Selasa, 09 April 2013

TUGAS MATA KULIAH PKn BK KELAS IVD

TUGAS MK PKn BK KELAS IVD
Senin jam ke 1, 2,3




  1. Berikan analisis Saudara tentang gambar Nomor 1 kaitkan dengan Pancasila sebagai ideologi dan identitas Bangsa Indonesia!
  2. Berikan analisis Saudara tentang gambar Nomor 2 dan 3, pengaruh globalisasi kaitannya dengan Pendidikan Karakter bagi generasi muda?! 
    Instruksi pelaksanaan tugas:
  1. Tugas dijawab langsung di komentar blog,
  2. dikerjakan ketika jam mata kuliah PKn
  3. presensi  berdasarkan waktu menjawab secara on line
  4. Tidak diijinkan ribut/membuat masalah di dalam kelas, bagi tersangka pelaku keributan akan dicatat dan diberi sanksi
  5. Ketua Kelas/Pengurus Kelas bertanggungjawab penuh untuk menjaga kondisi kelas agar tetap kondusif.
  6. Atas kerjasamanya saya sampaikan terimakasih

37 komentar:

  1. TOPAN RURY KARNONDOYO
    11.121.136
    BK D 4

    1. Gambar nomor 1 bahwa terbukti dengan datangnya era globalisasi ketahanan budaya Indonesia kewalahan dari serangan asing seperti boyband dan girlband yang berdampak Indonesia semakin terbuka sebagai pasar industri musik bagi negara lain. Hal ini membuat Indonesia lambat laun menjadi bangsa yang miskin dengan daya cipta. Dampak globalisasi kenyataannya sangat berpengaruh terhadap perilaku dan budaya masyarakat Indonesia dimana fenomena pengglobalan dunia harus disikapi dengan arif dan positif thinking karena globalisasi dan modernisasi sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kemajuan. Namun kita tidak boleh lengah dan terlena, karena era keterbukaan dan kebebasan itu juga menimbulkan pengaruh negatif yang akan merusak budaya bangsa. Menolak globalisasi bukanlah pilihan tepat, karena itu berarti menghambat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi perlu kecerdasan dalam menyaring efek globalisasi. Akses kemajuan tehnologi informatka dan komunikasi dapat dimanfaatkan sebagai pelestari dan pengembang nilai-nilai budaya lokal.
    berkaitan dengan ideologi pancasila kita harus mengkaji hal ini dengan kritis, Budaya merupakan salah satu jati diri sebuah bangsa, akan tetapi budaya bersifat dinamis yang dapat berubah sesuai dengan perkembangana jaman yang terjadi. Bila suatu budaya asing masuk ke Indonesia seharusnya warga Indonesia bisa menyaring atau menyeleksi dari budaya asing tersebut.agar kita sebagai warga indonesia tidak menjadi kecanduan dari budaya asing yang masuk ke indonesia.

    BalasHapus
  2. nama : Danti Rahmawatiningsih
    npm : 11.121.140
    klas : bk 4d



    1. Menurut Koenta Wibisono (2005) pengertian identitas nasional adalah manifestasi nilai-nalai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri-ciri khas, dan dengan khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupannya. seperti gambar pada no.1 menurut saya negara kita indonesia sudah mulai lambat laun dipengaruhi oleh negara asing atau dengan kata lain jkita dijajah meskipun tidak seperti dulu. budaya kita Indonesia sekarang mulai berubah menjadi seperti budaya korea, amerika,jepang dll. Mulai banyak bermunculan girlband atau boyband indonesia yang meniru atau terpengaruh dengan budaya korea dan jepang. mereka cenderung lebih ke negara lain dari segi bahasa dan pakaian misalnya. Identitas kita indonesia secara perlahan hilang dan redup akibat masukny budaya asing.

    2. Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
    Menurut saya untuk gambar no.2, banyak remaja SMA yang sudah terpengaruh oleh dunia globalisasi saat ini. Seperti gambar tersebut, terlihat seorang siswi putri ( SMA ) menggunakan narkoba, merokok,dll yang dalam undang-undang jelas dilarang pemakaiannya. Secara pandangan saya, ia telah melanggar norma-norma agama dan norma sosial. Selanjutnya gambar no.3, di Indonesia banyak sekali film atau sinetron yang tidak mendidik generasi muda kita karena cenderung kepada hal-hal negatif seperti kekerasan dalam rumah tangga, perselingkuhan, pelecehan, dll sehingga generasi muda kita banyak meniru adegan-adegan yang tidak baik. Saat indonesia sedang kehilangan jati dirinya, masuklah acara-acara tv seperti cartoon " upin ipin " yang berasal dari negara malaysia. Jika dilihat film itu mendidik karena mengajarkan kebaikan tapi dilain sisi film itu telah mempengaruhi kita secara tidak sadar. Seperti dialog bahasa misalnya. dengan seperti itu, generasi muyda kita lebih tertarik pada negara lain dari pada negara kita Indonesia.


    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Nama : Agus Suyanto
    NPM : 11.121.145
    Kelas : BK-4D

    1. Pengaruh boyband & girlband korea kaitkan dengan Pancasila sebagai ideologi dan identitas Bangsa Indonesia yaitu dengan datangnya boyband & girlband korea anak remaja banyak yang meniru budaya mereka seperti, bahasa, kebudayaan, cara berbusana...
    sebagai contoh dampaknya yaitu :
    1. Acuh tak acuh terhadap budaya tradisional Indonesia
    2. Lebih menyukai budaya korea ketimbang budaya asli Indonesia yang bersifat monoton.
    3. Terlalu fanatik terhadap boyband atau girlband sehingga melupakan kewajiabannya misalnya seorang pelajar rela bolos sekolah demi melihat artis korea yang datang berkunjung ke Indonesia.
    4. Meniru gaya hidup dari artis-artis korea yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.


    BalasHapus
  4. Nama : Rikky Dwi Prasetya
    NPM : 11.121.167
    Kelas : BK-4D

    dengan masuknya budaya k-pop ke indonesia , secara tidak langsung telah menghipnotis hampir seluruh kalangan di indonesia baik muda maupun tua!
    dengan kenyataan yang sepeti ini akan membahayakan dan merugikian bangsa indonesia sebab , secara perlahan lahan bangsa indonesia akan melupakan kebudayaan nya sendiri , dan lunturnya ideologi pancasila dan kehilangan identitas bangsa.
    padahal setiap bangsa yang ingin berdiri kukuh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin di capainya sangat memerlukan ideologi.dengan ideologi bangsa inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang di hadapinya dan menentukan arah serta memecahkannya secara tepat.
    tanpa memiliki ideologi , suatu bangsa akan merasa terombang ambing dalam menghadapi persoalan besar,..

    BalasHapus
  5. nama :Dian Murni Lestari
    npm : 11121172
    kelas : Bk.4D

    1. menurut saya bahwa pada saat ini ideologi bangsa indonesia sudah mulai luntur karena masuknya budaya luar khususya mengenai masalah boy band di indonesia, sehingga pandangan rakyat indonesia mengenai masalah pancasila sudah mulai berkurang, bagi para generasi penerus bangsa indonesia.yang lebih mementingkan arus globalisasi di bandingkan dengan idiologi pancasila yang dapat di artikan sebagai pandangan ataupun cita-cita bangsa,bahkan saat ini para anak-anak muda suka menggunakan bahasa korea, karena menurut mereka lebih gaul dan ngetren di bandingkan menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi dngan teman sebaya.
    2.menurut saya akibat arus globalisasi yang menyerang para pemuda di indonesia sangat berdampak besar bagi para pelajar karena mereka menganggap bahwa budaya mengagumkan obat-obat terlarang itu bukan hal yang sanggat menakutkan , karena mereka terpengaruh oleh teman sebaya yang memberikan pengaruh . saat mereka berteman sehingga para generasi penerus sudah mulai terjerumus kepada pergaulan yang bebas,
    gambar no 3
    bahwa film animasi yang di buatkan dari negara malysia itu berdampak sanggat besar pada calon-calon generasi penerus khususnya anak-anak kecil yang mengambarkan tokoh upin-ipin sebagai tokoh favoit yang mereka tiru dari bahasa, pakaian, cara mereka bergaya dll sehingga secara tidak langsung berdampak pada jati diri anak indonesia yang hilang.

