya krisis keagamaan, persatuan, hormat- menghormati, tenggang rasa, keadilan yang semuanya itu sudah terabaikan. Dimana semuanya ingin mendapatkan keuntungan dan kemenangan diri sendiri.
    Solusi : perlu adanya kerjasama yang baik dan jujur di antara semua kalangan baik penegak hukum, masyarakat maupun pemerintah untuk dapat menegakkan keadilan, memberantas segala tindakan yang merugikan Negara salah satu contohnya adalah korupsi serta menanamkan kembali nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila kepada seluruh warga Negara Indonesia.
    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -hak pekerjaan dan perlindungan yang layak
    -hak dan wajib dalam pembelaan Negara
    -hak kemerdekaan berkumpul dan mengeluarkan pendapat
    -hak dan kewajiban ikut pertahanan keamanan
    -hak untuk mendapatkan pengajaran
    -hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya
    -wajib menjunjung hukum pemerintahan
    -hak atas status kewarganegaraan.

    BalasHapus
  81. Nama : Rahajeng via
    kelas/smt : BK 3A
    npm : 09121186

    1. menurut saya tujuan pendidikan kawarganegaraan adalah agar kita bisa tau arti secara luas apa yang dimaksud dengan warganegara dan kita juga bisa tau bagaimana cara menjadi warganegra yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan pemerintah serta menambah pengetahuan kita tentang kewarganegaraan.

    2. Pancasila sebagai dasar NKRI harus kita amalkan karena pancasila adalah landasan negara kita, yang sangat berguna untuk mengatur kehidupan kita sebagai warganega yang baik. oleh sebab itu kita sebagai warganegara indonesia harus dan wajib mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari - hari kita.
    contohnya : sesama umat beragama kita harus saling menghormati, kita yang beragam islam wajib menjalankan sholat.

    3.menurut saya kasus manohara adalah :
    manohara mempunyai kewarganegaraan ganda yang berasal dari ayahnya yang WNA dan ibunya yang berasal dari Indonesia, tetapi manohara belum cukup umur untuk menentukan warganegaranya apabila dia sudah berhak menentukan warganegarnya dia harus menentukannya karena kalau tidak salah satu warganegaranya akan dihapus.

    4. menurut pendapat saya kerusuhan yang terjadi di Indonesia ini terjadi karena kurangnya kesadaran kita sebagai umat beragama dan warga saat menyelesaikan masalha cenderung dengan cara kekerasan, dan kurang disiplin semua penegak hukum.
    Solusinya : Hormati semua warga negara yang sedang menyampaikan aspirasi, berantas korupsi, berantas mafia hukum.

    5.Hak warga negara :
    * setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    * setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    * setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    * setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    * setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    * setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban sebagai warga negara Indonesia:
    * wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    * wajib membayar pajak.
    * wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    * wajib taat dan tuntuk hukum.
    * wajib turut dalam pembangunan.
    * wajib menghormati jasa - jasa pahlawan kita.

    BalasHapus
  82. Nama : AYU WULANDARI
    Kelas : 7 A
    NPM : 07121013/P

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.

    2. Pancasila sebagai dasar NKRI berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai sumber dari kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan karena di dalam pancasila terdapat nilai- nilai luhur yang dapat digunakan untuk pedoman hidup serta untuk mencapai cita- cita negara sebagaimana tertuang dalam 4 pokok pikiran UUD 1945.
    Contoh :
    # Menghormati adanya perbedaan agama di lingkungan mahasiswa dan memberi kesempatan kepada teman untuk beribadah sesuai agamanya.
    # Belajar tekun untuk menciptakan generasi muda yang pintar dan bertanggung jawab demi kemajuan negara ini.

    3. Manohara sebenarnya adalah warga negara indonesia setelah menikah dengan pangeran kelantan maka manohara pindah menjadi warga negara malaysia,karena terjadi konflik antara manohara dan pangeran kelantan, manohara ditolong oleh kedubes Amerika(ayahnya berkewargaan Amerika) untuk membebaskan diri dari malaysia akhirnya manohara pindah kewarganegaraan dari WN malaysia menjadi warga ngara Amerika.tetapi karena saat ini manohara tinggal diindonesia dan menjadi warga negara indonesia akhirnya saat ini manohara 2 kewarganegaraan(bipatrid).

    4 .Pendapat saya tentang berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia :Saat ini di Indonesia mulai melemah hukum yang ada di Indonesia dan kurangnya pengamalan sila-sila pancasila yang sudah mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia.Solusi/pencegahannya :Warga negara harus mulai menghindari penyuapan,korupsi yang bisa merusak moral dan hukum harus ditegakkan.

