Selasa, 09 April 2013

TUGAS MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

TUGAS MK PENDIDIKAN BIO


  1. Berikan analisis Saudara tentang gambar nomor 1 dan 2, kaitakan dengan Filsafat Pancasila dan Pendidikan karakter di Indonesia!
  2. Berikan analisis Saudara tentang gambar nomor 3 dan 4, kaitakan dengan Pancasila sebagai ideilogi dan identitas nasional Indonesia!
Instruksi pelaksanaan tugas:
  1. Tugas dijawab di kirim di alamat email: siskadianasari@ymail.com,
  2. dikerjakan ketika jam mata kuliah Pancasila
  3. presensi  berdasarkan waktu menjawab secara on line
  4. Tidak diijinkan ribut/membuat masalah di dalam kelas, bagi tersangka pelaku keributan akan dicatat dan diberi sanksi
  5. Ketua Kelas/Pengurus Kelas bertanggungjawab penuh untuk menjaga kondisi kelas agar tetap kondusif.
  6. Atas kerjasamanya saya sampaikan terimakasih

1 komentar:

  1. Nama : Abdur Ro’uf
    NPM/Kls : 10431.068 / Biologi VIB (PL IIA)
    1. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama, karena agama merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani hidup di dunia ini. Oleh karena itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. Selain agama, Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam perjalanan perilaku seseorang. Pendidikan yang menekankan pada karakter lah yang mampu menjadikan seseorang mempunyai karakter yang baik. Pendidikan sedari dini lebih baik ditekankan kepada pendidikan karakter yangmana didalam pendidikan tersebut termuat nilai-nilai moral yang sesuai dengan nilai – nilai yang terkandung dalam pancasila. Tetapi Penerapan pendidikan karakter di Indonesia dinilai masih gagal dalam membentuk bangsa yang bermartabat dan berwibawa. Hal ini bisa dibuktikan semakin maraknya berbagai fenomena kasus kekerasan dalam dunia pendidikan dan meningkatnya kasus kenakalan remaja. Maka dari itu pendidikan berkarakter yang sesuai dengan nilai serta filsafat pancasila perlu ditingkatkan agar para generasi penerus bangsa bisa membawa nama baik Indonesia dan tidak hanya merusak nilai yang terkandung dalam pancasila dengan berbuat hal-hal yang negatif.
    2. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia berperan untuk memberikan suatu aturan yang mengatur terjalinnya penyelenggaraan negara. Dimana seluruh masyarakat Indonesia wajib memegang teguh nilai-nilai dan filsafat yang terdapat dalam pancasila. Menanggapi kasus yang terjadi tersebut seharusnya kedua belah pihak bermusyawarah secara kekeluargaan untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Sebagai contohnya yang terjadi dalam kasus tersebut adalah dalam hal aliran sesat yang katanya diajarkan oleh eyang subur terhadap para pengikutnya, kalau memang hal yang diajarkan oleh eyang subur tersebut sudah terbukti melenceng dari agama dan nilai serta filsafat dari pancasila seharusnya pemerintah turut serta memberantas ajaran atau aliran yang diberikan, agar tidak menghilangkan identitas bangsa Indonesia dan dasar negara Indonesia yakni Pancasila.

    BalasHapus