    BalasHapus
  6. Nama : Haisyam Pradana
    NPM : 11.121.141
    Kelas : BK 4D

    1. Menurut saya mengenai gambar no 1 adalah Ideologi yang ada di Indonesia saat ini saya rasa sudah mulai luntur atau menghilang dari apa yang Indonesia miliki saat ini. Pada dasarnya para generasi muda Indonesia sudah terpengaruh budaya asing yang sudah masuk ke budaya indonesia, pada contohnya adalah masuknya K-POP ke wilayah Indonesia. Dalam hal ini para pemuda Indonesia secara tidak sadar akan mengikuti gaya atau penampilan yang dikenakan oleh para Boyband/Girlband, yang mana bisa melupakan ciri khas sebagai warga negara Indonesia.

    2. Berdasarkan gambar no 2
    Dalam hal ini banyak remaja Indonesia yang sudah terjerumus dalam dunia kejahatan, yang lebih spesifik mengarah pada Narkoba. Banyak remaja SMA yang sudah mengkonsumsi Narkoba, yang mana dalam hal ini dapat merusak generasi muda Indonesia di masa yang akan datang.

    Gambar no 3
    Dalam hal ini budaya asing yang masuk ke Indonesia sudah mulai di tirukan oleh bangsa Indonesia sendiri, yang mana pada gambar tersebut sangat berpengaruh pada karakteristik orang Indonesia, seperti contoh meniru bahasa, pakaian, dan mode.

    BalasHapus
  7. anggi risma[11.121.161]
    1.kita sebagai bangsa indonesia yg berpegang teguh kepada pancasila seharusnya,lebih memfilter budaya luar yg masuk ke indonesia.dari gmbar trsebut sudah cukup nyata memyimpang dengan pancasila.contohnya dari segi pakaian yg kurang sopan,style rambut yg dominan di cat dengan warna terang.

    2.seiring dengan perkembangan jaman yg semakin pesat. perkembangan karakter generasi muda semakin memprihatinkan.banyak anak-anak di usia yg masih belum ckup umur sudah melakukan hal yg tidak wajar,,banyak anak smp yg merokok..anak sma sudah menjadi pemakai narkoba.(contoh gambar 2) dan dari segi teknologi,hp sekarang sudah menjadi tuhan bagi mereka.sholat ditinggalkan gara-gara hp.anak muda stdah lupa sholat jika sudah buka facebook.seperti gambar 3,upin-ipin sedang melakukan sholat.terlihat kurang serius,seprti tr\eralihkan oleh sesuatu hal.

    BalasHapus
  8. TOPAN RURY KARNONDOYO
    11.121.136
    BK 4D

    Gambar nomer 2 menurut saya masuknya arus globalisasi di indonesia sudah sangat memperngaruhi pergaulan di indonesia khususnya pada anak remaja.pergaulan bebas ini telah menjalar di kalangan remaja indonesia. pergaulan bebas ini berpengaruh sangat negatif bagi kaum remaja. Pergaulan bebas identik sekali dengan yang namanya “dugem” (dunia gemerlap). Yang sudah menjadi rahasia umum bahwa di dalamnya marak sekali pemakaian narkoba. Ini identik sekali dengan adanya seks bebas. Yang akhirnya berujung kepada HIV/AIDS. Dan pastinya setelah terkena virus ini kehidupan remaja akan menjadi sangat timpang dari segala segi.
    Tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), khususnya pada kelompok umur remaja.

    Gambar 3 menurut saya gambar upin ipin ini ada hal positif.dalam hal yang positif di tokoh kartun upin ipin kita dalam mengambil contoh pada umat yang rajin ibadah, taat beragama, saling berteman dengan baik, dll

    BalasHapus
  9. Nama : Renzy anggella o
    Npm : 11.121.148
    Klas : 4D



    1.- Pancasila sebagai ideologi yang berarti suatu paham mengenai seperangkat nilai atau pemikiran yang oleh seseorang atau sekelompok orang menjadi suatu pegangan hidup .
    - Identitas nasional adalah identitas suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri dan memiliki tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional.
    Menurut saya gambar no 1 adalah perkembangan zaman semakin hari semakin berkembang bnyak girl band dan boy band yang masuk dan mempengaruhi generasi muda kita, dari mulai berpakaian,gaya hidup,tatanan rambut dan bahasa. dengan masuk nya budaya asing dari luar identitas nasional bangsa kita ikut terpengarauh. bahkan tidak mengandung pendidikan berkarakter.

    2. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.
    Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.
    Menurut saya gambar no 2 adalah satu contoh generasi muda kita yang terpengaruh oleh globalisasai saat ini. banyak generasi siswi SMA yang menyalahgunakabn perkemngan globalisasi seperti menggunakan obat-obatan terlarang, minum-minuman. maka dari itu sebagai generasi muda jangan mudah terpengaruh oleh dunia luar.
    Menurut saya gambar no 3 adalah generasi dan budaya malysia sudah masuk ke indonesai sangat tidak baik karena menghilangkan identitas kita sebagai bangsa indonesai yang sangat kental oleh adat dan istiadat. maka dari itu sebisa mungkin kita sebagai bangsa indonesai tetap menjaga dan menmpertahankan budaya kita sendiri.

    BalasHapus
  10. Nama : Agus Suyanto
    NPM : 11.121.145
    kelas : BK-4D

    2. Gambar 2
    Adapun pengaruh globalisasi terhadap kebudayaan, yaitu : hidupan remaja yang sudah kemasukan arus globalisasi, yaitu, minum minuman keras, ikut-ikutan memakai narkoba, bermain-main di klub malam yang dapat menerbitkan sifat erotis, dan melakukan tindakan kekerasan yang menyimpang dari kepribadian Indonesia.
    Pada saat ini, kebebasan bergaul sudah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Para remaja dengan bebas dapat bergaul antar jenis. Tidak jarang dijumpai pemandangan di tempat-tempat umum, para remaja saling berangkulan mesra tanpa memperdulikan masyarakat sekitarnya. Mereka sudah mengenal istilah pacaran sejak awal masa remaja. Pacar, bagi mereka, merupakan salah satu bentuk gengsi yang membanggakan. Namun, yang sangat disayangkan budaya pacaran yang dilakukan para pelajar sering sekali menjadi kebablasan.

    Gambar 3 :
    Tayangan lagu dan cerita Barat terlalu banyak terutama di televisi swasta. Tampak seolah-olah tidak menghiraukan kesenian daerah atau Indonesia. Contohnya upin dan ipin, sudah menjadi tren bagi anak-anak kecil, film ini sudah mengalahkan film asli Indonesia contohnya yaitu Si unyil perlahan-lahan menghilang seriring tayangnya film-film luar. Hal ini akan mengakibatkan daya imajinasi anak remaja kita berkurang, karena terlalu pasif dan ke enakan melihat film-film luar yang sangat menarik.

    BalasHapus
  11. Nama : Rikky Dwi Prasetya
    NPM : 11.121.167
    Kelas : BK-4D
    GAMBAR : 2

    Pendidikan karakter mempunyai tujuan bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebih dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang hal yang baik sehingga siswa didik menjadi faham tentang mana yang baik dan salah, mampu merasakan nilai yang baik dan mau melakukannya. Orang yang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus dikatakan sebagai orang yang berkaraktek jelek, sementara orang yang berperilaku jujur, suka menolong dikatakan sebagai orang yang berkarakter mulia.
    Pendidikan karakter akan menumbuhkan kecerdasan emosi siswa yang meliputi kemampuan mengembangkan potensi diri dan melakukan hubungan sosial dengan manusia lain.
    Beberapa tolak ukurnya adalah memiliki pengendalian diri, bisa menjalin relasi, memiliki sifat kepemimpinan, bisa melobi, dan bisa mempengaruhi orang lain. Mahasiswa dan pelajar yang kecerdasan emosionalnya tinggi memiliki beragam alternatif bahasa untuk berkomunikasi dan bernegosiasi dengan manusia lain, termasuk dengan seseorang yang dianggap musuh.
    seorang yang memiliki pendidikan karakter kuat tidak akan mudah terpengaruh dan larut dalam globalisasi , dia mampu mengendalikan diri dan memilah mana yg baik dan buruk.

    BalasHapus
  12. Nama : Nurrofi' Mahmuda
    NPM : 11121149
    Kelas : BK 4D


    Bismillah..

    1. Gambar nomor 1 (Girlband/ Boyband) itu merupakan budaya yang berasal dari luar negeri dan budaya tersebut tidak mengandung identitas/ karakter asli budaya Bangsa Indonesia. Akan tetapi pada kenyataannya budaya tersebut sangat diminati dan ditiru oleh para pemuda Bangsa Indonesia. Miris memang, karena Pancasila sebagai ideologi bangsa seharusnya memperoleh dukungan rakyat Indonesia karena sila-silanya, secara keseluruhan, merupakan intisari dari nilai-nilai budaya masyarakat Indonesia yang amat majemuk


    2. Gambar nomor 2, anak muda/ pelajar Indonesia yang terpengaruh dampak globalisasi melalui pergaulan atau pun media (internet). Sebenarnya masalah-masalah yang terjadi pada pelajar saat ini (narkoba, miras, pergaulan bebas, dll) tidak akan terjadi kalau orang-orang terdekat (orang tua, lingkungan, teman dekat, dll) selalu memberikan bimbingan karakter serta membekali nasihat untuk pergaulan anak di dunia luar.