    5.Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945:
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    -setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    -setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    -setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    -setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    -setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  83. Dian Novita Setyowati
    BK / VII-A (PERBAIKAN)
    NPM : 07 121 019

    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.

    2.Pancasila sebagai dasar NKRI berarti bahwa pancasila dijadikan sebagai sumber dari kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan karena di dalam pancasila terdapat nilai- nilai luhur yang dapat digunakan untuk pedoman hidup serta untuk mencapai cita- cita negara sebagaimana tertuang dalam 4 pokok pikiran UUD 1945.
    Contoh :
    -Saling menghargai pendapat orang lain meskipun tidak sependapat
    -Saling menghormati antar umat beragama
    -Saling tolong menolong dan tidak menyakiti satu dengan yang lainnya
    -Tidak membedakan RAS,suku,dan kebudayaan

    3.Kasus kewarganegaraan manohara : Dia mempunyai kewarganegaraan ganda atau "bi patride". Dimana dari orang tuanya,ibunya berasal dari Indonesia dan ayahnya berasal dari Prancis. Dia menikah dengan orang Malaysia,otomatis status kewarganegaraannya menjadi WN Malaysia.Dan dia mempunyai kasus dengan suaminya,sementara suaminya anak dari raja Malaysia itu sehingga dia sulit untuk memperoleh keadilan disana.Kemudian dia melarikan diri ke Indonesia ikut dengan ibunya.Untuk menyelesaikan kasusnya di Indonesia maka dia harus mengajukan permohonan pada pemerintah Indonesia untuk menjadi WNI.Sehingga pemerintah Indonesia bisa membantu kasus yang dihadapinya itu.

    4.Sekarang banyak sekali terjadi kerusuhan,baik dalam hal politik,kriminalitas,KDRT dan lain sebagainya,salah satunya adalah kasus kerusuhagn didepan kantor Pengadilan Negeri diJaksel yang menyebabkan adanya korban jiwa.Hal Ini sneharusnya tidak taerjadiy karena hanya mempermasalahkan hal-hal sepele,seharusnya sebagai warga negara yang baik,yang taat terhadap hukum mereka harus bermusyawarah dahulu untuk menyelesaikan masalah,mampu mengontrol diri dan tidak bertindak anarkis saat bermusyawarah,selain itu dari pihak keamanan harus lebih tegas dalam menghadapi kerusuhan.

    5."Hak WNI berdasarkan UUD 1945":
    -setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    -setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    -setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    -setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    -setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    -setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.
    "Kewajiban WNI berdasarkan UUD 1945" :
    -wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    -wajib taat dan tuntuk hukum.
    -wajib turut dalam pembangunan.
    -wajib membayar pajak.
    -wajib menjunjung tinggi dasar negara

    BalasHapus
  84. Nama:Dian Novita Setyowati
    Kelas:BK-7A / PERBAIKAN
    NPM:07 121 019

    JAWABAN:
    1.Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.

    2.Pancasila sebagai dasar NKRI dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenegaraan dan harus berlandaskan pancasila karena pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati setiap warga negara indonesia supaya tercipta kedamaian dan tidak terjadi permasalahan. pancasila juga sebagai ikatan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap silanya. hal ini juga tercantum dalam UUU 1945 dialenia 4.
    Contohnya :
    sila 1:saling menghormati dan memberikan kesempatan beribadah kepada teman yang beda agama.
    sila 2:berteman dengan siapapun tanpa memandang status.
    sila 3:saling membantu apabila teman dalam kesulitan.
    sila 4:membiasakan bermusyawarah apabila mendapat tugas kelompok.
    sila 5:mengembangkan sikap adil terhadap sesama dan suka bekerja keras.

    3.Kasus kewarganegaraan Manohara menurut saya dia memiliki kewarganegaraan ganda (bi-patride) selain dia sebagai warga negara indonesia dia juga kewarganegaraan AS dari ayah biologisnya. Manohara bisa dikatakan kewarganegaraan AS karena indonesia & AS menganut asas yang sama yaitu asas ius sanguinis. meskipun manohara menikah di luar negeri tetapi dia telah mengikuti prosdur yang berlaku di indonesia dan manohara juga sudah memilih menjadi WNI.

    4.Menurut pendapat saya masalah kerusuhan yang terjadi di depan Pengadilan Negeri Jakarta selatan terjadi karena melemahnya hukum di Indonesia. Selain itu kebebasan pers di Indonesia terkesan bebas sebebas bebasnya atau dengan kata lain disebut tanpa batas. Masyarakat bebas mengutarakan pendapatnya dan melakukan tindakan yang mereka mau sesuai dengan tanpa batas. Seharusnya antara pemerintah dan masyarakat saling terbuka dan membuat suatu wadah kegiatan yang dapat menampung pendapat dan dapat menyelesaikan masalah – masalah yang ada. Agar dapat mengurangi kesalahpahaman antara negara dengan pemerintah.