    Gambar nomor 3, adalah serial kartoon yang berasal dari malaysia. Tetapi masyarakat Indonesia lebih menyukai serial kartoon yang dibuat oleh negara lain. Itu karena memang negara lain lebih kreatif dan inovatif dalam membuat sebuah karya. Seperti serial kartoon pada gambar tersebut ada keunikan tersendiri, yaitu bahasa melayu yang unik dan dimanfaatkan oleh produser untuk membuat sebuah karya yang sekaligus memperkenalkan bahasa asli negaranya. Indonesia sebagai negara berkembang akan terus terpengaruh budaya lain sebagai dampak globalisasi jika tidak mempunyai pendirian dan karakter identitas Bangsa Indonesia yang kuat !.


    Alhamdulillah.. :)

    BalasHapus
  13. Nama : Siska Mei Anandari
    npm : 11.121.159
    Kelas : 4D


    Pada Gambar Nomor 1 tidak sesuai dengan norma kebudayaan indonesia karena dalam gambar tersebut sangat jauh sekali dengan kebudayaan yang ada di indonesia dalam hal bahasa, bentuk pakaian dan perilaku. Seharusnya kebudayaan asing seperti itu lebih di minimalisir agar remaja dan orang indonesia mengutamakan kebudayan asli indonesia.

    Gambar nomor 2 merupakan generasi yang tidak memiliki moral jika generasi muda seperti itu indonesia tidak akan memiliki aturan dan krisis moralpun akan semakin banyak. Masalah karakter yang sangat strategis dan fundamental tersebut seharusnya lebih dikaji dan dipelajari secara mendalam untuk memperbaiki karakter dan moral generasi penerus bangsa indonesia agar indonesia tetap selalu baik dalam segi apapun.

    Gambar nomor 3 dalam hal ini globalisasi sangat berpengaruh apabila tidak dibelaki dengan keimanan yang kuat maka bangsa indonesia khususnya generasi muda akan buruk.

    BalasHapus
  14. yoga ardwiuyan (11.121.162)
    1.Menurut saya dengan datang nya boyband dan girlband membuat generasi muda indonesdia lupa akan budaya sendiri yaitu budaya bangsa indonesia. rasa cinta tanah air mereka mulai pudar, hal terrsebut dapat di lihat dari ketika ada konser boyband dan girslband peminat yg melihat lebih banyak di bandingkan ketika ada pertunjukan tradisional. dari hal tersebut secara tidak langsung nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila mulai di abaikan. seharusnya pancasila di jadikan pedoman hidup bukan untuk di tinggalkan. banyak anak muda yang meniru bahkan fanatik dengan style boyband/girlband. contohnya dalam hal berpakaian,cara berbicara,model rambut dll. seharusnya kita menyikapi hal tersebut dengan cara memfilterisasi budaya asing dengan cara memilih hal positifnya dan membuang hal yg besifat negatif. misalkan cara berpakaian ala barat dengan ciri khasnya semi terbuka tidak pantas jika di pakai di budaya timur.

    2.Menurut saya betapa sedih nya para pahlawan kita apabila dia masih hidup dan melihat generasi nya hancur karena era globalisasi. karena perjuangan yang mereka lakukan berjuang demi negara dan rela mati untuk negara hanya di bayar dengan generasi muda yang yang tidak bisa mempertahankan negaranya sendiri. mereka bahkan cenderung mabuk-mabukan,narkoba,dan melakukan kegiatan negatif lainya. parahnya lagi kebanyakan dari mereka yang melakukan adalah pelajar. mereka yang seharusnya mempunyai kewajiban belajar justru melenceng ke hal negatif. jika sudah seperti ini siapa yang akan meneruskan dan menjaga negara indonesia ini.

    3.Dengan adanya film upin-ipin secara tidak langsung memasukan budaya luar ke indonesia. kenapa bukan film kartun indonesia yang di tayangkan karena itu justru memberi contoh yang baik soalnya jika kartun buatan indonesia pasti ada nunsur budaya timur yg sesuai budaya indonesia. banyak anak kecil lebih menyukai film upin-ipin di bandingkan unyil-usro. ini sangat membahayakan generasi muda kita, tajutnya jika kebiasaan budaya lain di tiru oleh anak-anak dan sudah mendarah daging sampai dewasa. pasti dia akan lupa dengan budaya nya sendiri. pada gambar 3 juga menunjukan sikap buruk yaitu melakukan sholat dengan tidak serius hal tersebut justru merusak moral generasi kita dan memberi contoh buruk bagi kita. kita sebagai bangsa indonesia harus pandai-pandai memfilter budaya baru/budaya luar.

    BalasHapus
  15. nama : Ruli kartika sari
    npm : 11.121.155
    kelas : BK 4D

    1. menurut saya mengenai gambar no.1 adalah dalam kehidupan bangsa indonesia diakai bahwa nilai pancasila adalah pandangan hidup yang berkembang di indonesia.nilai pancasila adalah nilai dasar dari budaya indonesia.dengan adanya grop band di indonesia anak -anak remaja khususnya banyak yang ngefans dan menyukai grop band.di zaman sekarang banyak anak-anak yang meniru gaya bahasa maupun berpakaian.contoh bila ada yang ngefand dan fandsnya merubah gaya rambutnya maka para fandsnya juga merubah gaya berpakaian maupun bahasa.
    2. Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.
    Menurut saya gambar no 2 adalah banyak generasi muda yang terpengaruh oleh dunia luar dan banyak yang menyalahgunakan pergaulan saat ini.siswi sma yang menggunakan obat-obatan yang terlarang dan minuman keras.kita sebagai generasi muda seharusnya menjaga martabat sebagai generasi muda.
    menurut saya gambar no.3 adalah film upin-ipin berasal dari malaysia.pengaruh aminasi film tersebut dapat berpengaruh terhadap generarasi yang dapat di tiru oleh anak-anak sebagai kultur budaya,bahasa,adat dan mode.maka dari itu sebagai bangsa indonesia kita harus menjaga kultur budaya dan adat istiadat yang telah kita miliki.

    BalasHapus
  16. wayan yudhi anggara
    11121138

    1.pengaruh budaya barat masuk ke indonesia sangat tidak baik bagi pemuda indonesia karena generasi muda akan lebih mencintai budaya orang lain dripa budayanya sendiri,oleh sebab itu pemuda indonesia harus bisa menyadari budaya indonesia lebih bagus dripada budaya barat



    2.pengaruh globalisasi terhadap budaya sudah ditunjukkan oleh kehidupan remaja yang sering minum minuman keras sudah memakai narkoba.Sering kali remaja sekarang pupus sekolah karena barang haram tsb.Oleh sebab itu peran orang tua harus memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus dalam hal yang negatif dan menjadi anak didik yang bisa dibanggakan dan menjadi generasi muda yang inovatif.

    3.sudah keliatan bahwa film upin ipin sudah menjadi tren bagi anak anak,pengaruh ini yg perlahan lahan menghilangkan film indonesia yg mulai skrng anak anak sudah tidak menghiraukan kesenian daerah indonesia .

    BalasHapus
  17. Anggi risma(11.121.161)
    3.gambar 3..film upin-ipin bukan asli film dari indonesia,film tersebut berasal dari malaysia.secara tidak langsung budaya malaysia masuk ke indonesia.kebanyakan film tersebut yg menonton anak usia dini,dari hal tersebut berbahaya untuk anak penerus bangsa.takutnya meniru budaya luar.

    BalasHapus
  18. nama : nanda alfan kurniawan
    npm : 11 121 177 / BK 4 d

    1. analisis gambar no.1 adalah sebuah bentuk modernsasi dari perkembangan trend dan gaya dalam bidang industri hiburan. pada saat ini telah menjamur apa yang di sebut dengan boy band atau girl band yang telah menghipnotis dan merasuk kedalam kehidupan anak-anak muda saat ini. adanya trend berbusana, berias dan berprilaku seperti yang di lakukan oleh personel-personel dari grop boy band atau girl band dijadikan sebagai suatu bagian hidup yang harus dulakukan bagi beberapa anak-anak muda masa kini. secara tidak langsung tentu akan mengikis pandangan dan identitas anak-anak muda sebagai bagian dari bangsa indonesia yang mana seharusnya akan tetap selalu di jaga sebagai pandangan dan identitas sebagai warga negara indonesia. hubungannya dengan pandangan atau ideologi bangsa adalah bahwa dalam ideologi pancasila setiap warga negara dituntut untuk selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi atau pandangan pancasila tersebut. gaya atau trend yang berkembang boleh saja di ikuti sebagai pandangan untuk memajukan perkembangan pola pikir selama tidak menghilangkan konsep dasar ideologi atau pandangan kita sendiri yakni ideologi pancasila. kemudian kaitannya dengan identitas bangsa indonesia adalah tentu berbeda dengan apa yang telah dijalani bangsa indonesia hingga saat ini. yang mana identitas bangsa indonesia telah tertuang kedalam butir-butir nilai pancasila. sehingga dengan kata lain bahwa analisis gambar no.1 secara tidak lansung telah menunjukkan bahwa identitas maupun pandangan indonesia boleh berkembang sejauh tidak menghilangkan identitas dan pandangan asli indonesia itu sendiri.

    2.analisis gambar 2 adalah bentuk konsepsi yang salah tentang arti dari merdeka atau mati yang di alami oleh kalangan pelajar seperti yang terlihat pada gambar. merdeka sendiri di artikan sebagai kebebasan yang bebas. padahal sejatinya kemerdekaan sendiri adalah suatu masa di mana kita dapat mengeksplorasi potensi sehingga dapat berkembang untuk masa yang lebih baik lagi. analisis gambar no.3 adalah bentuk prilaku anak-anak kecil saat ini yang terlihat tidak lagi sejalan dengan apa yang telah di ajarkan di sekolah nya dalam hal ini kaitannya dengan pendidikan agama islam seperti terlihat pada gambar tentang bagaimana mereke sedang menjalankan ibadah sholat.
    kedua gambar tersebut adalah sebagian kecil dari bentuk-bentuk pengaruh yang diberikan oleh perkembangn globalisai saat ini. kaitannya dengan pendidikan karakter adalah sangat erat karna penting sebab dengan adanya pendidikan karakter maka akan dapat setidaknya meminimalisir terjadinya bentuk bentuk prilaku seperti yang terlihat pada gambar di atas. pendidikan karakter adalah serangkaian upaya untuk membentuk karakter sesuai dengan tujuan yang di harapkan dalam hal ini adalah sesuai dengan pancasila sebagai kepribadian bangsa. oleh sebab itu maka di perlukan kesadaran bagi setiap warga negara indonesia untuk dapat membentuk pribadi-pribadi yang berjiwa pancasila agar kehidupan bangsa dapat berjalan ke arah yang dicita-citakan .

    BalasHapus
  19. Nama :Arif Rahman S
    Kelas:4D
    NPM :11121166

    1. Gambar 1:
    menyimbolkan adanya corak budaya asing yang merupakan identitas kebudayaan negara lain. jika di hubungkan dengan dasar negara kita sangatlah tidak sesuai, karena dalam kebudayaan indonesia mempunyai identitas dan simbol kebudayaan sendiri-sendiri, karakteristik negara yang menjunjung dasar negara pancasila di dalamnya terdapat norma, etika, dan corak yang melambangkan sifat khas indonesia. perbedaan yang terdapat pada cara berbusana, berseni, dan bertingkah laku maka bisa di lestarikan akan keragaman identitas bangsa indonesia supaya tidak tergerus budaya asing yang mengglobal sekarang ini.


    2. Gambar 2 :
    gambar yang kedua bisa di simpulkan bahwa arus globalisasi sangatlah deras pengaruhnya dalam dunia anak-anak, remaja, dewasa maupun usia lanjut indonesia, remaja indonesia di butuhkan pendidikan karakter yang bisa membekali anak-anak bangsa bisa memilih arus globalisasi yang datang dengan berfikir positif, jika hal yang didapat baik maka akan di cerna dengan baik juga sedangkan hal yang di terima buruk maka yang terjadi akan buruk juga.

    Gambar 3 :
    Pada gambar ketiga kita bisa menyimpulkan bahwa adanya pendidikan karakter melalui media sekalipun bisa menjadi pengaruh yang bersifat positif maupun negatif. Jika kita lihat dari gambar tersebut maka yang di dapatkan pada anak bangsa akan lebih positif dalam pendidikan watak, tingkah lakunya yang akan menampakan anak bangsa yang mengharumkan nama keluarga, lingkungan maupun negara.

    BalasHapus
  20. Nama : Novi Zulaikha
    kelas : BK/ 4D
    NPM : 11.121.154


    1.} gambar 1. Super Junior merupakan Boyband asing asal korea yang pamornya sudah mendunia termasuk di kancah musik tanah air Indonesia, hampir semua orang dari berbagai kalangan anak- anak, remaja, bahkan orangtua di Indonesia sudah mengenal Boyband SUJU, bahkan ada sebagian dari mereka sangat terobsesi dengan sosok SUJU, mereka rela membuang rupiah, waktu, dan tenaga hanya demi untuk bisa langsung bertatap muka dengan SUJU. Bukan hanya rupiah, waktu, dan tenaga, bahkan mereka tak malu- malu menuangkan ekspresi obsesi mereka dengan berdandan atau berbusana,dan berbahasa seperti SUJU, mereka seperti itu karena rasa fanatik mereka terhadap SUJU yang teramat berlebihan sehingga mereka tidak sadar akan status mereka sebagai warga Indonesia. apa yang mereka lakukan benar- benar tidak menunjukkan identutas Bangsa Indonesia, mereka mengutamakan budaya asing dari pada budaya kita sendiri, hal itu sangat bertentangan dengan ideologi pancasila. maka dari itu perlu diadakan penyaringan budaya asing di Indonesia dan kita harus bangga dengan budaya kita sendiri yaitu budaya Indonesia.

    2.} gambar 2. Merdeka ATAU Mati ?????????????
    yaa benar, untuk masa depan remaja sekarang memang sangat mengkhawatirkan. tingkat emosional remaja memang masih labil, oleh karena itu sikap remaja sering berubah- ubah dan mudah terpengaruh oleh hal- hal yang baru. disini pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh remaja sekarang agar mereka mampu membedakan mana yang baik positif dengan mana yang tidak baik. penanaman karakter yang baik dan benar sangat dibutuhkan remaja agar mereka mampu berfikir positif untuk kedepannya sehingga mereka nantinya bisa bersaing secara cerdas dan berakhlak.


    3.} gambar 3. Upin Ipin sedang melakukan Ibadah Sholat, mulai dari kecil orangtua diwajibkan harus mengajarkan anak- anaknya dengan hal- hal yang positif termasuk mengenalkan agama mereka. oleh karena itu pendidikan karakter diusahakan diajarkan sedini mungkin agar nantinya anak tumbuh dengan baik dan berakhlak mulia sehingga berguna bagi Nusa dan Bangsa. Amin.....

    BalasHapus
  21. Erwin Jauhari.C
    11121173


    1.Budaya asing yang sangat besar pengaruhnya terhadap kebudayaan di Indonesia adalah budaya barat. Budaya barat masuk ke berbagai sektor termasuk cara berpakaian. Budaya pakaian orang Indonesia yang tertutup sebagai simbol kepribadian orang timur mulai bergeser. Terutama di kalangan para remaja. Gaya berpakaian remaja menjadi lebih terbuka dan norak. Bahkan, di kota-kota besar seperti Jakarta, gaya hidup bebas yang merupakan gaya pop barat sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.maka pengaruh boy band di tanah air sangat besar kaitanya dengan moral bangsa indonesia saat ini.
    2.Globalisasi dunia melalui teknologi informasi (internet, telepon selular dan media elektronik lain) yang berkembang sangat pesat. Dampak perkembangan teknologi informasi dirasa sangat berpengaruh terhadap generasi muda.adanya penyalahgunaan teknologi tersebut sangat merugikan bagi generasi muda jaman sekarang.
    3.dari gambar tersebut bisa dilihat sebuah serial kartun upin&ipin.sangat tidak asing lagi di telinga anak2 kecil jman sekarang,namun kartun si unyil yang sudah menjadi warisan budaya bangsa kita malah jarang di putar di media elektronik seperti televisi,Hal ini sangat akan memprihatinkan bagi generasi anak2 muda jaman sekarang.