    5."Hak warga negara ":
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    "Kewajiban warga negara" :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus
  85. Nama : ARIF WAHYUDI
    kelas : BK/3A
    Npm : 09121045

    1.Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan menjadikan warga negara menjadi lebih baik,turut ikut serta membela bangsa dan negara. pendidikan ini sebagai sarana memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada warga negara,memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai Warganegara Republik Indonesia yang terdidik dan bertanggung jawab.sanggup memberi pengertian terhadap bangsa indonesia memajukan bangsa dan mengikuti semua perauturan yang ada untuk , memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara
    2.Pancasila merupakan dasar NKRI yang harus diamalkan WNI : karena di dalam sila-sila Pancasila mengandung nilai-nilai yang luhur dan baik untuk dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia yang merupakan bangsa Timur yang masih menjunjung nilai-nilai kebudayaan Timur dan mempunyai batasan sehingga terkontrol dalam melakukan kegiatan yang menyimpang
    Contoh : - dalam pergaulan jita saling menghormati antara teman satu dengan teman yang lain yg berbeda adgama (sila pertama)
    - dalam pemilihan ketua kelas dan sebagainya yang sama akan melibatkan semua anggota didalamnya (sila keempat)
    3..Kasus Manohara :Manohara memiliki kewarganegaraan ganda karena Manohara sebagai warga Indonesia dan juga kewarganegaraan Amerika serikat dari ayahnya.dalam hal ini manohara belum cukup umur dalam menentukan negara yang dia pilih,jadi manohara masih ikut kedua orangtuanya,manohara berhak memilih negaranya ketika umurnya sudah menapaki 19 tahun.
    4.-Pendapat :tentang peristiwa kerusakan yang terjadi di indonesia,mungkin kurangnya kesadaran warga dan lemahnya hukum di Indonesia,semua yang membuathukum tidak konsisten,masih mengandalkan sistem kekeluargaan dan sibuknya mengurus poliik sehingga lupa akan tugas yang sebenarnya

    -Solusi :dari permasalaha tersebut adalah pemerintah harus menegakkan hukum dan memberikan sangsi yang tegas untuk mereka yang melanggar hukum yang mengakibatkan kerusakan dan merugikan negara kita.dengan adanya kejujuran dan kerjasama yang baik serta sistem pemerintahan yang teratur ,maka kesejahteraan bangsa Indonesia akan terwujud.
    5..Hak dan kewajiban WNI berdasarkan UUD1945 :
    -hak pekerjaan dan perlindungan yang layak
    -hak dan wajib dalam pembelaan Negara
    -hak kemerdekaan berkumpul dan mengeluarkan pendapat
    -hak dan kewajiban ikut pertahanan keamanan
    -hak untuk mendapatkan pengajaran
    -hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai dengan kepercayaannya
    -wajib menjunjung hukum pemerintahan
    -hak atas status kewarganegaraan

    BalasHapus
  86. Nama : Aring Wibowo
    NPM : 07121.009
    Prodi : BK 7A/perbaikan

    1. Agar para mahasiswa memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibannya secara santun, jujur dan demokratis serta ikhlas, Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, patriotisme, cinta tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan negara, Menguasai pengetahuan dan memahami aneka ragam masalah dasar kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang akan diatasi dengan pemikiran berdasarkan Pancasila, Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional secara kritis dan betanggung jawab.
    2. Yaitu, kita wajib mempertahankan Pancasila, kita wajib melaksanakan Pancasila kita wajib mengisi kemerdekaan dengan mengamalkan Pancasila karena Pancasiala adalah dasar dan tujuan kemerdekaan, yaitu dengan melakukan kegiatan positif. Contohnya : dengan ikut serta mengisi pembangun dengan cara gotong royong, saling membantu sesama dll.
    3. Menurut saya, Manohara mempunyai kewarganegaraan ganda, yaitu Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Amerika. Apabila dalam hukum indonesia memperbolehkan dua status warga negara, maka warga negara Manohara dapat di gunakan di Indonesia dan Manohara adalah Warga Negara Indonesia yang sah di mata hukum.
    4. Dengan terjadinya kerusuhan tersebut sangat disesalkan sekali, sampai mengakibatkan korban tewas. Dikarenakan banyak sekali orang yang membawa senjata tajam bahkan pistol. Dalam hal itu, polisi dituntut untuk bertindak tegas dan sigap dalam menjaga semua keamanan umum, terkecuali dalam kerusuhan didepan kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sedangkan kepada warga juga ikut serta menjaga kedamaian dan kenyaman dilingkungannya dan tidak mudah terprofokasi pada pihak lain.
    5. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum, berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak, berhak memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan, bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agam dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai dll. Sedangkan warga negara berkewajiban ikut serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan Negara Indonesia dari serangan musuh, berkewajiban membayar pajak, berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah Negara Indonesia.