    BalasHapus
  22. nama yoga rizma
    klz 4bk d
    npm 11121175
    gambar no 1 Kpop Membuat Anak-anak Bangsa menjadi MALAS
    1-Pada saat mereka sedang menonton sebuah acara drama korea , mereka jadi malas untuk pindah posisi karena mata mereka hanya tertuju pada TV . . .jadi malas jika di suruh ortu . . bahkan saat waktunya mandi pun jadi di tunggu2 gara2 masih seru nonton acara drama korea
    2-kalo yang les privat , saat jadwal nya untuk les dan pada saat itu kebenaran acara korea sedang tayang . WTF ? Masa rela BOLOS LES karena hanya sebuah tayangan televisi .. (ini terjadi pada saudara saya sendiri) Ayolah . Sebuah acara televisi itu hanya untuk hiburan,gak perlu harus sampai BOLOS seperti itu . fikirkan lah ? ILMU ITU LEBIH PENTING .
    Oke . Disini Mungkin Tidak Membuat "SEMUA" seperti tapi "KEBANYAKAN"
    Mereka Menyegalakan korea

    gambar no 2
    Pada masa remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.
    Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa. MENURUT REMAJA TOLOL, NARKOBA BISA NYELESAIN MASALAH, BIKIN TENANG , PADAHAL ITU HANYA SESAAT , SETELAH NYA DIA AKAN MATI SENGSARA KARENA NARKOBA ....

    gambar no 3
    film upin ipin adalah flim dari malaysia dan memakai bahasa malaysia jg tetapi berbicara masalh karakter perilaku film itu baik,,tpi kita ambil ositifnya saja jangan meniru bhasa nya dari luar indonesia,,film ini menceritakan anak taat beribadah

    BalasHapus
  23. Nama ; Rohmad saiful
    Npm ; 11 121 144
    Klas ; BK 4D

    Gambar 1 adalah boyband dan girlband kuar negeri.
    Arus globalisasi termasuk munculnya budaya boyband dari luar negeri yang melanda negara ini sedikit banyak dapat memudarkan nilai-nilai pancasila sebagai ideologi dan identitas Bangsa Indonesia yang seharusnya dapat diaktualisasikan oleh seluruh bangsa Indonesia dalam berbagai bidang.kita sebagai bangsa Indonesia sah dan boleh saja menikmati arus globalisasi yang melanda saat ini termasuk budaya boyband=girlband, tapi janganlah kita sampai mendalami apa yang mereka lakukan, cukup kita menikmatinya. Karena tidak semua hal yang mereka pertunjukan cocok dan tidak bertentangan dengan budaya asli bangsa kita yang berideologikan pancasila. Sebagai contoh buadaya berpakaian girlband mereka yang rata-rata terbuka, tidak sesuai dengan budaya bangsa kita yang tertutup serta agamis.

    Gambar 2 adalah gambar seorang wanita yang kecanduan
    Gambar 3 adalah gambar upin ipin
    Tidak ada yang dapat mengelakan arus globalisasi yang menghampiri kita bahkan bangsa ini. Bangsa Indonesia tidak dapat menghindari adanya tantangan globalisasi. Jika globalisasi tidak disikapi dengan cepat dan tepat maka hal ini akan mengancam karakter pendidikan asli bangsa bagi para generasi muda. Sehingga mrnurut saya bagi generasi muda sebenarnya sah-sah saja menikmati arus globalisasi yang melanda di Indonesia, namun harus tetap diimbangi dengan kemampuan menyerap nilai positifnya dan mengabaikan nilai negatifnya yang dapat membuat merusak atau melunturkan nilai-nilai karakter pendidikan generasi muda yang bermoral dan bermatabat saat ini.

    BalasHapus
  24. deni dermawan / 11.121.139

    1.meski saat ini dunia lagi demam korea, tetapi kita sebagai bangsa indnesia yang memiliki ideologi pancasila kita harus bisa menyaring budaya luar yang masuk agar kita tidak menghilangkan identitas negara kita. misal : dengan memadukan fasion korea dengan seni batik indonesai yang saat ini yang mulai di kenal dunia karena pancasila itu sendiri memiliki corak yang khas kebudayaan bangsa indonesai yang menjadi ciri khas nya yaitu kelima sila yang merupakan satu kesatuamn yang tidak terpisah itulah yang menjadi ciri khas bangsa indonesai.

    2. gambar no 2 : menurut saya pada gambar no 2 kita harus bisa menyaring oengaruh globalisasi karena dengan adanya globalisasi juga akan membawa dampak positif. misal : adanya pertukran budaya serta perkembangan teknologi dan krjasama politik pendidikan antar negara akan menjadi dampak negatif bila bangsa ini tidak bisa menyaring pengaruh globalisasi misal : masuknya free sex dan narkoba.

    Gambar no 3 menurut saya adalah anak bangsa ini harus memiliki iman dan agama kuat karena dengan adanya itu dalam hati manusia akan memiliki rasa takut bahwa tuhan akan mencatat dan melihat semua prilaku kita dengan adanya rasa takut itu maka kita akan dapat mengontrol dari perbuatan negatif dari dampak globalisasi.

    BalasHapus
  25. nama: nanak budi prasetya
    npm: 11121153
    kelas: BK 4D

    1.menurut pendapat saya gambar nomor 1 menunjukkan boyband dan girlband yang pengaruhnya sudah merajalela di kalangan remaja. Bahkan remaja-remaja indonesia banyak yang meniru gaya-gaya dari boyband dan girlband ini. Hal ini menunjukkan ideologi Pancasila di Indonesia mulai dilupakan oleh para remaja. Mereka sudah melupakan nilai-nilai yang terkandung di dalam butir-butir pancasila dan remaja remaja yang banyak meniru gaya gaya boyband n girlband sekarang ini sudah melupakan kebudayaan bangsa indonesia sendiri

    2.Analisis saya gambar nomor 2 dan 3.Menurut sayapengaruh globalisasi pada zaman modern seperti saat ini tidak hanya memberi pengaruh positif bagi generasi muda, tetapi globalisasi juga memberi dampak negatif. Dampak negatif ditunjukkan dengan gambar nomor 2, yaitu seorang remaja yang terkena pengaruh narkotika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pendidikan karakter agar terbentuk karakter remaja seperti gambar nomer 3 yang menunjukan para remaja yang memiliki karakter yang baik walupun sudah terkena arus globalisasi.

    BalasHapus
  26. Nama : luh myssa rusovi
    Kelas : 4D
    NPM : 11.121.137

    1) Dari ideologi pancasila sebagai indentitas negara adalah Pelaksanaan Pancasila pada masa reformasi cenderung meredup dan tidak adanya istilah penggunaan Pancasila sebagai propoganda praktik penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini terjadi lebih dikarenakan oleh adanya globalisasi yang melanda Indonesia dewasa ini. Masyarakat terbius akan kenikmatan hedonisme yang dibawa oleh paham baru yang masuk sehingga lupa dari mana, di mana, dan untuk siapa sebenarnya mereka hidup. Seakan-akan mereka melupakan bangsanya sendiri yang dibangun dengan semangat juang yang gigih dan tanpa memandang perbedaan. Dalam perkembangan masyarakat yang secara kultur, masyarakat lebih cenderung menggunakan Pancasila sebagai dasar pembentukan dan penggunakan setiap kegiatan yang mereka lakukan. Peran Pancasila dalam hal ini sebenarnya adalah untuk menciptakan masyarakat “kerakyatan”, artinya masyarakat Indonesia sebagai warga negara dan warga masyarakat mempunyai kedudukan dan hak yang sama
    Pancasila disebut sebagai identitas bangsa dimana Pancasila mampu memberikan satu pertanda atau ciri khas yang melekat dalam tubuh masyarakat. Hal ini yang mendorong bagaimana statement masyarakat mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut. Sebagai contoh nilai keadilan yang bermakna sangat luas dan tidak memihak terhadap satu golongan ataupun individu tertentu. Unsur pembentukan Pancasila berasal dari bangsa Indonesia sendiri. Sejarah Indonesia membuktikan bahwa nilai luhur bangsa yang tercipta merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki dan tidak bisa tertandingi. Di Indonesia tidak pernah putus-putusnya orang percaya kepada Tuhan, hal tersebut terbukti dengan adanya tempat peribadatan yang dianggap suci, kitap suci dari berbagai ajaran agamanya, upacara keagamaan, pendidikan keagamaan, dan lain-lain merupakan salah satu wujud nilai luhur dari Pancasila khususnya sila ke-1.
    Namun dengan maraknya budaya asing dinegara indonesia semakin mengelupas sedikit demi sedikit ciri khas budaya sendiri,,, dengan seringnya masyarakat menampilkan budaya luar dan membanggakan budaya itu dibandingkan budaya nya sendiri. Adanya perkembangan zaman mengenai musik dari negara lain yang masuk kenegara indonesia mengakibat kan masyarakat cenderung lupa akan ciri khas musik indonesia dan beralih ke musik k-pop (korea).terbuktinya dengan pembelian konser musik k-pop yang laris diindonesia. Walaupun semahal apapun harga tiket tersebut tetap saja tidak menurunkan antusias masyarakat indonesia terhadap musik k-pop tetapi jika diadakan konser asli budaya indonesia antusiasnya tidak sebesar itu.
    2) Para remaja saat ini cenderung memiliki pemikiran yang sederhana yang mengakibatkan mereka tidak mempertimbangkan hasil dari apa yang dilakukankan. Rasa putus asa pada diri remaja saat ini lebih tinggi, mereka hanya berfokus pada satu hal saja tanpa memandang pihak lain,sehingga membuat mereka lebih sulit lagi menemukan jati diri mereka karna terpengaruh pada karakter budaya lain yang marak beredar di indonesia khususnya dalam media masa, contoh flim ipin upin lebih menarik minat masyarakat remaja dan mulai meniru gaya bicaranya,hal itu sudah menjadi faktor dari kesulitan menemukan jati dirinya.

    BalasHapus
  27. 1). analisis gambar no.1
    Ideologi bangsa adalah gagasan, ide, cita-cita, konsep, dari bangsa sebagai pegangan hidup atau dasar negara, dan identitas bangsa indonesia adalah suatu ciri-ciri, tanda atau jatidiri yang melekat pada bangsa yang membedakan dengan yang lain. Dan menurut saya dari gambar yang pertama itu, tidak sesuai dengan Ideologi dan identitas bangsa Indonesia. Karena dari gambar tersebut mencerminkan budaya barat, seperti halnya gaya berpakaian mereka yang begitu terbuka dan sekarang budaya mereka pelan tapi pasti mulai merambah para penerus bangsa Indonesia. Kalau pun budaya tersebut menancap di bangsa ini, akan seperti apa budaya bangsa Indonesia ini dan mau dibawa kemana bangsa ini.
    Dan nasib ideologi dan identitas bangsa ini akan pelan-pelan rusak ,
    Kita semua boleh mengagumi segala kreatif dan kelebihan pada mereka, tetapi kita ambil saja hal yang positif dari budaya mereka dan tinggalkan hal yang negatif dari mereka. Semua itu agar ideologi dan identitas bangsa ini tetap terjaga dengan baik.

    2). analisis gambar n0.2 dan 3
    menurut saya, globalisasi sangat berpengaruh pada pendidikan karakter bagi generasi muda. globalisai dapat kita ambil dari segi positif maupun negatif. dari segi positifnya, pendidikan karakter bagi generasi muda di bangsa ini bisa mendapat banyak pengetahuan luas tentang dunia luar. dan dari segi negatifnya, bila suatu pendidikan karakter suatu bangsa tidak bisa mengolola globalisasi yang begitu cepat dengan baik, akan berdampak negatif sendri untuk pendidikan karakter bagi generasi muda yang ada di bangsa tersebut.contohnya internet kalau tidak bisa digunakan secara baik dan menyaring info dengan baik akan berdampak buruk bagi penggunanya.

    BalasHapus
  28. Nama : Ikhda Putri Nur Islamiati
    NPM : 11.121.163
    Kelas : BK IV D
    1. Menurut analisis saya gambar nomor 1 jika di kaitkan dengan pancasila sebagai ideologi dan identitas bangsa Indonesia tidak sesuai, karena di dalam gambar tersebut sama sekali tidak memberikan corak yang khas pada kebudayaan bangsa Indonesia melainkan memberi corak khas pada bangsa lain. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan bangsa lain yakni yang terdapat dalam lima sila pancasila yang merupakan satu kesatuan yang akan membentuk kepribadian bangsa Indonesia.
    2. Menurut saya gambar 2 jika di kaitkan dengan pengaruh globalisasi kaitannya dengan pendidikan karakter bagi generasi muda sangatlah mempengaruhi, misalkan dengan timbulnya berbagai macam bentuk narkoba dan sejenisnya para generasi muda hendaknya mampu memfilter atas dasar baik buruknya hal-hal yang masuk dari luar, sehingga para generasi muda memiliki moral yang sesuai dengan harapan bangsa.Namun, jika para generasi muda tak mampu memfilter hal-hal yang masuk dari luar, maka akan berefek buruk pada generasi muda itu sendiri, seperti halnya yang terlihat pada gambar nomor 2, yang mana terdapat seorang siswi SMA yang tergeletak akibat narkoba yang di konsumsinya,mungkin ia pun sudah menjadi pecandu narkoba. Jika hal itu terus dilakukan oleh para generasi muda bangsa Indonesia, maka semakin hari moral para generasi muda akan semakin terkikis.
    Menurut saya gambar 3 jika di kaitkan dengan pengaruh globalisasi kaitannya dengan pendidikan karakter bagi generasi muda adalah sangat mempengaruhi, karena jika seorang bangsa Indonesia memiliki jiwa KeTuhanan tinggi, maka akan berefek baik bagi kemajuan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan agamanya. Namun, jika jiwa KeTuhanan generasi muda itu rendah maka akan berefek buruk bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan agamanya. Letak jiwa KeTuhanan bangsa Indonesia terdapat pada sila pertama pancasila yakni KeTuhanan Yang Maha Esa.


    BalasHapus
  29. nama : arista dyah fitriana
    kelas : bk/4d
    npm : 11121165

    gambar 1
    boy band asal korea bnyak ditiru oleh orang-orang indonesia. kertidak sesuaian cara berpakaian girl dan boy band asal korea adalah salah satu fhasion yang bnayk ditiru oleh orang indonesia. dan cara berpakaian dan dandanan boy band dan gilr band korea tidak sesuai dengan norma kebudayaan bangsa indonesia.masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai produk korea. Seperti lagu korea, musik korea, boyband/girlband korea. Dan berkurangnya rasa cinta dan kebanggaan terhadap budaya Indonesia sendiri. Mereka terlalu mendewa-dewakan produk korea tersebut dan menganggap bahwa produk Indonesia tidak ada apa-apanya. Masyarakat menyita waktu mereka untuk menonton drama korea yang dapat mereka tonton di televisi atau DVD.
    Ada baiknya bagi masyarakat Indonesia untuk dapat sadar bahwa hal yang mengganjal ketika budaya negara lain lebih dicintai daripada budaya Indonesia dan tidak ada rasa bangga yang nyata dari hati masyarakat Indonesia sendiri.
    Jangan tenggelamkan budaya negara kita sendiri karena munculnya budaya luar yang mungkin lebih bagus namun tidak baik untuk negara kita sendiri. Mari kita belajar untuk mencintai produk negara kita sendiri. Belajar menghargai hasil karya generasi Indonesia dan menomor duakan budaya luar.

    gambar 2
    Beberapa banyak yang telah kita lihat pada Generasi Muda yang harus gagal dan gugur dalam cita-citanya hanya karena persoalan narkoba, yang pada mulanya hanya sekedar ingin tau dan mencoba-coba, yang pada akhirnya ketagihan, hal ini menimbulkan dampak yang buruk terhadap mereka bahkan menjurus ke tatanan sosial. Di sinilah yang diharapkan peran Lembaga Pendidikan dapat menghempangnya.
    Peran sektor pendidikan ini semestinya digerakkan untuk pemberantasan narkoba. Aspek penegakkan hukum merupakan salah satu pilar terdepan yang menjadi patron bagi pola pemberantasan lainnya. Jika penegakkan hukum sudah sempurna, paling tidak mendekati sempurna, maka sektor lain bisa digerakkan untuk pemberantasan narkoba. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya membuat sektor pendidikan lebih dilibatkan untuk pemberantasan narkoba
    gambar 3
    Siapa yang tak kenal serial animasi asal Malaysia 'Upin & Ipin'? Ceritanya yang sederhana, mendidik dan menjunjung etika sopan santun, menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak, bahkan orang dewasa di Indonesia.