    BalasHapus
  87. Nama : Endang Triyana
    Kelas : BK / 7A (PL)
    NPM : 07 121 023

    Jawaban tugas kewarganegaraan :

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.


    2. pancasila sebagai dasar NKRI bagi WNI sebagai landasan danpedoman bangsa Indonesia untuk mengatur pemerintahannya,contoh yang harus diamalkan adalah:
    ~ Setiap orang bebas untuk memeluk agamanya tanpa ada paksaan dari pihak lain serta bebas untuk menjalankan/menunaikan ibadahnya sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya, jika teman kita ada yang sedang beribadah sebaiknya kita tidak mengganggunya seperti membuat keramaian : sila 1
    ~ Kita harus menolong teman kita yang sedang mengalami kesulitan meskipun itu berbeda agama,suku bangsa ataupun lainnya : sila2
    ~mau berteman dengan siap saja tanpa membedakan agama,suku bangsa ataupun lainnya : sila 3


    3.Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.

    4. Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai lemahnya hukum yang ada di Indonesia serta sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia.

    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus
  88. Nama : Endang Triyana
    Kelas : BK / 7A (PL)
    NPM : 07 121 023

    Jawaban tugas kewarganegaraan :

    1. Tujuan dari pendidikan kewarganegaraan adalah memberikan pemahaman dan menjadikan warga negara indonesia yang mampu mendukung pembangunan bangsa, memiliki kemampuan berfikir secara rasional, kritis, dan kreatif sehingga mampu memahami berbagai aspek dalam bernegara dan menjadikan watak serta kepribadian bangsa menjadi lebih baik sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dan bernegara. pendidikan kewarganegaraan juga pantas diterapkan oleh mahasiswa supaya dapat memahami, menguasai, dan dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat dan dilingkup ruang pendidikan.


    2. pancasila sebagai dasar NKRI bagi WNI sebagai landasan danpedoman bangsa Indonesia untuk mengatur pemerintahannya,contoh yang harus diamalkan adalah:
    ~ Setiap orang bebas untuk memeluk agamanya tanpa ada paksaan dari pihak lain serta bebas untuk menjalankan/menunaikan ibadahnya sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya, jika teman kita ada yang sedang beribadah sebaiknya kita tidak mengganggunya seperti membuat keramaian : sila 1
    ~ Kita harus menolong teman kita yang sedang mengalami kesulitan meskipun itu berbeda agama,suku bangsa ataupun lainnya : sila2
    ~mau berteman dengan siap saja tanpa membedakan agama,suku bangsa ataupun lainnya : sila 3


    3.Kasus Kewarganegaraan Manohara : ibu Manohara adalah seorang WNI sedangkan Ayahnya WNA maka menurut teori IUS Sanguinis yang status kewarganegaraan adalah bi patride yaitu suatu keadan dimana manohara mempunyai kewarganegaraan ganda. Kemudian manohara menikah dengan orang yang berkebangsaan Malaysia dan terikat oleh aturan serta pernikahan Negara Malaysia, jika dia mengikuti dan bertempat tinggal di Malaysia otomatis status kewarganegaraannya menjadi warga Negara Malaysia. Dengan adanya kasus yang menimpanya dan dia melarikan diri ke Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia maka jika dia ingin memperoleh status kewarganegaraan sebagai WNI, dia ikut ibunya yang WNI dan mengajukan permohonan ke Pemerintah RI.

    4. Pendapat saya berkaitan dengan berbagai peristiwa kerusuhan yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia adalah mulai lemahnya hukum yang ada di Indonesia serta sila-sila pancasila yang mulai diabaikan oleh warga negara Indonesia. Solusi dari peristiwa ini adalah mari kita hindari keras penyuapan dalam bentuk apapun yang bisa merusak moral bangsa Indonesia.

    5. Hak warga negara :
    - setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.
    - setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan yang layak.
    - setiap warga negara memiliki keduduan yang sama di mata hukum.
    - setiap warga negara berhak memilih, memeluk, dan menjalankan agamanya.
    - setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.
    - setiap warga negara bebas mengeluarkan pendapat.

    kewajiban warga negara :
    - wajib berperan serta dalam membela dan mempertahankan Indonesia.
    - wajib membayar pajak.
    - wajib menjunjung tinggi dasar negara.
    - wajib taat dan tuntuk hukum.
    - wajib turut dalam pembangunan.

    BalasHapus