    BalasHapus
  30. Nama : Hani septian h
    Npm : 11.121.143
    Kelas : bk 4d
    1. Menurut pendapat saya tentang gambar no 1 tidak sesuai dengan pancasila sebagai ideologi karena di lihat dari gambar tersebut mencerminkan budaya barat dengan cara berpakaian yang tidak sesai dengan adat budaya bangsa indonesaidan budaya tersebut hingga kini sudah menjadi tren atau gaya generasi bangsa saat ini.
    2. Gambar no 2 menurut pendaoat saya globalisasi sangat berpengaruh terhadap pendidikan karakter bagi generasi muda karena dengan globalisasi ada nilai positif maupun negatif nya. dari sisi positif nya kiata mendaoat pengetahuan yang lebih luas. contoh : pertukran pelajar antar negara, sedangkan sisi negatif nya generasi bangsa bisa menjadi rusak karena terpengaruh dengan globalisasi contoh nya seperti gambar no 2 yang menggunkan obat-obatan terlarang yang sangat merusak pendidikan karakter bangsa. sedangkan gambar no 3 pengaruh globalisasi sangat berbahaya karena jika sesorang tidak di landasi dengan iman yang kuat maka sesorang akan sangat berpengaruh dengan globalisasi yang merusak pendidikan karaker bangsa.

    BalasHapus
  31. Eni Apriliyawati (11121171/BK 4D)

    gambar 1
    masuknya Boyband & girlband di Indonesia sangat berpengaruh bagi ideologi bangsa Indonesia. hal tersebut banyak berpengaruh bagi remaja/generasi Indonesia. banyak remaja sekarang menirukan model/style boyband/girlband tersebut. mereka meniru gaya rambut, berpakaian dan gaya bahasa. hal tersebut berdampak pada hilangnya budaya Indonesia karena remaja lebih menyukai budaya asing ketimbang budaya Indonesia.
    gambar 2
    banyak remaja Indonesia sekarang mulai rusak moralnya. dengan mereka mulai terjerumus ke dalam obat-obatan. hal tersebut merusak identitas negara.karena remaja sekarang tak lagi menjunjung tinggi nilai moralitas bangsa
    gambar 3
    film tersebut merupakan buatan orang Indonesia tapi difilmkan oleh bangsa malaysia. hal tersebut sangat merusak identitas negara. seharusnya Indonesia mampu membuat film yang mendidik dan dapat melindungi karya dalam negeri. maka hal tersebut akan lebih memperkuat karakter bangsa.

    BalasHapus
  32. nama:ari wahyu rohmawati
    npm:11121181
    kelas:bk 4d

    1.kita sebagai generasi muda kita jangan begitu mudah mencontoh atau meniru gaya./ model yang dilakukan oleh bangsa lain tanpamenyesuwaikannya dengan idiologi bangsa dan kebutuhan bangsa sendiri dan perlu di ingat bahwa terlalu mencintai / terlalu meniru model yang dilakukan bangsa lain dapat menimbulkan dampak negatif bagi bangsa kita ,

    2.karena globalisasi telah menyebabkan bangsa indonesa mulai kehilangan jati diri nya atau secara umum kehilangan kehilangan karakter bangsa sehingga dapat mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar atau tman-teman bermainya . contoh :seorang pelajar yang terjerumus dalam pergaulan bebas seperti memake obat-obatan terlarang ,minum-minuman ber alkohol. kita sebagai generasi muda seharusnya menghidari nya dan menjaga nama baik bangsa ,sekolah dan orang tua
    menurut saya gambar no 3 suatu tontonan yang tidak melihatkan suatu karakter /jatidiri sebagai bangsa indonesa melainkan melihatkan budaya bangsa lain . maka dari itu kita harus melestarikan budaya yang ada di bangsa kita agar tidak direbut oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  33. nama :Rani Setyaningsih
    11121160 (4D)
    1. PANCASILA sebagai idiologi bangsa indonesia adalah sebagai intisari dari nilai-nilai budaya masyrakat indonesia ,Pancasila merupakan cita-cita moral bangsa yang memberikan pedoman kekuatan rohaniah bagi bangsa untuk berperilaku dengan baik dan benar.
    Identitas bangsa merupakan ciri ,tanda atau jati diri yang melekat pada bangsa itu yang membedakan dengan bangasa yang lainnya.
    gmbr no 1 yaitu merebaknya superjunior dikalangan para generasi muda sangat pempengaruhi akan jati diri atau identitas bangsa.Jati diri tau identitas itu diperoleh dari rasa bangga akan hal yang mereka punya, kalau sekarang banyak yang menyuka hal-hal yang berbau korea seperti, para pemuda lebih bangga mengunakan mengucapka bahas korea yang baik dari pada bahasa indonesia maka hal itu akan berdampak hilangnya rasa bangga akan bahasa sendirin, yang semakin menghilangkan atau melupkan jati diri bangsa nya.Banyak para pemuda yang tergila-gila akan tren berbusana ala korea sampai tak memperdulikan apakah tren itu masih sesuai dengan norma-norma yg ada di bangsanya sendiri.
    semakin para pemuda lebih membanggakan akan budaya yang ada pada korea maka akan semakin hilanglah jati diri bangsa ini.
    padahal para generasi pemua adalah aset bangsa yang akan meneruskan cita-cita dan kemajuan bangsa indonesia, dan jika para pemudanya saja telah kehilangan akan jati diri bangsanya sendiri maka ternodalah sudah idologi bngsa itu dan akan dibawa kemana bangsa indonesia ini.
    kita boleh suka akan budaya bangsa lain, tapi harus tau porsinya,
    agar kita tetap menjaga akan jati diri bangsa kita sendiri.

    2.Tantangan kehidupan global sekarang ini membutuhkan anak-anak, generasi muda, dan manusia yang memiliki kepribadian, kemandirian, kreativitas, dan semangat (motivasi) untuk melakukan adaptasi dan perubahan kehidupan,tapi semuaa itu perlu sebuah landasan karakter yang baik.Tontonan yang mendidik dan lingkungan yang baik sangat mempengaruhi karakter generasi muda.
    Maka dari pada itu negara ini harus bisa menberi tontonan yang mendidikan pula, tontonan yang lebih memperlihatkan suatu yang positif dan menunjukan akan identitas karakter bangsa indonesia ini.

    BalasHapus
  34. Nama : Maria D.K
    Kelas : BK 4D
    NPM :11121170
    1. Masuknya boyband suju keindonesia dengan membawa kebudayaan korea bukan tidak mungkin akan melunturkan identitas bangsa baik dari segi fasion dan gaya hidup, begitu mudahnya masuknya kebudayaan luar ke indonesia ini yang menggoyahkan ideiologi bangsa indonesia. Harusnya lebih menyaring budaya yang sesuai dngan ideologi bangsa yang bisa masuk ke indonesia.
    2. Gambar2: masa remaja adalah masa peralihan antara anak anak ke dewasa, sehingga mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mencoba coba hal baru termasuk narkoba, yang merusak saraf, pola pikir dan tingkah laku, sehingga berpengaruh besar pada karakter individu tersebut yang kehilangan moral serta tidak bisamengontrol diri

    Gambar3: film upin ipin yang disebut sebut sebagai film indonesia namun dibajak malaysia ini booming diindonesia membawa dampak positif negatif bagi karakter individu, yaitu positifnya adalah mereka meniru hal positif yang diperankan oleh upin ipin seperti sholat, suka menolong, dll. Sedangkan negatif nya adalah mereka gemar mengikuti gaya bahasa upin ipin yaitu bahasa malaysia, hal ini semakin menunjukan karakter anak indonesia lebih menyukai produk luar negri dari pada produk negri sendiri

    BalasHapus
  35. nama : cantika kahulunan
    NPM : 11.121.179
    kelas: 4.D / B.K

    No.1 -Rakyat atau orang-orang yang berada di dalam suatu masyarakat hukum yang terorganisir. Kelompok orang-orang satu bangsa ini pada umumnya menempati bagian atau wilayah tertentu, berbicara dalam bahasa yang sama (meskipun dalam bahasa-bahasa daerah), memiliki sejarah, kebiasaan, dan kebudayaan yang sama, serta terorganisir dalam suatu pemerintahan yang berdaulat.
    - IDENTITAS berarti ciri-ciri, tanda- tanda, atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain. NASIONAL menunjuk pada sifat khas kelompok yang memiliki ciri-ciri kesamaan, baik fisik seperti budaya, agama, bahasa, maupun non- fisik seperti, keinginan, cita-cita, dan tujuan.IDENTITAS NASIONAL adalah identitas suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri dan melahirkan tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional. pada hakikatnya adalah manifestasi nilai-nilaibudaya yang tumbuh danberkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsadengan ciri-ciri khas, dan dengan yang khas tadi suatu bangsa berbedadengan bangsa lain dalam kehidupannya.

    No.2 gambar 2
    hampir 90% remaja yang sudah sangat mengenal kata “Globalisasi”. Walaupun kata globalisasi sudah sangat dikenal akrab, bukan berarti globalisasi itu tidak memberikan dampak bagi para remaja. Globalisasi dapat kita jadikan sebagai teman, atau pun sebagai lawan. Teman yang baik tentu saja dapat memberikan dampak yang baik pula. Begitu pula dengan lawan, lawan yang kejam juga dapat akan memberikan dampak yang kejam pula bagi kita. Nah, seperti itu pulalah globalisasi dapat berdampak bagi remaja. Sebagai remaja yang terpelajar, kita harus dapat memilah-milah dampak dari globalisasi, mana yang patut dicontoh, dan mana yang tidak. Mana yang patut dijadikan teman, dan mana yang harus dijadikan musuh.iapa sangka etika remaja masa kini jauh lebih baik dengan remaja masa lalu? Ternyata itu memang benar adanya, hanya sedikit dari kalangan remaja yang benar-benar menerapkan sikap sopan dan santun di lingkungannya, baik kepada yang lebih tua maupun kepada yang lebih muda. Berikut ini saya berikan beberapa buktinnya:
    1. Gaya hidup kebarat-baratan
    Tidak semua budaya barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat pada orang tua, kehidupan bebas remaja dan lain-lain. Hampir 50% dari remaja dunia terutama kaum perempuan, sudah kehilangan mahkota paling berharga miliknya. Dan 80% sudah berani mencoba dan menggunakan obat-obatan terlarang (narkotika). Itulah yang sangat kita sayangkan dari remaja kini, yang seharusnya mereka menjadi peran penerus pahlawan bangsa.
    2. Semakin lunturnya nilai-nilai politik yang berdasarkan semangat kekeluargaan musyawarah mufakat, dan gotong royong.
    3. Semakin sedikit generasi muda yang melestarikan musik, tarian, dan budaya tradisional kita.
    4. Remaja mengikuti cara berpakaian yang cenderung tidak memperlihatkan kesopanan.

    Gambar no.3
    Perkembangan kedepan banyak ditentukan oleh peranan remaja sebagai generasi penerus dan pewaris dengan kepemilikan ruang interaksi yang jelas untuk menjadi agen sosialisasi guna menggerakkan kelanjutan survival kehidupan kedepan.
    Memahami nilai-nilai budaya luhur, siap bersaing dalam knowledge based society, punya jati diri yang jelas, hakekatnya adalah generasi yang menjaga destiny, individu yang berakhlak berpegang pada nilai-nilai mulia iman dan taqwa Motivasi yang bergantung kepada Tuhan, yang patuh dan taat beragama akan berkembang secara pasti menjadi agen perubahan. Memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai kekuatan spritual, yang memberikan motivasi emansipatoris dalam mewujudkan sebuah kemajuan fisik-material, tanpa harus mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan.

    BalasHapus
  36. nama : Eva Dwi Mariyana
    npm : 11.121.182P
    kelas : 4.D / BK

    jawab Gambar no.1
    menurut saya gambar no.1 itu memberikan ideologi anak bangsa agar mau berkembang lebih maju tentang bakat & minat mereka ttg diri mereka masing" , menginspirasikan bakat yang dimiliki oleh setiap individu. walaupun mereka berbeda suku bangsa , negara dan kebudayaan mereka tetap berjuang demi negara.. walaupun banyak berpengaruh bagi anak bangsa Indonesia cara berpakaian & berpenampilan & berbahasa seperti negara lain tetapi itu semua adalah ilmu .
    IDENTITAS BANGSA INDONESIA :
    ciri-ciri atau jati diri yang dimiliki setiap individu untuk membedakan antara kebudayaan satu dengan kebudayaan negara lain . tinggal setiap individu yang menyikapi adanya boyband atau girlband yang masuk ke indonesia dan bisa mengambil kebudayaan yang positif dari adanya kebudayaan yang baru..Identitas Nasional adalah identitas suatu kelompok masyarakat yang memiliki ciri dan melahirkan tindakan secara kolektif yang diberi sebutan nasional. pada hakikatnya adalah manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh danberkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsadengan ciri-ciri khas, dan dengan yang khas tadi suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain dalam kehidupan di lingkungannya.

    jawab Gambar no.2
    menurut saya gambar no.2 itu adaalah lebih baik mundur daripada ragu-ragu.merdeka itu adalah harga mati suatu megara karena suatu negara kalau tidak merdeka bangsa itu tidak akan maju dan semakin terpuruk serta dijajah oleh negara lain. jika mati itu harga diri sebuah negara harus dibawa sampai mati , karna pahlawan bangsa indonesia berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini , jgn sampe dijajah oleh bangsa lain .pertahankan semua usaha yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan , jangan menyerah jika masih bisa bertahan , kalau ragu bertindak lebih baik mundur. pengeruh globalilasainya banyak pelajar atau mahasiswa yang menyerah begitu saja karna pendidikan ini semakin maju , harga buku semakin mahal , bantuan BOS pun tidak menjamin pelajar untuk semangat dalam belajar akibat keterbatasan biaya semakain maju hari demi hari & kurikulum yang semakin dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan.

    jawab gambar 3 :
    menjelaskan bahwa gambar Upin-upin , menggambar kisah 2orang anak kecil yang berjuang hidup di negeri malaysia teteapi ytidak lepas dari akidah agama walaupun mereka tidak mmpunyai hanya hdup dgn seorang kakak & nenek mereka tetep semangat untuk terus belajar , beribadah & menjaga perkataan / sopan santun. sangat patut untuk dicontoh banyak pidah khususnya pendidikan karakter bagi anak kecil agar memiliki nilai-nilai agama yang bagus serta sopan santun yang baik terhadap orang yang lebih tua . pengaruh globalisasi nya itu adalah produk dari negara lain yang dijual di indonesia & anak bangsa indonesia sangant menyukai cerita kartun upin-ipin tsb , walaupun malaysia sudah bertentangan dengan indoesia akibat malaysia mengakui budaya_budaya indoesia yang di atas namakan malaysia & anehnya indonesia tidak pernah membenci negara malaysia yang sudah berkhianat pada indonesia.

    BalasHapus
  37. Nama : wahid andhika yusufa
    NPM : 11 121 157
    kelas :4D / BK

    gambar 1 :
    Generasi muda pada zaman sekarang ini awalnya mengagumi produk hiburan lalu akan mulai tertarik pada budaya dan bahasa korea dan membuat mereka mempelajari hal tersebut. Sehingga perlahan sebagian dari mereka mengimitasi (meniru) budaya korea dan menjadikannya identitas mereka. Sebenarnya tidak ada salahnya menikmati karya sebuah karya seni atau produk hiburan dari negara lain. Tetapi sejauh ini hal tersebut memburamkan identitas Bangsa Indonesia, membuat lupa bahwa mereka sebenarnya adalah orang indonesia dengan seluruh budaya dan etika moral. Lambat laun hal ini dapat membuat identitas Bangsa Indonesia menjadi tersingkir dan bahkan mereka akan lebih mengenal hal yang berhubungan dengan Korea dibandingkan Indonesia (identitas pancasila) yang mereka miliki. Sangat sulit untuk menghapus atau menghindari dari hal tersebut apalagi di eraglobalisasi saat ini kemudahan mengakses informasi yang ingin diperoleh dan semakin berkembangnya industri hiburan indonesia yang juga semakin ikut – ikutan dengan istilah boyband.

    gambar 2 :
    Penyalahgunaan narkotika dan obat – obatan terlarang di kalangan generasi muda semakin meningkat pada era globalisasi ini. Kemudahan akses untuk mendapatkan narkotika semakin mudah. Hal ini dapat membahayakan keberlangsungan kehidupan bangsa indonesia karena generasi penerusnya semakin hari semakin rapuh dan hancur di karenakan narkotika. Kurangnya penerapan pendidikan karakter dan bimbingan sehingga membuat generasi muda mudah untuk di pengaruhi oleh hal tersebut, apalagi anak usia remaja di mana masa tersebut merupakan masa pencarian jati diri dan masa di mana rasa ingin taunya sangat tinggi.

    gambar 3 :
    kartun upin ipin yang kita tahu sendiri bukan merupakan produksi indonesia tapi dapat menarik perhatian dan membuat anak - anak indonesia meniru apa yang ada dalam film kartun tersebut.Banyak hal positif yang di gambarkan dalam kartun tersebut misalnya pendidikan karakter yang suka menolong, bergotong royong, dan beribadah. tetapi tak semua karakter dalam kartun tersebut dapat langsung kita terapkan dalam kehidupan Bangsa Indonesia kita harus menyaringnya terlebih dahulu agar dapat di terima oleh budaya indonesia. adapun misal budaya bicaranya tidak seharusnya kita tiru.

    BalasHapus